Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

26 Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha Yang Wajib Anda Hindari

Daftar Isi [Tampil]

Faktor penyebab kegagalan wirausaha adalah hal-hal yang wajib Anda hindari dalam menjalankan sebuah usaha agar tidak merugi dan jatuh dalam kebangkrutan. Yang namanya menjalankan sebuah usaha memang harus hati-hati. Segala macam keputusan yang diambil harus dipertimbangkan dengan baik-baik karena akan memberikan dampak pada usaha yang dijalankan. Baik itu keputusan atau kegiatan-kegiatan kecil dalam sebuah usaha atau kegiatan besar semuanya akan saling berkaitan dan memberikan dampak tersendiri.

Seorang wirausahawan tentu harus paham masalah yang satu ini. Yang semua hal kegiatan dan aktifitas dalam sebuah usaha yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Jika masih pemula mungkin wajar jika melakukan kesalahan yang akhirnya menyebabkan kerugian. Namun jadikan kesalahan tersebut sebagai sebuah modal untuk meneruskan usaha dan jangan sampai terulang kembali. 

Faktor Kegagalan Wirausaha

faktor-kegagalan-wirausaha

Hal-hal yang kita lakukan dalam menjalankan sebuah usaha semuanya akan memberikan dampak tersendiri. Maka dari itu kita harus bisa menghindari beberapa hal yang salah. Karena hal-hal yang salah tersebut apabila diteruskan bisa menjadi penyebab hancurnya sebuah usaha. Dan berikut adalah hal-hal yang bisa menjadi faktor kegagalan wirausaha menurut bisnisan.id antara lain :

1. Salah memilih jenis usaha

Faktor penyebab kegagalan wirausaha yang pertama yang bisa menyebabkan seseorang gagal dalam menjalankan wirausaha adalah salah dalam memilih jenis usaha itu sendiri.

Pemilihan jenis usaha yang sesuai dengan diri kita menjadi hal yang sangat penting. Ibaratkan kita memakai baju juga memakai sebuah baju yang pas dan tepat buat tubuh kita.

Begitu juga dengan memilih usaha. Ketika kita mampu memilih usaha yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi diri kita. Pastikan kita akan menjalankan usaha tersebut dengan maksimal.

Jadi pilihlah bisnis yang benar-benar tepat agar bisa dijalankan dengan benar dan akhirnya menjadikan usaha kita berjalan secara maksimal.

2. Tidak bisa mengatur penggunaan modal dengan baik

Yang kedua yang bisa menyebabkan gagalnya usaha adalah penggunaan modal yang tidak tepat. Yang mana modal ini adalah sebuah pondasi awal bagi sebuah usaha. 

Jadi penggunaan modal harus benar-benar berhati-hati. Misalkan saja untuk melakukan pembelajaan keperluan usaha. Harus dihitung dengan benar dan kalau bisa sehemat mungkin.

Banyak contoh kegagalan wirausaha disebabkan mereka salah dalam menggunakan modal. Usaha baru berjalan setengah jalan saja modal sudah habis dan terpaksa harus berhenti menjalankan usaha tersebut.

Maka dari itu harus ada rancangan perbelanjaan modal yang matang. Lakukan survey untuk mendapatkan produk dan anggaran belanja modal yang lebih hemat.

3. Tidak melakukan penargetan promosi dengan benar

Selanjutnya yang bisa menjadikan seseorang gagal dalam menjalankan usaha adalah penargetan promosi yang tidak tepat.

Promosi yang tidak tepat akan berdampak pada lambatnya perkembangan sebuah usaha. Produk tidak kunjung laku dan akhirnya sebuah usaha tidak kunjung mendapatkan keuntungan dan akhirnya pun merugi.

Maka dari itu kita sebagai pelaku usaha harus mengetahui cara promosi yang benar. Yakni dengan melakukan penargetan promosi yang tepat agar produk atau jasa kita bertemu dengan pelanggan potensial. Dari situlah usaha kita bisa cepat laku dan mendapatkan keuntungan.

Baca juga : Macam-macam strategi promosi

4. Tidak bisa mengelola keuangan dengan baik

Yang namanya pengelolaan keuangan dalam usaha akan selalu menjadi hal penting. Keuangan usaha yang baik akan mendukung usaha untuk terus berkembang.

Lalu bagaimana jika seseorang tidak bisa mengelola keuangan usaha dengan baik? Sudah pasti KAS keuangan dalam usaha cepat mengalami minus dan akhirnya usaha pun bisa bangkrut.

