Cara Menulis Copywriting Yang Benar
Cara Menulis Copywriting Yang Benar - copywriting merupakan kemampuan untuk mengolah kata serta ide
yang bertujuan untuk mempromosikan bisnis, ide, pendapat atau bahkan sosok
seseorang. Atau dengan kata lain, menulis copywriting bertujuan untuk
mempengaruhi pola pikir seseorang sehingga ia mau bertindak sesuai dengan
keinginan kita hanya dengan menggunakan kata-kata.
Agar penulisan copywriting menjadi
efektif dan mampu menyampaikan pesan kepada pelanggan atau konsumen sebuah
produk, diperlukan beberapa strategi penulisan, berikut adalah hal-hal yang
harus diperhatikan saat menulis copywriting yang benar
Tonjolkan Nilai Lebih dari produk anda
Apa yang dimaksud dengan nilai lebih atau
benefit? Secara singkat, benefit adalah nilai produk anda terhadap pelanggan.
Atau dengan kata lain, sebuah benefit adalah kemampuan sebuah produk untuk
membantu memecahkan permasalahan pelanggan anda.
Anda harus mampu menjelaskan keunggulan produk
anda dalam bentuk rangkaian kata dan sebab-sebab mengapa pelanggan harus
memilih produk anda dibandingkan membeli produk saingan. Jadi, anda harus
menulis copywriting yang menjelaskan benefit produk anda kepada para pelanggan
dan mengapa produk anda jauh lebih baik dibanding produk sejenis di pasaran.
Karenanya, sebelum menulis copywriting penting
bagi anda untuk mengetahui seluruh benefit yang terdapat dalam sebuah produk
yang akan ditawarkan agar anda mampu mengetahui keunggulan produk tersebut dan
mengapa ia merupakan solusi yang tepat untuk memecahkan permasalahan yang
dihadapi pelanggan.
Diferensiasi Produk Diantara Kompetitor
Penting untuk diketahui hal-hal apa saja yang
membedakan produk atau bisnis anda di peta persaingan. Dengan kata lain,
ketahui diferensiasi produk atau bisnis anda dibanding pesaing.
Setelah mengetahui diferensiasi produk yang
anda tawarkan dibanding produk sejenis lainnya, kemukakan alasan mengapa jika
membeli produk dari pesaing lainnya hanya akan menjadi suatu kesalahan besar.
Anda harus menulis copywriting yang menjelaskan kondisi tersebut agar pelanggan
anda mengetahui serta mengerti alasan yang anda kemukakan di atas.
Untuk menjalankan teknik ini, lakukan riset
yang mendalam terhadap peta persaingan. Tulis secara rinci
kekurangan-kekurangan yang menonjol dari produk sejenis lainnya. Dengan begitu,
anda akan mampu menulis copywriting yang menonjolkan kelebihan produk anda
secara alamiah dan meyakinkan kepada para pelanggan. Dengan teknik ini,
pelanggan akan lebih yakin untuk memilih produk atau jasa yang anda tawarkan
setelah membandingkannya dengan produk pesaing.
Riset
dan Amati Target Audiens
Pernahkah anda berpikir kira-kira berapa
banyak penawaran / iklan yang akan dilihat oleh pelanggan anda? Yang
jelas tidak semua penawaran / iklan di seluruh dunia ini akan dilihat oleh mereka. Hanya
penawaran yang benar-benar membuat mereka tertarik saja yang akan dilihat dan
dibaca.
Lantas, bagaimana caranya menulis
copywriting yang akan dilihat dan dibaca oleh calon pelanggan anda? Sebelum
melakukan hal tersebut anda harus terlebih dahulu mengetahui siapa target pasar
yang hendak anda bidik.
Misalnya anda berbisnis baju anak muda gaul
masa kini. Tentu tidak akan tepat seandainya anda mempromosikan baju anda
tersebut kepada perkumpulan pensiunan pegawai negeri sipil misalnya. Walaupun
anda sudah menulis copywriting yang luar biasa persuasif, namun hal itu tidak
akan banyak mendatangkan calon prospek bagi bisnis anda. Karena para pensiunan
tersebut sudah tentu tidak akan tertarik untuk membeli baju anda yang berdesain
kreatif dan gaul.
