Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Memulai Usaha Laundry Kiloan Untuk Pemula

Daftar Isi [Tampil]

Memulai Usaha Laundry Kiloan Untuk Pemula. Barangkali diantara sobat ada yang sedang memikirkan hal tersebut, yakni ingin menjalankan usaha laundry. Namun masih bingung kira-kira mulainya dari mana saja, modalnya berapa, alatnya apa saja dan beberapa pertanyaan lainnya. Tenang saja, karena bisnisan.id kali ini akan menyediakan panduannya lengkap untuk Anda. 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa usaha laundry termasuk dalam kategori usaha yang laku setiap hari. Mungkin karena perilaku masyarakat sekarang ini lebih suka yang praktis dan tidak ribet. Daripada mencuci sendiri lebih banyak orang yang memilih ke laundry yang sekilonya cuma 5 ribuan. Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menangkap peluang tersebut dengan mendirikan usaha laundry. 

Meskipun sekilas mudah, namun usaha laundry butuh perhitungan dan juga keahlian. Perhitungan dari segi modal dan keahlian dari segi mencuci dan strika. Karena sebuah usaha laundry harus menyajikan pelayanan terbaik dan tidak bisa asal-asalan begitu saja. 

Memulai Usaha Laundry Kiloan Untuk Pemula

usaha laundry kiloan

Kali ini bisnisan.id akan menjelaskan hal apa saja yang diperlukan untuk mendirikan usaha laundry kiloan untuk pemula, antara lain : 

1. Persiapkan Modal Usaha Laundry

Bagaimanapun juga modal adalah hal utama yang harus Anda fikirkan. Karena modal dipakai untuk mempersiapkan dan memulai usaha tersebut. Persiapkan dan perhitungakan modal dengan baik ketika hendak membuka usaha laundry. 

Modal tersebut nantinya untuk membeli peralatan laundry kiloan yang Anda jalankan. Dan kalau bisa jangan memaksakan modal pada saat pertama kali menjalankan usaha. Alias hindari modal pinjaman dan sejenisnya. Karena dalam merintis sebuah usaha membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Dan belum pasti bisa langsung menghasilkan dalam waktu dekat. 

Makanya jauh hari sebelumnya harus Anda persiapkan dengan baik perihal modal. Terutama jika belum memiliki modal ya nabung dulu untuk persiapan membuka usaha tersebut. 

2. Persiapkan Lokasi Dan Tempat Usaha Laundry

Langkah yang kedua adalah mempersiapkan lokasi dan tempat usaha. Yang namanya laundry pastinya membutuhkan space minimal satu ruangan. Dan jika rumah Anda letaknya strategis maka bisa mengunakan rumah Anda sendiri untuk membuka usaha laundry tersebut.

Jika cukup modal, sobat bisa menyewa ruko apabila ingin lokasi yang strategis. Namun jika lokasi tidak strategis harus mau lebih keras dalam promosi dan menyediakan pelayanan antar jemput nantinya untuk mendapatkan banyak pelanggan. 

Kalau lokasi strategis tentunya lebih menguntungkan. Terutama mudah diakses orang-orang menuju ke lokasi usaha laundry Anda tersebut. 

3. Lakukan Pembelian Alat-alat Laundry

Jika lokasi sudah siap maka langkah selanjutnya adalah melakukan setting tempat dan melakukan belanja alat-alat untuk usaha laundry. Disinilah modal Anda akan dikeluarkan lagi untuk alat-alat tersebut. 

Alat-alat yang perlu disiapkan jika ingin membuka usaha laundry kiloan antara lain :

  • Musin cuci, usahakan yang memiliki pengering
  • Basket keranjang pakaian
  • Lemari pakaian
  • Hanger
  • Timbangan untuk menimbang pakaian
  • Strika
  • Plastik
  • Meja dan kursi 
  • Bahan-bahan cuci seperti detergen, pewangi dan yang lainnya

Pastikan Anda melengkapi alat-alat yang ditubunhkan. Terutama adalah alat-alat yang memiliki fungsi penting dalam usaha laundry yang Anda jalankan.

