Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Copywriting Yang Benar

Daftar Isi [Tampil]

 

Cara Menulis Copywriting Yang Benar

Cara Menulis Copywriting Yang Benar - copywriting merupakan kemampuan untuk mengolah kata serta ide yang bertujuan untuk mempromosikan bisnis, ide, pendapat atau bahkan sosok seseorang. Atau dengan kata lain, menulis copywriting bertujuan untuk mempengaruhi pola pikir seseorang sehingga ia mau bertindak sesuai dengan keinginan kita hanya dengan menggunakan kata-kata.

Agar penulisan copywriting menjadi efektif dan mampu menyampaikan pesan kepada pelanggan atau konsumen sebuah produk, diperlukan beberapa strategi penulisan, berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat menulis copywriting yang benar

 

Tonjolkan Nilai Lebih dari produk anda

Apa yang dimaksud dengan nilai lebih atau benefit? Secara singkat, benefit adalah nilai produk anda terhadap pelanggan. Atau dengan kata lain, sebuah benefit adalah kemampuan sebuah produk untuk membantu memecahkan permasalahan pelanggan anda.

Anda harus mampu menjelaskan keunggulan produk anda dalam bentuk rangkaian kata dan sebab-sebab mengapa pelanggan harus memilih produk anda dibandingkan membeli produk saingan. Jadi, anda harus menulis copywriting yang menjelaskan benefit produk anda kepada para pelanggan dan mengapa produk anda jauh lebih baik dibanding produk sejenis di pasaran.

Karenanya, sebelum menulis copywriting penting bagi anda untuk mengetahui seluruh benefit yang terdapat dalam sebuah produk yang akan ditawarkan agar anda mampu mengetahui keunggulan produk tersebut dan mengapa ia merupakan solusi yang tepat untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi pelanggan.

 

Diferensiasi Produk Diantara Kompetitor

Penting untuk diketahui hal-hal apa saja yang membedakan produk atau bisnis anda di peta persaingan. Dengan kata lain, ketahui diferensiasi produk atau bisnis anda dibanding pesaing.

Setelah mengetahui diferensiasi produk yang anda tawarkan dibanding produk sejenis lainnya, kemukakan alasan mengapa jika membeli produk dari pesaing lainnya hanya akan menjadi suatu kesalahan besar. Anda harus menulis copywriting yang menjelaskan kondisi tersebut agar pelanggan anda mengetahui serta mengerti alasan yang anda kemukakan di atas.

Untuk menjalankan teknik ini, lakukan riset yang mendalam terhadap peta persaingan. Tulis secara rinci kekurangan-kekurangan yang menonjol dari produk sejenis lainnya. Dengan begitu, anda akan mampu menulis copywriting yang menonjolkan kelebihan produk anda secara alamiah dan meyakinkan kepada para pelanggan. Dengan teknik ini, pelanggan akan lebih yakin untuk memilih produk atau jasa yang anda tawarkan setelah membandingkannya dengan produk pesaing.

 

Riset dan Amati Target Audiens

Pernahkah anda berpikir kira-kira berapa banyak penawaran / iklan yang akan dilihat oleh pelanggan anda? Yang jelas tidak semua penawaran / iklan di seluruh dunia ini akan dilihat oleh mereka. Hanya penawaran yang benar-benar membuat mereka tertarik saja yang akan dilihat dan dibaca.

Lantas, bagaimana caranya menulis copywriting yang akan dilihat dan dibaca oleh calon pelanggan anda? Sebelum melakukan hal tersebut anda harus terlebih dahulu mengetahui siapa target pasar yang hendak anda bidik.

Misalnya anda berbisnis baju anak muda gaul masa kini. Tentu tidak akan tepat seandainya anda mempromosikan baju anda tersebut kepada perkumpulan pensiunan pegawai negeri sipil misalnya. Walaupun anda sudah menulis copywriting yang luar biasa persuasif, namun hal itu tidak akan banyak mendatangkan calon prospek bagi bisnis anda. Karena para pensiunan tersebut sudah tentu tidak akan tertarik untuk membeli baju anda yang berdesain kreatif dan gaul.