Karenanya, definisikan dengan jelas pasar
yang ingin anda bidik! Jika anda telah mengetahui karakteristik pasar tersebut,
copywriting yang anda tulis akan mampu mendatangkan prospek yang berkualitas.
Tentukan tujuan yang hendak dicapai
Sebelum anda menulis copywriting yang benar
untuk materi pemasaran dan penjualan anda, ketahui terlebih dahulu tujuan apa
yang ingin anda capai.
Artinya, hasil copywriting dari setiap materi
akan berbeda-beda tergantung dari tujuan yang ingin dicapai. Apakah anda
menulis copywriting untuk meningkatkan kesadaran merk produk anda terhadap
pelanggan, atau menawarkan potongan harga khusus, atau untuk mencari prospek
pelanggan baru.
Oleh karena itu, setiap menulis copywriting
anda harus membuat pesan yang hendak disampaikan bisa dimengerti oleh
pelanggan, yaitu bagaimana produk atau jasa yang anda tawarkan bisa membuat
hidup mereka menjadi lebih baik, atau menghemat uang mereka, meningkatkan
kualitas hidup mereka dan lain sebagainya.
Fokuskan pada Audiens Bukan “Anda”
Hal yang paling penting yang harus anda ingat
dalam menulis copywriting adalah memfokuskan tulisan anda untuk “mereka” dan
bukan untuk “anda”. Apa maksudnya?
Misalnya anda menulis copywriting yang
berbunyi sebagai berikut: “Melalui teknologi sistem penjualan kami yang
canggih dan terpadu, hanya dalam waktu 24 jam mobil siap diantarkan.” Atau: “Mulai
besok, mobil baru anda siap untuk digunakan.”
Kalimat pertama memfokuskan pada sisi bisnis
dari perusahaan anda. Sedangkan kalimat kedua langsung menuju ke sasaran
pelanggan yang dituju. Dengan kata lain, kalimat kedua berusaha untuk membangun
hubungan secara langsung kepada calon pelanggan. Karenanya, hal ini akan
bermakna lebih personal dan lebih efektif.
Ingat, usahakan untuk selalu menulis
copywriting yang bertujuan untuk membangun hubungan personal dengan pelanggan.
Karena , dengan cara tersebut pelanggan akan merasa produk atau jasa yang anda
tawarkan merupakan solusi yang tepat bagi masalah yang mereka miliki.
Tentukan dan pahami media yang akan digunakan
Saat hendak menulis copywriting untuk materi
promosi, satu hal yang harus anda ketahui bahwa media yang akan digunakan
tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda-beda sehingga memerlukan
perhatian dan penanganan yang berbeda pula.
Media yang digunakan bisa televisi, Youtube, radio,
surat kabar, majalah, media online, atau bahkan media sosial. Copywriting untuk media
televisi atau youtube tentu berbeda dengan radio, dimana televisi lebih menonjolkan visual
sedangkan radio atau
audio online mengandalkan kekuatan verbal.
Oleh karenanya, sesuaikan copywriting yang
anda tulis dengan media yang akan digunakan agar dapat menjaring calon
pelanggan yang tepat dan berkualitas.
Hindari Membombardir terlalu banyak informasi
Menulis copywriting yang baik dan efektif
tidak berarti membombardir calon pelanggan dengan berbagai macam informasi dari
produk yang anda jual. Memberikan informasi itu penting. Namun jika porsinya
berlebih tentu pesan yang hendak disampaikan tidak dapat diterima dengan jelas.
Untuk produk-produk tertentu yang memang
memerlukan informasi yang sedikit lebih detail dan teknis, maka hal tersebut
sah-sah saja. Tetapi anda harus ingat bahwa media tempat anda melakukan promosi
mempunyai kapasitas ruang yang terbatas dan berbiaya cukup mahal. Menulis
copywriting yang terlalu panjang sudah pasti akan menghabiskan banyak ruang dan
biaya. Pertanyaannya adalah, apakah hal tersebut efektif?