Setelah selesai membeli alat-alat, lakukan penataan dengan rapi. Buatlah layout yang nyaman untuk usaha laundry Anda. Nyaman untuk Anda bekerja dan juga nyaman untuk pelanggan yang datang ke lokasi.

4. Mulai Membuka Usaha Laundry

Setelah semuanya siap, maka selanjutnya tinggal membuka usaha laundry milik Anda. Untuk meresmikan usaha laundry tidak ada salahnya jika Anda melakukan ceremonial tersendiri. Ya meskipun kecil-kecilan juga bagus jika ada sebuah peresmian khusus.

Peresmian usaha kecil bisa Anda lakukan sendiri bersama dengan keluarga dan juga teman-teman. Ini penting hloh, bisa jadi nanti usaha Anda menjadi besar, dan tanggak peresmian usaha laundry ini akan menjadi tanggal yang bersejarah untuk Anda di masa depan nanti. 

5. Melakukan Promosi

Setelah usaha laundry resmi terbuka maka sobat bisa mulai melakukan promosi. Tahap ini merupakan tahap penting bagaimana Anda mengenalkan usaha Anda kepada publik.

Beritahu semua masyarakat sekitar bahwa usaha laundry milik Anda sudah dibuka. Kalau perlu buatlah selebaran atau brosur yang menjelaskan usaha laundry Anda beserta pelayanan yang Anda berikan. Lalu jangan lupa juga untuk mencantumkan no hp Anda kepada dalam brosur tersebut. 

Maksimalkan juga untuk beriklan di media sosial. Baik itu di media sosial pribadi maupun di grup atau komunitas. Buatlah grup dengan nama usaha laundry milik Anda dan undang sebanyak mungkin Anggota. 

Buatlah nama usaha laundry Anda menjadi terkenal secepat mungkin. Karena semakin terkenal maka semakin besar peluang cepat menghasilkan uang.

6. Mulai Memberikan Pelayanan

Maksimalkan pelayanan dengan baik kepada seluruh pelanggan usaha laundry milik Anda. Usahakan memberikan kepuasan kepada mereka, karena jika kesan pertama mereka puas pastinya akan menjadi pelanggan setia Anda nantinya. 

Pelayanan laundry Anda harus maksimal, termasuk juga layani untuk antar jemput pakaian. Terutama jika Anda sudah memiliki pelanggan tidak ada salahnya Anda siap menjemput pakaian dan antar kepada mereka ketika sudah selesai. 

Selain itu dari segi pengerjaan laundry yang bagus juga akan berpengaruh. Pastikan Anda mengerjakan semua pesanan lanundry dengan baik. Entah itu dalam segi kerapian maupun dalam segi wangi dan keindahan variasi mengerjakan pakaian.

7. Membesarkan Usaha Laundry Yang Berjalan

Jika usaha laundry Anda semakin ramai, maka PR selanjutnya adalah mencari karyawan dan membuka cabang. Tapi jangan buru-buru untuk melakukan hal ini. Pastikan laundry utama Anda sudah benar-benar kuat terlebih dahulu jika ingin membuka cabang.

Seorang pengusaha yang baik akan menyimpan keuntungannya dengan baik. Jadi awal-awal usaha Anda berkembang jangan buru-buru untuk hidup mewah. Simpan dulu keuntungan tersebut untuk membesarkan usaha sebesar mungkin. Baru setelah itu Anda akan menikmati hasilnya dikemudian hari nanti.

Oke sobat, diatas adalah panduan memulai usaha laundry kiloan untuk seorang pemula. Semoga saja dengan panduan ini bisa membantu Anda yang sedang memiliki hajat untuk mendirikan sebuah usaha laundry kiloan. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "Panduan Memulai Usaha Laundry Kiloan Untuk Pemula"

Berlangganan via Email