Karenanya, definisikan dengan jelas pasar yang ingin anda bidik! Jika anda telah mengetahui karakteristik pasar tersebut, copywriting yang anda tulis akan mampu mendatangkan prospek yang berkualitas.

 

Tentukan tujuan yang hendak dicapai

Sebelum anda menulis copywriting yang benar untuk materi pemasaran dan penjualan anda, ketahui terlebih dahulu tujuan apa yang ingin anda capai.

Artinya, hasil copywriting dari setiap materi akan berbeda-beda tergantung dari tujuan yang ingin dicapai. Apakah anda menulis copywriting untuk meningkatkan kesadaran merk produk anda terhadap pelanggan, atau menawarkan potongan harga khusus, atau untuk mencari prospek pelanggan baru.

Oleh karena itu, setiap menulis copywriting anda harus membuat pesan yang hendak disampaikan bisa dimengerti oleh pelanggan, yaitu bagaimana produk atau jasa yang anda tawarkan bisa membuat hidup mereka menjadi lebih baik, atau menghemat uang mereka, meningkatkan kualitas hidup mereka dan lain sebagainya.

 

Fokuskan pada Audiens Bukan “Anda”

Hal yang paling penting yang harus anda ingat dalam menulis copywriting adalah memfokuskan tulisan anda untuk “mereka” dan bukan untuk “anda”. Apa maksudnya?

Misalnya anda menulis copywriting yang berbunyi sebagai berikut: “Melalui teknologi sistem penjualan kami yang canggih dan terpadu, hanya dalam waktu 24 jam mobil siap diantarkan.” Atau: “Mulai besok, mobil baru anda siap untuk digunakan.”

Kalimat pertama memfokuskan pada sisi bisnis dari perusahaan anda. Sedangkan kalimat kedua langsung menuju ke sasaran pelanggan yang dituju. Dengan kata lain, kalimat kedua berusaha untuk membangun hubungan secara langsung kepada calon pelanggan. Karenanya, hal ini akan bermakna lebih personal dan lebih efektif.

Ingat, usahakan untuk selalu menulis copywriting yang bertujuan untuk membangun hubungan personal dengan pelanggan. Karena , dengan cara tersebut pelanggan akan merasa produk atau jasa yang anda tawarkan merupakan solusi yang tepat bagi masalah yang mereka miliki.

 

Tentukan dan pahami  media yang akan digunakan

Saat hendak menulis copywriting untuk materi promosi, satu hal yang harus anda ketahui bahwa media yang akan digunakan tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda-beda sehingga memerlukan perhatian dan penanganan yang berbeda pula.

Media yang digunakan bisa televisi, Youtube, radio, surat kabar, majalah, media online, atau bahkan media sosial. Copywriting untuk media televisi atau youtube tentu berbeda dengan radio, dimana televisi lebih menonjolkan visual sedangkan radio atau audio online mengandalkan kekuatan verbal.

Oleh karenanya, sesuaikan copywriting yang anda tulis dengan media yang akan digunakan agar dapat menjaring calon pelanggan yang tepat dan berkualitas.

 

Hindari Membombardir terlalu banyak informasi

Menulis copywriting yang baik dan efektif tidak berarti membombardir calon pelanggan dengan berbagai macam informasi dari produk yang anda jual. Memberikan informasi itu penting. Namun jika porsinya berlebih tentu pesan yang hendak disampaikan tidak dapat diterima dengan jelas.

Untuk produk-produk tertentu yang memang memerlukan informasi yang sedikit lebih detail dan teknis, maka hal tersebut sah-sah saja. Tetapi anda harus ingat bahwa media tempat anda melakukan promosi mempunyai kapasitas ruang yang terbatas dan berbiaya cukup mahal. Menulis copywriting yang terlalu panjang sudah pasti akan menghabiskan banyak ruang dan biaya. Pertanyaannya adalah, apakah hal tersebut efektif?

