Strategi Komunikasi dan Strategi Pemasaran Yang Efektif
Strategi Komunikasi dan Strategi
Pemasaran Yang Efektif - Dalam bisnis, pemasaran
adalah menjadi ujung tombak untuk mencapai suatu keberhasilan. Sebab
tanpa pemasaran yang bagus, bisnis sulit untuk berkembang, baik sebagus apa pun produknya,
namun bila tidak dibarengi dengan kemampuan memasarkan secara efektif, bisnis
hanya akan jalan di tempat.
Oleh sebab itu diperlukan strategi pemasaran
bisnis dengan menggunakan langkah-langkah yang kreatif guna mencapai target
yang diinginkan, dalam rangka mewujudkan kepuasan bagi pelanggan. Dalam segmen
apapun pasti ada yang namanya persaingan, untuk itu agar mencapai strategi
pemasaran yang efektif diperlukan strategi pemasaran yang jitu untuk menerobos
pesaing-pesaing yang lain.
Di dalam mencapai strategi pemasaran yang efektif
maka banyak media sarana yang guna mencapai tujuan yaitu dapat melalui :
1. Melalui media seperti televisi, majalah,
radio, media cetak, dll
2. Melalui internet email, blog atau website
3. Melalui flyer brosur
4. Melalui poster yang dipasang di tempat pusat keramaian
5. Melalui Label/Hang tag
Dan banyak lagi media sarana yang lain yang
dapat digunakan untuk mencapai strategi pemasaran yang efektif.
Nah, sekarang, bagaimana caranya mengomunikasikan
pesan dengan efektif agar persepsi yang ingin anda bangun dapat dengan cepat
terbentuk di benak calon pelanggan anda? Kira-kira bahasa seperti apa yang
membuat pesan anda mudah dipahami?.....
Ada enam hal yang harus diperhatikan dalam
mengomunikasikan pesan kepada calon pelanggan agar persepsi mereka dapat cepat
terbentuk :
1. Buat pesan anda sesederhana mungkin
Tujuan anda mengkomunikasikan pesan kepada
pelanggan adalah agar mereka dapat dengan cepat memahami informasi yang ingin
anda sampaikan kepada mereka.
2. Fokuskan pada gaya hidup mereka
Dengan menawarkan produk anda kepada para
pelanggan, tentu yang pertama kali dipikirkan oleh para
pelanggan adalah apa manfaat produk itu bagi mereka? Berikan manfaat yang nyata
dan masuk akal.
3. Tekankan pada nilai yang ditawarkan
Maksudnya adalah jangan terlalu membombardir
pelanggan anda dengan informasi-informasi yang lebih bersifat teknis.
Secukupnya saja. Mungkin porsinya sekitar 15%. Selebihnya tekankan nilai yang
anda tawarkan kepada mereka.
4. Ceritakan pengalaman orang lain
Ceritakan pengalaman para pelanggan anda yang telah menggunakan serta
merasakan manfaat dari produk yang anda tawarkan. Tunjukkan kepada mereka
orang-orang yang telah ataupun sedang menggunakan produk anda. Dalam banyak
hal, cerita jauh lebih efektif untuk membentuk persepsi pelanggan.
5. Gunakan kalimat yang menyentuh emosi
Anda pernah mengenal yang namanya Copywriting?
Secara singkat, copywriting bisa diartikan sebagai kegiatan menulis yang
bertujuan untuk memasarkan dan mengiklankan produk, orang, pendapat, ide dan
lain sebagainya dengan menggunakan kata-kata serta ide yang persuasif. Di sini kemampuan copywriting
yang baik dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah komunikasi yang memikat dan
persuasif.
6. Terus lakukan komunikasi
Galilah terus ide-ide baru dari mereka.
Tanyakan pendapat mereka tentang produk saingan anda misalnya. Ajak mereka
untuk berpartisipasi dalam pengembangan produk lainnya. Intinya anda harus
terus melakukan komunikasi secara berkesinambungan dengan pelanggan anda agar
dapat tetap mengetahui keinginan mereka.
Selain mengomunikasikan pesan secara efektif,
diperlukan juga langkah kreatif dalam menentukan strategi pemasaran yang
efektif untuk mencapai target dan mencapai kepuasan konsumen. Berikut beberapa
langkah dalam menciptakan strategi pemasaran:
1. Promosi
2. Penelitian atau Survey
3. Segmentasi Pasar
4. Word of Mouth
5. Teknologi
Setelah strategi komunikasi pemasaran di atas sudah
dilakukan, maka anda dapat melihat hasilnya pada bisnis anda. Selamat berbisnis (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Strategi Komunikasi dan Strategi Pemasaran Yang Efektif"