Jika anda menulis copywriting yang terlalu
detail kemungkinan besar calon pelanggan anda akan cepat melupakannya
dikarenakan terlalu banyak informasi yang harus dicerna. Oleh karena itu, anda
harus menulis copywriting sesederhana mungkin namun efektif dan tepat menuju
calon pelanggan yang anda bidik. Pesan yang sederhana namun dikemas dengan
kata-kata yang menarik akan lebih cepat diingat ketimbang pesan yang rinci
namun penuh dengan bahasa-bahasa teknis.
Sertakan “Call to Action”
Saat anda menulis copywriting iklan untuk
promosi produk, hal apa yang minimal anda inginkan dari iklan tersebut? Yang
jelas sudah pasti anda ingin agar calon pelanggan merespon iklan anda tersebut.
Salah satu cara untuk membuat calon pelanggan
merespons iklan anda adalah dengan menyertakan kalimat persuasif yang bersifat
ajakan untuk mengambil suatu tindakan, atau bahasa kerennya adalah “Call
to Action.” Kalimatnya adalah seperti misalnya: Pesan
sekarang, Klik di sini, Jangan sampai kehabisan, Hanya sampai tanggal xxxx dan lain sebagainya.
Call to Action merupakan salah satu elemen
penting dalam sebuah copywriting, yaitu berupa ‘instruksi’ yang anda inginkan
kepada calon pelanggan untuk segera dilaksanakan. Biasanya, call to action
menciptakan sebuah rasa ‘butuh’ di dalam pesannya dan kemudian menginstruksikan
kepada calon pelanggan langkah apa yang selanjutnya harus diambil.
Call to action merupakan salah satu aspek
terpenting dalam menulis copywriting. Dan sudah sepatutnya proses call to action
dibuat untuk mempermudah langkah calon pelanggan mengambil tindakan atas respons mereka
terhadap iklan anda. Anda telah bersusah payah membujuk mereka dengan mengikuti
ketujuh langkah menulis copywriting sebelumnya. Sekarang, pastikan mereka
merespon iklan anda dan yakinkan mereka untuk membeli produk yang anda
tawarkan.
Jujur dalam menulis copywriting
Hal ini mungkin tampak sepele, namun di dalam
menulis sebuah copywriting biasanya terdapat banyak kata-kata bombastis yang
mungkin tampak sedikit berlebihan. Kata-kata tersebut biasanya menunjukkan
janji-janji seperti kualitas produk yang istimewa, jaminan layan antar, harga
murah, tanpa resiko, garansi uang kembali dan kata-kata lain yang sejenis.
Lantas apa masalahnya?
Masalahnya adalah jika anda tidak mampu
memenuhi SEBAGIAN BESAR janji anda tersebut. Ini akan langsung berdampak sangat
buruk terhadap citra bisnis yang sedang anda bangun. Oleh karena itu, tulislah
copywriting yang sanggup anda penuhi kepada pelanggan anda. Jika tidak, calon
pelanggan dipastikan akan menuntut anda. Dan anda tentu tidak mau berurusan
dengan hukum bukan?
Koreksi tulisan copywriting anda
Dan langkah terakhir dari menulis copywriting
yang memukau adalah dengan mengkoreksi hasil copywriting anda. Materi promosi
anda akan terlihat murahan jika terdapat banyak kesalahan kata atau kalimat
yang tidak perlu.
Karena jika demikian, pelanggan akan
menerjemahkan kecerobohan tulisan tersebut dengan kemungkinan bahwa bisnis anda
tidak mampu memberikan produk atau layanan yang bermutu. Mereka akan berpikir
bahwa jika perusahaan tersebut tidak ambil peduli terhadap kesalahan materi
promosi yang dihasilkan, sudah barang tentu mereka tidak akan peduli dengan
calon pelanggan yang membeli produk mereka.
Karenanya, lakukan koreksi atas semua materi
promosi anda. Menulis copywriting yang memukau adalah dengan menghasilkan
sebuah copywriting yang bebas dari kesalahan tulisan. Dan hal ini tentunya akan
meningkatkan profesionalitas bisnis anda.
Demikianlah
tips cara menulis copywriting yang benar dari kami. Semoga bermanfaat dan
sampai jumpa lagi di lain bahasan (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Cara Menulis Copywriting Yang Benar"