Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Menabung Yang Unik Dan Bikin Semangat

Daftar Isi [Tampil]

Dengan mengetahui cara menabung yang unik dan menyenangkan maka proses menabung akan bikin lebih semangat lancar dan bisa cepat terkumpul. Jadi menabung sebenarnya bisa sobat jadikan sebagai rutinitas yang asik dan menyenangkan setiap harinya. Jadi jangan jadikan menabunh sebagai sebuah beban, namun jadikanlah menabung rutinitas yang kamu sukai.

Menabung adalah sebuah proses menyimpan uang pada media atau tempat tertentu. Dan menabung bukan masalah seberapa besar nilainya, tapi seberapa konsiten menabung lah yang sangat penting untuk diperhatikan. Maka dari itu agar sobat bisa konsisten maka harus menciptakan sebuah sistem yang tidak biasa alias unik.

Cara Menabung Yang Unik dan Bikin Semangat

cara menabung

Baiklah kali ini bisnisan.id akan menjelaskan beberapa cara terkait cara menabung yang unik dan menyenangkan, antara lain sebagai berikut : 

1. Menabung dalam celengan dengan bentuk yang disukai 

Menabung dengan menggunakan celengan merupakan sebuah metode klasik yang sejak zaman dulu ada. Pastinya sejak sobat masih sd akan kenal dengan metode menabung yang satu ini. 

Dan menabung dicelengan akan menjadi sebuah rutinitas yang menyenangkan jika sobat memodifikasi bentuk celengan yang dimiliki. 

Misalkan saja dengan membeli celengan dengan bentuk hewan yang disukai atau dengan bentuk tertentu. Banyak kok sekarang model celengan yang beragam di jual di tempat perabotan atau di toko online juga lengkap.

2. Menabung demi impian agar semangat

Agar proses menabung yang sobat jalani semakin semangat. Maka menabunglah dengan impian yang kamu miliki. Coba sobat ingat-ingat kembali apa impian yang sobat punya selama ini. Dan jadikanlah impian tersebut sebagai motivasi untuk sobat agar terus bisa menabung. 

Misalkan saja diantara sobat ada yang ingin menikahi orang yang dicintai. Maka menabunglah dengan semangat untuk biaya pernikahan tersebut. Atau untuk membeli motor atau mobil impian mungkin. Jadikan saja impian tersebut sebagai dorongan sobat untuk bisa terus menabung. 

Tuliskan atau ambil gambar mengenai impian tersebut. Lalu cetaklah dalam bentuk poster yang besar di kamar. Cara seperti ini akan cukup efektif untuk mengingatkan Anda dengan impian Anda setiap hari.

3. Membuat coret-coretan setiap kali menabung 

Cara menabung unik yang selanjutnya adalah dengan membuat coret-coretan. Misalkan saja dengan menyediakan sebuah kolom-kolom menabung yang nantinya bisa sobat coret atau tanda tangani setiap selesai menabung.

Aktifitas seperti ini bisa menjadi momentum spesial dan termasuk dalam cara menabung yang unik. Misalkan saja menabung harian. Maka sobat bisa melakukan tanda tangan atau mengambar dan mencoret catatan tersebut. 

Bisa juga dengan membuat buku menabung. Sediakan kolom hari tanggal, jumlah uang yang ditabung dan juga paraf atau tanda tangan.

4. Menabung menyenangkan dengan sistem amplop 

Selanjutnya menabung yang unik juga bisa menggunakan sistem amplop. Yakni setiap menabung di masukkan ke dalam amplop lalu dimasukkan kedalam kotak. 

Sebuah moment sesial nanti akan kamu dapatkan pada saat selesai program menabung. Yakni membuka kotak yang di dalamnya berisikan banyak amplop. Dan proses membuka amplop satu-satu seperti ini akan membuat menabung kamu menyenangkan.

Dengan begitu sobat akan lebih semangat dalam proses menabung. Dan juga cara ini adalah cara klasik namun tidak membosankan untuk dilakukan.

5. Menabung unik dan menyenangkan bersama dengan pasangan 

Menabung yang unik juga bisa Anda lakukan bersama dengan pasangan Anda. Khusunya buat yang sudah menikah sih. Kalau masih pacaran juga boleh yang penting ada komitmen khusus ya buat uang tersebut. 

