Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga Tahun 2021

Daftar Isi [Tampil]

Untuk ibu rumah tangga yang ingin menjalankan sebuah ide bisnis rumahan, sekarang ini tersedia banyak sekali peluang usaha bisnis yang bisa dilakukan. Barangkali bunda sekarang dirumah banyak memiliki waktu luang dan ingin menjadikannya lebih produktif dan menghasilkan. Tentu saja itu sebuah pemikiran yang bagus, bisa buat tambahan penghasilan dan mendukung kemajuan ekonomi keluarga. 

Sebelum Anda memilih jenis ide bisnis rumahan mana yang mau dikerjakan. Pastikan untuk mengenali potensi diri dan menganalisa peluang terlebih dahulu. Ini penting, karena meskipun bisnis sering disebut gampang untuk dijalankan, namun tetap harus difikirkan matang dengan cara yang benar. Karena tidak sedikit orang yang gagal karena mereka asal-asalan dalam memulai dan menjalankan bisnis.

Dan dengan adanya teknologi digital yang semakin maju. Setiap ibu rumah tangga bisa menghasilkan uang dari ide bisnis rumahan. Sebagai contoh duduk santai dirumah sambil main laptop atau komputer saja sudah bisa menghasilkan uang. Selain itu juga komunikasi makin mudah sehingga proses promosi, penjualan dan pelayanan semua bisa dilakukan dari rumah.

Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

ide bisnis rumahan


Baiklah sobat, pada kesempatan ini bisnisan.id akan memberikan beberapa hal yang akan membantu menyelesaikan pertanyaan Anda. Yakni mejalankan ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga antara lain sebagai berikut :

1. Menjalankan bisnis laundry untuk ibu rumah tangga

Buat bunda yang ingin menjalankan sebuah bisnis, saya rasa usaha laundry adalah bisnis yang cocok dijalankan dari rumah. Apalagi jika lokasi rumah adalah tempat padat penduduk, makin mantap lagi prospeknya. 

Karena memang sekarang masyarakat kita ingin semuanya lebih praktis. Mereka lebih memilih melaundry pakaian yang sekilonya 5 ribu rupiah ketimbang menyuci sendiri di rumah. 

Cara memulai usaha laundry kiloan untuk pemula di rumah untuk ibu rumah tangga antara lain :

  • Persiapkan alat-alat untuk usaha laundry
  • Persiapkan bahan cuci laundry
  • Mulai mengatur tempat untuk usaha laundry
  • Mempromosikannya kepada masyarakat sekitar
  • Terima pesanan laundry
  • Pengerjaan pesanan laundry
  • Dan terima hasil atau keuntungan

2. Menjalankan bisnis kuliner rumahan

Yang selanjutya adalah bisnis kuliner. Yakni sebuah bisnis yang dibutuhkan dan bisa laku setiap hari. Dan bisnis ini sangat cocok buat bunda jalankan dari rumah.

Jika lokasi strategis maka jalankan bisnis kuliner dengan membuka lapak dirumah. Namun jika lokasi tidak strategis bisa menjualnya melalui dilivery online. 

Bisnis kuliner rumahan bisa dijalankan dengan sangat flexibel. Bisa memilih jenis makanan apa saja yang sekiranya mudah laku di tempat Anda. Dan bagusnya juga bisa dimulai dari modal kecil.

Baca juga : Cara memulai usaha kuliner modal kecil

3. Membuka toko kelontong di rumah

Ide bisnis rumahan yang selanjutnya adalah membuka toko kelontong. Dan bisnis yang satu ini juga termasuk ke dalam jenis bisnis yang laku setiap hari dan cocok dijalankan dari rumah sendiri.

Caranya sediakan atau jual kebutuhan masyarakat sehari-hari. Entah itu makanan, bumbu dapur, peralatan mck dan aneka ragam dagangan kelontong lainnya. 

Bagusnya lagi bisnis rumahan toko kelontong ini bisa dijalankan dengan berbagai bisnis lainnya. Misalkan saja buka toko kelontong sambil jual sembako, sambil jual pulsa, sambil jual bensin dan jualan lainnya yang bisa dijalankan bersama dengan usaha toko kelontong.

Baca juga : Cara memulai usaha toko kelontong sederhana

4. Membuka usaha jualan pulsa di rumah

Selanjutnya bunda juga bisa berjualan pulsa dan paket data dari rumah. Seperti yang Anda ketahui yang namanya pulsa dan paket data sekarang sudah seperti  kebutuhan pokok. Setiap orang butuh dan setiap orang menggunakannya setiap hari.

Cara menjalankannya pun bisa dimulai dari modal kecil. Bisa dengan memasang plang jualan pulsa dan paket data di depan rumah. Bagus lagi jika melakukan display kartu dan yang lainnya menggunakan etalase di depan rumah. 

Agar lebih maksimal beritahu semua tetangga dan masyarakat sekitar bahwa Anda berjualan pulsa dan paket data. Kalau sudah punya banyak pelanggan pastinya setiap hari Anda bisa menjual dan mendapatkan keuntungan.