Maka dari itu kita sebagai seorang wirausahawan harus tahu bagaimana mengelola keuangan dengan baik, tahu bagaimana membuat pembukuan, melakukan penghemetan dan beberapa hal lain terkait manajemen keuangan dalam usaha.

Baca juga : Cara mengelola keuangan usaha

5. Salah memilih bahan produksi

Faktor yang bisa membuat kegagalan sebuah wirausaha yang kelima adalah salah memilih bahan produksi. Ini khususnya buat Anda yang menjalankan usaha berbentuk produksi barang.

Yang namanya produksi, memang harus membuatnya dengan bahan yang berkualitas. Dengan begitu hasil produksinya juga akan bagus.

Jika terjadi kesalahan pemilihan bahan maka akan menjadikan panurunan kualitas produk. Dan hal tersebut akan menjadikan kekecewaan pelanggan. Imbasnya akhirnya tentu bisa mengurangi pemasukan dan bisa menjadikan gagal dalam berwirausaha.

6. Salah dalam hal memilih karyawan

Pemilihan karyawan yang berkualitas juga merupakan sebuah kunci kesuksesan sebuah wirausaha. Karena ketika semua karyawan berperan maksimal akan menjadikan sebuah usaha cepat berkembang.

Namun ketika sebuah pelaku usaha atau pemimpin perusahaan salah dalam memilih karyawan, maka usahanya tentu saja bisa terhambat dan menyebabkan sebuah usaha mengalami kemunduran.

Maka dari itu Anda perlu tahu mengenai cara merekrut karyawan yang berkualitas, agar kegagalan tersebut bisa Anda cegah.

7. Tidak memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan

Hal selanjutnya yang bisa menyebabkan sebuah usaha tidak berkembang dan bahkan bisa menjadikan kegagalan adalah pemberian pelayanan yang tidak bagus.

Yang namanya pelayanan akan menjadikan pelanggan kita puas atau tidak puas. Dan pelayanan pula yang akan menjadikan mereka kembali berbelanja di tempat kita atau tidak.

Maka dari itu kita sebagai pelaku usaha perlu sekali untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Pelatihan karyawan mengenai pemberian pelayanan juga sangat perlu dilakukan.

8. Kesalahan dalam proses produksi

Faktor penyebab kegagalan wirausaha selanjytnta adalah proses produksi. Sebuah proses produksi yang benar, pastinya akan menghasilkan produk yang berkualitas. Sebaliknya sebuah proses produksi yang salah juga akan menghasilkan sebuah keluaran yang bermasalah.

Maka dari itu dalam sebuah usaha atau perusahaan, harus ada yang namanya SOP (Standart Operasional Perusahaan). Untuk memastikan semua produksi berjalan sesuai dengan rules dan ketentuan yang sebenarnya.

Hal ini berlaku bagi wirausahawan yang mengelola home industri atau pabrik yang memproduksi produk tertentu.

10. Memilih partner bisnis yang tidak tepat

Partner atau mitra dalam menjalankan sebuah usaha juga akan memberikan pengaruh tersendiri. Hal ini terjadi apabila Anda menjalankan sebuah usaha bersama-sama.

Memilih partner yang tepat akan menjadikan sebuah usaha cepat berkembang. Sedangkan memilih partner yang salah berlaku akibat sebaliknya.

Maka dari itu Anda harus benar-benar berhati-hati ketika hendak menjalin sebuah relasi bisnis. Pastikan semua pihak diuntungkan dan harus diperkuat dengan sebuah perjanjian.

Baca juga : Cara membangun relasi bisnis

12. Terlalu banyak hutang uang dan tidak memaksimalkan penagihan piutang

Salah satu hal penting lain yang akan mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan dalam menjalankan usaha adalah hutang piutang.

Hutang piutang sebenarnya boleh saja asalkan produktif. Sebagai contoh berhutang modal yang pasti akan laku dan menguntungkan.

Namun ketika jumlah hutang berlebih dan jumlah piutang tidak ditagih dengan benar, pastinya keuangan sebuah usaha akan terhambat. Yang akhirnya sebuah usaha tersebut akan mengalami kemunduran.

13. Tidak disiplin waktu dalam menjalankan usaha

Hal yang lain yang bisa menjadikan keberhasilan atau tidak nya usaha adalah kedisiplinan. Kedisiplinan ini seperti sebuah sistem yang akan mengembangkan sebuah usaha. Ketika seseorang disiplin sudah pasti usahanya akan terus berkembang, begitu juga sebaliknya.

Tidak disiplin dalam menjalankan usaha sudah pasti akaqn menjadi sebuah faktor penyebab kegagalan wirausaha. Jadi pastikan Anda selalu mengatur waktu dan jadwal dengan baik saat menjalankan sebuah usaha. 

