Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Online Marketing dan Aplikasinya

Daftar Isi [Tampil]

 

Pengertian Online Marketing dan Aplikasinya

Pengertian Online Marketing dan Aplikasinya - Online Marketing adalah kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media Internet. Pada awalnya menggunakan halaman-halaman statis berformat HTML yang bisa diakses oleh pengguna Internet.

Itulah awal dari website yang kemudian menjadi semacam 'brosur online' dan bahkan ‘kantor kedua’ bagi perusahaan-perusahaan untuk menampilkan jati dirinya ke seluruh dunia. Pada perkembangannya online marketing tidak hanya menggunakan media website, namun juga email dan aplikasi-aplikasi lain yang berjalan di atas protocol Internet.

Saat ini online marketing telah jauh berkembang lebih pesat. Di saat orang-orang sudah mulai menggunakan aplikasi secara online, di situlah online marketing hadir. Banyak sekali format-format komunikasi pemasaran yang ada di berbagai platform online, mulai dari iklan interaktif, video, juga endorsemen.

Sebagai bagian dari kegiatan marketing dengan menggunakan media Internet, online advertising (periklanan di Internet) menjadi kajian yang menarik bagi para marketer khususnya dan dunia usaha umumnya.

Apa sebenarnya periklanan di Internet itu?

Pada awalnya periklanan di media Internet adalah memindahkan materi iklan yang sudah berjalan di media konvensional (televisi, majalah, surat kabar) ke dalam website. Namun pada perkembangannya, pemanfaatan karakteristik media Internet mampu memaksimalkan hasil yang didapat melalui aktivitas periklanan di Internet.

Hal tersebut menjadikan media Internet kini dipakai sebagai bagian dari bauran pemasaran (marketing mix) dengan pendekatan yang berbeda sesuai dengan karakteristik media dan target audiens yang ingin dicapai.

Aktivitas yang lazim dipakai dalam periklanan di media Internet adalah memasang banner (banner ad). Namun tuntutan komunikasi pemasaran yang makin kompleks tidak cukup hanya dengan cara seperti itu. Dibutuhkan strategi, kreatifitas dan pengukuran yang akurat serta mengkonvergensikan kemungkinan yang ada.

Misalnya, menggunakan strategi viral melalui media sosial, endorsemen selebrity, membangun situs khusus produk yang terpisah dari corporate site, merancang webtorial pages, membuat advert-gaming, mensinergikan dengan mobile marketing, online survey/polling dan strategi lainnya.

Online Marketing dengan SEO dan SEM

Selain aktivitas periklanan di atas, ada juga teknik periklanan yang lebih murah dan efisien, yaitu menggunakan mesin pencari (Search Engine Otimization). Dengan SEO, website akan mudah ditemukan di mesin pencari dan kemungkinan dikunjungi semakin tinggi karena saat ini 80% pengguna internet mencari data dengan memanfaatkan mesin pencari sebagai basis awal pencarian.

Strategi SEO ini tidak bisa dibangun dengan instan. Ada algoritma rahasia dari mesin pencari yang harus dipahami. Biasanya ada ahli tersendiri terkait dengan strategi SEO ini.

Pada dasarnya SEO adalah optimasi konten dan website. Jadi ada yang menyebut SEO on page dan SEO off page. SEO on page adalah optimasi konten yang diunggah sehingga mampu menjadikan konten berkualitas yang pada akhirnya dianggap penting oleh mesin pencari, serta yang lebih penting adalah relevan dengan kata kunci yang diinginkan oleh perusahaan.

Lain halnya dengan SEO off page, strategi SEO ini lebih menitikberatkan pada bagaimana konten ditampilkan secara cepat dan mudah terbaca oleh user, juga tak kalah pentingnya adalah berapa banyak situs lain yang merekomendasikan konten tersebut.

Lalu apa yang dimaksud dengan SEM. Bila SEO adalah singkatan dari search engine optimization, maka SEM adalah kependekan dari search engine marketing. Bila SEO merupakan optimasi di tangan konten kreator serta gratisan, maka SEM adalah jasa yang diberikan oleh pengelola search engine untuk menampilkan link konten kita dengan membayar sejumlah biaya tertentu.

SEM ini terkait dengan kata kunci yang menjadi target kita serta peluang konversinya. Setiap kata kunci punya harga yang berbeda-beda terkait dengan tingkat persaingan juga peluang konversinya.

Demikianlah sekelumit ulasan kami mengenai pengertian online marketing dan aplikasinya. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Pengertian Online Marketing dan Aplikasinya"