Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiap Pekerjaan Membutuhkan Entrepreneur

Daftar Isi [Tampil]

 

Tiap Pekerjaan Membutuhkan Entrepreneur

Tiap Pekerjaan Membutuhkan Entrepreneur - Dikemukakan oleh Charles R. Schwabb melalui tulisannya di Wallstreetjournal.com, bahwa setiap pekerjaan membutuhkan seorang entrepreneur (“every job requires an entrepreneur”). Betapa pentingnya peran entrepreneur juga ditekankan oleh pemerintahan AS berkuasa melalui Obama sebelum sesi gabungan Kongres tanggal 8 September yang lalu, “Akhirnya pemulihan kita akan didorong tak hanya oleh Washington tetapi oleh perusahaan-perusahaan dan pekerja kita.”

Dan begitulah memang kenyataannya. Di Indonesia sendiri, usaha kecil menengah dan mikro tidak bisa diremehkan kontribusinya dalam perekonomian nasional. Angka pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah mencapai 5,8 persen dan masa datang akan tumbuh menjadi enam persen.

Pernyataan Obama benar. Kita bisa mendorong pemulihan ekonomi dengan memperkokoh kekuatan penciptaan lapangan kerja terutama usaha kecil menengah yang menjadi motor penggerak perekonomian suatu bangsa dan pertumbuhan pekerjaan dengan cepat dan efisien. Sungguh, inilah cara yang efektif untuk membangkitkan kita dari keterpurukan ekonomi.

Namun dengan melaksanakannya, kita membutuhkan suara yang konsisten tentang kepercayaan diri dalam dunia bisnis. Semua usaha , baik dari skala mikro hingga besar, perlu meyakini ini. Menaikkan pajak untuk individu yang memiliki kekayaan besar mungkin bukan jalan terbaik dalam jangka panjang. Yang lebih baik adalah menemukan akar permasalahan dan menyingkirkannya. Kemampuan untuk berpikir dalam kerangka jangka panjang diperlukan di sini, yaitu dengan menyingkirkan disinsentif bagi upaya investasi dalam dunia bisnis.

Sebagian usaha yang bertahan lama didirikan bukan pada saat ekonomi sedang dalam masa cerah tetapi justru di masa redup seperti sekarang. Namun entrepreneur-entrepreneur tersebut tidak gentar karena memiliki keyakinan bahwa ekonomi akan membaik suatu saat nanti. Visinya jelas: Investor pantas mendapatkan lebih dari apa yang sudah ada sekarang ini.

Lalu apakah kekuatan potensial dari keyakinan penuh dalam benak entrepreneur seperti ini? Keberhasilan sebuah usaha memiliki efek positif tersendiri bagi perekonomian.

Fakta sederhananya ialah bahwa setiap bisnis di dunia dimulai dari seorang entrepreneur. Entah ia adalah pendiri Ford Motor Co., Google atau pendiri usaha laundry di dekat rumah Anda. Setiap pekerjaan yang diciptakan oleh entrepreneur membutuhkan investasi. Dan pada intinya, investasi membutuhkan kepercayaan yang bisa mengalahkan risiko, membutuhkan kerja keras dan kejelasan aturan main. (bisnisan.id)

Posting Komentar untuk "Tiap Pekerjaan Membutuhkan Entrepreneur"