Menabung dengan pasangan juga bisa menambah semangat tersediri. Apalagi jika menabungnya demi impian bersama dengan pasangan Anda tersebut. 

Ini juga sebuah cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ekonomi rumah tangga. Karena dengan menabung bersama pasangan artinya ada saling mendukung diantara keduanya. 

6. Menabung dengan sistem hitungan khusus 

Cara menabung unik yang selanjutnya adalah gunakan hitungan khusus. Buatlah sebuah perencanaan tabungan sesuai dengan angka atau nominal yang Anda inginkan. 

Sebagai sebuah contoh menabung harian dengan menghitung mundur dari tanggal 1 ke tanggal 30. Contoh : 

Aldi menjalankan sebuah program menabung harian. Pada tanggal 1 Aldi menabung Rp.30.000. Lalu pada tanggal 2 Aldi menabung lagi 29.000. Dan tanggal 3 menabung Rp.28.000,-. Begitu saja terus sampai dengan akhir bulan. 

Cara menabung seperti ini memang seperti sebuah permainan. Namun justru ini menjadi unik dan akan membuat kamu semakin semangat dalam menabung. 

7. Menabung dengan sistem the power off 20.000 

The power of 20.000 atau cara menabung uang jajan 20000. Ini juga bisa disebut sebagai menabung yang unik dan bisa bikin kamu tambah semangat.

Caranya adalah dengan melakukan rutinitas menabung setiap hari dengan nominal tetap yakni Rp.20.000,-. Lalu kamu buat sebuah planning menabungnya apakah diambil 3 bulan sekali, 6 bulan atau satu tahun.

Jangan meremehkan 20.000 ya. Karena jika mau disiplin setiap hari, tanpa terasa dalam setahun bisa menjadi 7 jutaan.

8. Menabung dengan sistem the power of 10.000 

Cara yang selanjutnya cuma beda nominal saja dengan cara di point ketujuh. Yakni the power of 10.000 atau sering disebut dengan cara menabung uang jajan 10000. Yakni melakukan upaya menabung setiap hari dengan nominal tetap sebesar Rp.10.000,-

Caranya sisihkan penghasilan yang kamu miliki setiapnya harinya. Sediakan Rp.10.000 setiap pagi atau sore hari dan simpan uang tersebut pada tempat yang sudah sobat pilih. 

Seperti halnya point sebelumnya, meskipun nominalnya 10.000 setiap hari. Dalam waktu 1 tahun sobat sudah bisa mengumpulkan sekitaran 3.6 juta rupiah. Lumayan kan tanpa terasa sudah terkumpul banyak.

9. Menabung di hari dan jam yang spesial 

Menabung akan sukses terkumpul apabila sobat disiplin. Jadi buatlah sebuah jadwal khusus yang wajib sobat patuhi sendiri. Misalkan saja setiap pagi, setiap malam atau bisa juga setiap hari minggu.

Menabunglah di hari dan jam yang spesial sesuai dengan jadwal yang Anda buat tersebut. Dengan begitu proses menabung yang sobat jalankan akan menjadi lebih semangat.

10. Beritahu orang tua dalam menabung agar lebih semangat

Selanjutnya ada cara khusus agar sobat lebih semangat dalam menabung. Yakni beritahu orang tua, sahabat atau teman dekat bahwa sobat sedang menabung. Bukan berarti pamer tapi dengan sobat bercerita seperti ini bisa menguatkan tekad dalam menabung.

Selain itu juga jika sobat sudah bercerita kepada orang tua. Maka orang tua akan membantu mengawasi proses menabung yang sobat lakukan tersebut. 

Pastinya orang tua sobat juga bakalan mendukung dan juga memberikan semangat apabila sobat sudah cerita ingin menabung kepada orang tua. 

Oke sobat diatas adalah 10 cara bagaimana menabung yang unik dan juga bikin semangat. Semoga saja dengan 10 cara diatas atau dengan salah satunya sobat bisa sukses dalam menabung dan terkumpul banyak di kemudian hari nanti. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih

Posting Komentar untuk "10 Cara Menabung Yang Unik Dan Bikin Semangat"