Jika anda menulis copywriting yang terlalu detail kemungkinan besar calon pelanggan anda akan cepat melupakannya dikarenakan terlalu banyak informasi yang harus dicerna. Oleh karena itu, anda harus menulis copywriting sesederhana mungkin namun efektif dan tepat menuju calon pelanggan yang anda bidik. Pesan yang sederhana namun dikemas dengan kata-kata yang menarik akan lebih cepat diingat ketimbang pesan yang rinci namun penuh dengan bahasa-bahasa teknis.

 

Sertakan “Call to Action”

Saat anda menulis copywriting iklan untuk promosi produk, hal apa yang minimal anda inginkan dari iklan tersebut? Yang jelas sudah pasti anda ingin agar calon pelanggan merespon iklan anda tersebut.

Salah satu cara untuk membuat calon pelanggan merespons iklan anda adalah dengan menyertakan kalimat persuasif yang bersifat ajakan untuk mengambil suatu tindakan, atau bahasa kerennya adalah “Call to Action.” Kalimatnya adalah seperti misalnya: Pesan sekarang, Klik di sini, Jangan sampai kehabisan, Hanya sampai tanggal xxxx dan lain sebagainya.

Call to Action merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah copywriting, yaitu berupa ‘instruksi’ yang anda inginkan kepada calon pelanggan untuk segera dilaksanakan. Biasanya, call to action menciptakan sebuah rasa ‘butuh’ di dalam pesannya dan kemudian menginstruksikan kepada calon pelanggan langkah apa yang selanjutnya harus diambil.

Call to action merupakan salah satu aspek terpenting dalam menulis copywriting. Dan sudah sepatutnya proses call to action dibuat untuk mempermudah langkah calon pelanggan mengambil tindakan atas respons mereka terhadap iklan anda. Anda telah bersusah payah membujuk mereka dengan mengikuti ketujuh langkah menulis copywriting sebelumnya. Sekarang, pastikan mereka merespon iklan anda dan yakinkan mereka untuk membeli produk yang anda tawarkan.

 

Jujur dalam menulis copywriting

Hal ini mungkin tampak sepele, namun di dalam menulis sebuah copywriting biasanya terdapat banyak kata-kata bombastis yang mungkin tampak sedikit berlebihan. Kata-kata tersebut biasanya menunjukkan janji-janji seperti kualitas produk yang istimewa, jaminan layan antar, harga murah, tanpa resiko, garansi uang kembali dan kata-kata lain yang sejenis. Lantas apa masalahnya?

Masalahnya adalah jika anda tidak mampu memenuhi SEBAGIAN BESAR janji anda tersebut. Ini akan langsung berdampak sangat buruk terhadap citra bisnis yang sedang anda bangun. Oleh karena itu, tulislah copywriting yang sanggup anda penuhi kepada pelanggan anda. Jika tidak, calon pelanggan dipastikan akan menuntut anda. Dan anda tentu tidak mau berurusan dengan hukum bukan?

 

Koreksi tulisan copywriting anda

Dan langkah terakhir dari menulis copywriting yang memukau adalah dengan mengkoreksi hasil copywriting anda. Materi promosi anda akan terlihat murahan jika terdapat banyak kesalahan kata atau kalimat yang tidak perlu.

Karena jika demikian, pelanggan akan menerjemahkan kecerobohan tulisan tersebut dengan kemungkinan bahwa bisnis anda tidak mampu memberikan produk atau layanan yang bermutu. Mereka akan berpikir bahwa jika perusahaan tersebut tidak ambil peduli terhadap kesalahan materi promosi yang dihasilkan, sudah barang tentu mereka tidak akan peduli dengan calon pelanggan yang membeli produk mereka.

Karenanya, lakukan koreksi atas semua materi promosi anda. Menulis copywriting yang memukau adalah dengan menghasilkan sebuah copywriting yang bebas dari kesalahan tulisan. Dan hal ini tentunya akan meningkatkan profesionalitas bisnis anda.

 

Demikianlah tips cara menulis copywriting yang benar dari kami. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain bahasan (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Copywriting Yang Benar"