14. Tidak bisa menganalisa peluang di pasaran

Peluang di pasaran akan terus ada. Dan barang siapa yang bisa memanfaatkan peluang dengan baik, maka usahanya akan cepat berkembang.

Begitu juga sebaliknya jika seorang pengusaha tidak bisa memanfaatkan peluang pasar dengan baik. Maka akan ketinggalan banyak kesempatan yang bisa menguntungkan sebuah usaha yang dijalankan.

Maka dari itu Anda harus selalu standby untuk melihat, megamati dan bisa dengan cepat mengambil peluang pasar yang muncul.

Baca juga : Kunci sukses seorang pengusaha dalam memenangkan pasar adalah

15. Tidak bisa memainkan harga untuk menarik minat pelanggan

Hal selanjutnya yang memberikan pengaruh yang cukup besar adalah permainan harga. Yakni kapan harus memberikan promo atau diskon dan kapan waktunya untuk memaksimalkan keuntungan.

Seorang pengusaha yang pandai memainkan harga, sudah pasti usahanya akan cepat berkembang. Namun sebaliknya jika tidak bisa akan menjadi sebuah kegagalan.

Jadi kita harus pandai dalam hal pengaturan harga untuk produk atau jasa yang kita jual. Misalkan saja kita sesekali memberikan sebuah promo atau diskon kepada pasar agar menarik minat dari para pelanggan kita.

16. Kalah bersaing dengan kompetitor dalam menjalankan usaha

Faktor selanjutnya adalah mereka yang tidak mampu dalam bersaing dengan kompetitor. Tentu saja untuk sebuah usaha yang kalah sama kompetitor akan mengalami sebuah kegagalan.

Makanya penting bagi setiap pelaku usaha untuk mengetahui pergerakan kompetitornya. Hal ini untuk mengetahui hal-hal dan tindakan yang harus Anda lakukan agar usaha Anda tetap eksis dan memenangkan persaingan. 

Karena yang namanya bisnis sebenarnya sama dengan kompetisi. Yang mana yang menang akan bertahan dan yang mana yang kalah akan tersingkirkan dari pasaran.

17. Mencampur keuangan bisnis dengan keuangan pribadi

Faktor ke 17 adalah ketika seseorang tidak bisa memisahkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Artinya segala macam keuangan di campur aduk.

Ketika keuangan bisnis dan pribadi dicampur. Maka kontrol keuangan akan lebih susah dan lebih ribet. Akhirnya rawan melakukan kesalahan dalam mengeluarkan uang itu sendiri.

Makanya penting bagi kita jika berbisnis untuk memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis. Dengan begitu jalur keuangan kita akan menjadi lebih teratur  dan pengeluaran serta pemasukan lebih mudah di monitoring.

18. Tidak berfokus pada membesarkan usaha yang dijalankan

Seseorang bisa juga gagal dalam menjalankan wirausaha karena tidak fokus dalam membesarkan usaha itu sendiri. Misalkan saja dapat keuntungan lalu malah dibelanjakan untuk kepentingan pribadi, bukan untuk kepentingan mengembangkan usaha.

Jadi ketika mulai menjalankan sebuah wirausaha kita harus berfokus pada hal-hal yang bisa mengembangkan usaha kita. Misalkan saja pada saat mendapatkan keuntungan lebih, kita alokasikan untuk memperbanyak sumber penghasilan atau untuk memperbesar sumber penghasilan usaha yang kita jalankan.

19. Tidak menepati janji dengan konsumen

Tidak menepati janji dengan konsumen tentu saja akan menjadi sebuah faktor kegagalan dalam menjalankan sebuah wirausaha. Seperti yang kita tahu bahwa konsumen atau pembeli adalah raja. Jadi keinginannya harus kita penuhi, apalagi kita sudah membuat sebuah janji kepada mereka.

Maka dari itu penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan kita. Salah satunya dengan menepati janji-janji yang sudah kita berikan kepada mereka. Kekecewaan pelanggan bisa merobohkan sebuah usaha, namun sebaliknya jika mereka percaya, usaha kita akan terus berkembang.

20. Tidak mau terus belajar

Seorang wirausahawan yang mau terus belajar dari waktu ke waktu, tentu akan mengalami banyak peningkatan. Entah itu dari wawasan maupun dari segi keahlian.

Begitu sebaliknya jika seorang wirausahawan tidak mau belajar maka ilmu nya pun tidak akan berkembang. Dan ini juga bisa menjadi faktor kegagalan untuk wirausaha yang dijalankan. 