5. Menjadi penulis artikel online dari rumah

Buat bunda yang bisa nulis artikel. Menjadi penulis artikel online merupakan ide bisnis rumahan yang tepat. Yakni dengan membuat sebuah artikel original sesuai dengan kebutuhan atau permintaan pelanggan.

Apalagi sekarang ini semakin banyak yang membuka website dan kebutuhan artikel terus meningkat. Dengan begitu menjadi penulis artikel online merupakan profesi yang memiliki prospek bagus. 

Cara mendapatkan jobnya bisa mengiklankan jasa tulis milik Anda. Atau bisa juga mencari job-job penulisan artikel online di situs freelancer.

6. Menjadi desainer busana untuk ibu rumah tangga

Kebanyakan ibu rumah tangga pasti suka dengan yang namanya busana. Banyak ibu rumah tangga yang selalu mengikuti trend busana masa kini. Daripada sekedar menjadi konsumen, bagaimana jika bunda menjadi desainer busana tersebut. 

Yakni merancang sebuah busana sendiri yang kemudian dijual kepada pembeli. Bisnis perancang busana bisa menjadi bisnis elit yang menguntungkan apabila nama Anda sudah terkenal.

Dan yang jelas bisnis yang satu ini sangat cocok untuk bunda jalankan dari rumah. Dan bisa dipasarkan online dan dijual pula bisa dari rumah.

7. Menjual jasa desain grafis dari rumah

Selain desainer busana, bisnis desain grafis juga cocok untuk dijalankan dari rumah. Ini berlaku buat bunda yang bisa mendesain gambar pastinya.

Modalnya juga cukup simple, Anda hanya perlu laptop atau PC dan jaringan internet. Anda bisa mulai memasarkan jasa desain Anda dengan menampilkan beberapa hasil desain sebagai contoh. 

Jangan salah, desain grafis juga merupakan sebuah bisnis yang menguntungkan. Apalagi jika Anda berjiwa seni tinggi dan mampu menghasilkan desain yang keren dan berkualitas. 

8. Berjualan di online shop 

Ide bisnis rumahan yang ke 8 adalah berjualan online shop dari rumah. Bisa dengan menjual produk sendiri atau bisa juga dengan menjadi reseller atau dropshiper online. 

Yang perlu Anda ketahui bahwa sekarang masyarakat sudah sangat nyaman berbelanja dari online. Kebiasaan memilih barang dari toko online, tingal klik dan barang datang sudah menjadi budaya yang menjamur.

Makanya ini peluang bagus buat bunda yang ingin menjalankan sebuah bisnis dari rumah. Lagi pula untuk modal yang dibutuhkan pun bisa dimulai dari modal yang sangat kecil. 

9. Membuka les privat di rumah

Buat bunda yang bisa materi pelajaran anak sekolah atau mempunyai keahlian tertentu. Mengadakan les privat merupakan jenis ide bisnis rumahan yang tepat. Yakni dengan memberikan pembelajaran prifat khusus dari rumah.

Biasanya ini banyak dibutuhkan untuk pelajar yang masih di bangku sekolah. Terutama mereka yang ingin memperdalam materi khusus. Sebagai contoh les bahasa inggris, les matematika, les komputer les menjahit dan les privat lainnya.

Jika bunda ingin banyak murid les usahakan juga banyak melakukan promosi. Misalkan saja promosi ke masyarakat sekitar dan juga melakukan promosi ke sekolah-sekolah terdekat.

10. Membuka usaha jahit pakaian

Usaha jahit pakaian atau sering disebut sebagai usaha permaks juga bagus untuk dijalankan dari rumah. Dengan syarat bisa menjahit pastinya. Makanya bunda jika ingin menjalankan usaha tertentu sesuaikan saja dengan keahlian yang dimiliki.

Dan untuk usaha jahit selalu ada yang membutuhkan setiap harinya. Entah itu jahit tas, celana, baju, kaos dan jahit bahan yang lainnya. 

Lagi pula modal usaha yang satu ini tidak terlalu mahal. Yang penting punya mesin jahit, bahan kain dan benang sudah bisa dimulai.

11. Menjalankan budidaya tanaman hias dari rumah

Menjalankan sebuah bisnis budidaya tanaman juga merupakan sebuah ide yang bagus untuk dijalankan dirumah. Barangkali bunda dirumah ada pekarangan kosong yang bisa dimanfaatkan. 

Tidak lebar pun gak masalah, karena dengan lahan sempit bisa membudidayakan tanaman hias dengan sistem pot dan polibek. Selain itu bisnis yang satu ini juga termasuk dalam jenis bisnis mahal hloh. Selama bunda paham cara budidayanya bisa jadi mendapatkan penghasilan lumayan besar.

Nah, diatas adalah 10 lebih dari ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga. Yang penting bunda bisa memaksimalkan potensi diri dan mampu melihat peluang apa saja yang bisa dilakukan dirumah. Dengan begitu bunda akan mampu memilih jenis bisnis yang tepat. Demikian yang bisa saya sampaikan dan semoga bisa bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "10+ Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga Tahun 2021"