Maka dari itu penting bagi kita untuk terus mau belajar. Belajar memperbanyak wawasan, belajar meningkatkan skill atau keahlian. Dan yang tidak kalah penting adalah belajar dari pengalaman yang kita sudah lewati.

21. Tidak sabar dalam menjalankan proses wirausaha

Selanjutnya dalam menjalankan sebuah wirausaha pastinya harus sabar dan tekun. Karena sebuah usaha selalu membutuhkan waktu untuk bisa berkembang dan menjadi besar.

Lalu bagaimana jika seorang wirausahawan selalu ingin yang instan dan tidak sabaran. Pastinya akan menempuh cara-cara yang tidak benar yang akhirnya menyebabkan usaha tersebut gagal untuk berkembang.

Maka dari itu kita harus terus meningkatkan kesabaran kita dalam mengelola usaha dan tekun. Karena saya yakin bahwa ketekunan dan konsistensi akan membuahkan hasil yang maksimal di kemudian hari nanti.

22. Tidak mengikuti perkembangan zaman dan teknologi

Kemudian salah satu penyebab sebuah usaha terus berkembang adalah dengan mengikuti perkembangan teknologi. Jika tidak pastinya usaha tersebut akan ketinggalan zaman dan akhirnya pun bangkrut.

Oleh karena itu sebagai pelaku bisnis kita harus update akan penggunaan teknologi yang kita jalankan. Apabila kita bisa update, maka usaha kita pun akan bisa terus bertahan dan berkembang. 

23. Kesalahan dalam memilih lokasi wirausaha

Ada hal lain yang cukup berpengaruh terhadap keberhasilan atau kegagalan sebuah wirausaha. Yakni dalam pemilihan tempat atau lokasi usaha. Karena yang namanya tempat, kalau strtategis pasti akan lebih mudah ditemukan pembeli. 

Namun sebaliknya jika pemilihan tempat atau lokasi usaha salah dan kurang tepat. Maka usaha pun akan menjadi sulit berkembang dan bisa saja bangkrut atau gagal.

Tempat menjalankan usaha yang strategis secara otomatis akan mudah untuk diakses. Baik itu akses pelaku usaha maupun akses oleh pelanggan dan calon pelanggan. Akhirnya usaha yang kita jalankan akan menjadi lebih lancar. 

24. Tidak bisa mengelola sarana dan prasarana dengan baik

Pengelolaan sarana dan prasarana juga merupakah suatu hal yang cukup penting. Kalau semua peralatan dikelola dengan baik, maka usaha pun akan lancar tanpa ada gangguan teknis. Namun jika alat dan sarana tidak dirawat, pasti akan ada banyak kerusakan. Dan dari kerusakan itulah bisa memicu gangguan pada usaha yang dijalankan dan bisa berakibat pada kerugian dan kebangkrutan.

Makanya penting bagi kita untuk melakukan manajemen sarana dan prasarana dengan baik. Dengan begitu usaha kita bisa lebih hemat dan lebih lancar.

25. Tidak fokus dengan satu jenis bisnis terlebih dahulu

Faktor yang lain yang bisa meyebabka wirausahawan gagal adalah tidak fokus pada satu bisnis terlebih dahulu. Ini penting, karena dengan fokus maka seseorang bisa menjalankan sebuah usaha secara maksimal.

Ada banyak contoh diluaran sana yang bergonta ganti bisnis. Atau menjalankan beberapa bisnis sekaligus dan akhirnya semuanya tidak maksimal dan berujung kegagalan.

Penting bagi kita untuk diawal berbisnis fokus pada satu terlebih dahulu. 

26. Tidak pandai dalam melakukan problem solving ketika permasalahan muncul

Faktor penyebab kegagalan wirausaha yang terakhir dan bisa membuat sebuah usaha gagal berkembang adalah tidak pandai dalam melakukan problem solving. Artinya ketika masalah dalam sebuah usaha datang tidak cepat dalam menyelesaikannya.

Tentu saja jika tidak pandai menghadapi masalah maka usaha tersebut akan mudah sekali gagal dan bangkrut. 

Maka dari itu kita harus banyak belajar mengembangkan pola pikir kita. Menjadikan fikiran kita lebih cerdas dan lebih kreatif. Dengan begitu kita akan siap dalam menghadapi setiap problematika usaha yang muncul.

Demikian sobat bisnisan panjelasan dari saya kali ini mengenai faktor penyebab kegagalan wirausaha yang sering terjadi di lapangan. Dengan menghindari beberapa point diatas maka Anda akan dijauhkan dari kegagalan dalam menjalankan usaha. Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "26 Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha Yang Wajib Anda Hindari"

Berlangganan via Email