Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Jenis Komunikasi Pemasaran, Apa Saja ?

Daftar Isi [Tampil]

 

Jenis Jenis Komunikasi Pemasaran, Apa Saja ?

Jenis Jenis Komunikasi Pemasaran - Komunikasi adalah bagian yang sangat penting di dalam manusia menjalin suatu kerja sama atau percakapan. Dalam Artikel ini saya hendak menjelaskan arti dari Komunikasi Pemasaran. Tetapi sebelum masuk di dalam pengertian mengenai komunikasi pemasaran, baiklah kita mengerti apa arti dari komunikasi itu sendiri.

Komunikasi adalah proses melakukan pertukaran dan berbagi arti melalui sekumpulan simbol.

Komunikasi mengandung unsur-unsur penting yaitu :

       Sumber (source) à (penyampaian komunikasi)

       Pesan (message) à (sekumpulan symbol – symbol)

       Media à (saluran komunikasi)

       Penerima (receiver) à (pendengar / pemirsa sasaran)

       Tanggapan (response) à (sekumpulan reaksi)

 

Sementara berdasarkan jenisnya di bagi dapat dibagi dalam dua kategori yaitu :

1.      Komunikasi antar-pribadi (interpersonal communication) adalah komunikasi langsung bertatap muka antara dua orang atau lebih

2.      Komunikasi massa yaitu komunikasi yang merujuk pada komunikasi permirsa dalam jumlah besar


Untuk mengembangkan komunikasi yang efektif, maka langkah-langkah yang dapat kita ambil adalah :

a.      Mengidentifikasi khalayak sasaran  (target audience)

b.      Menentukan tujuan-tujuan komunikasi

c.      Merancang pesan

d.      Menyeleksi saluran-saluran komunikasi

e.      Menetapkan jumlah anggaran promosi

f.       Memilih bauran promosi

g.      Mengukur hasil-hasil promosi

h.      Mengelola dan mengkoordinasikan proses seluruh komunikasi pemasaran

 

Apa Saja Jenis Jenis Komunikasi Pemasaran

Setelah kita mengembangkan akan komunikasi yang efektif, kita juga perlu tahu bagian dari komunikasi pemasaran itu sendiri yang terdiri dari :

 

A.    Komunikasi produk

Komunikasi produk adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi / membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Di dalam komunikasi produk ada 3 unsur pokok yang harus kita ketahui yaitu : Pelaku Komunikasi yang menyampaikan pesan dan penerima, (terdiri atas pengirim), Material Komunikasi dan Proses Komunikasi.

 

B.    Promosi

Promosi adalah upaya untuk mengarahkan seseorang agar dapat mengenal produk perusahaan, lalu memahaminya, berubah sikap, menyukai dan kemudian akhirnya membeli dan selalu ingat akan produk tersebut.

Tujuan Utama Promosi adalah :

1.      Menginformasikan (informing)

2.      Membujuk pelanggan sasaran (persuasive)

3.      Mengingatkan (reminding)

Bauran Promosi kebanyakan strategi promosi menggunakan beberapa “ramuan” yang mungkin meliputi penjualan pribadi, pengiklanan, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat-untuk mencapai target pasar kombinasi tersebut dikenal dengan bauran promosi.

Faktor- faktor bauran promosi meliputi :

       Sifat Produk

       Tahapan dalam Daur Hidup Produk

       Karakteristik Target Pasar

       Jenis Keputusan Pembelian

       Dana yang Tersedia

       Strategi Push dan Pull

Cara  agar perusahaan dapat mengembangkan Program Pemasarannya adalah melalui:

1.      Iklan (advertising)

2.      Penjualan perorangan (personel selling)

3.      Promosi penjualan (sales promotion)

4.      Hubungan masyarakat (public relation)

Tahap-tahap mengembangkan bauran promosi :

1.      Menentukan tujuan-tujuan promosi

2.      Merancang Pesan

3.      Memilih saluran

4.      Menyiapkan Anggaran Perusahaan

5.      Memilih bauran promosi

6.      Mengevaluasi hasilnya

 

C. Periklanan

Periklanan merupakan sebuah bentuk promosi yang impersonal (iklan tidak bersifat memaksa audience untuk memperhatikan dan menanggapinya, karena merupakan komunikasi yang monolog) dan ia meliputi aktivitas mentransmisi pesan-pesan standar kepada sejumlah besar penerima pesan yang dijadikan sasaran.

Jenis-Jenis Iklan :

1.      Iklan merek (brand advertising)

2.      Iklan kerjasama (cooperative advertising)

3.      Iklan korporasi (institutional) (corporate-institutional-advertising)

Tujuan dari Iklan itu sendiri adalah : Membangun, Mengubah, dan Memperkuat kembali Sikap.
Fungsi utama dari Iklan :

1.       menginformasikan

2.       mempengaruhi

3.       mengingatkan

4.       menciptakan

Sifat sifat dari iklan :

       public presentation

       pervasiveness

       amplified expressiveness

       impersonality

Iklan dapat diklasifikasikan berdasarkan berbagai aspek, yaitu:

a. Aspek isi Pesan

       product advertising

       institutional advertising

b. Aspek Tujuan

       pioneering advertising (informative advertising)

       competitive advertising (persuasive advertising)

       Reminder advertising

       Media cetak

       Media elektronik

       Media Luar ruang


D. Personal Selling

Komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian akan mencoba dan membelinya.

Sifat sifat personal selling :

       Personal Confrontation

       Cultivation

       Response

Fungsi aktivitas personal selling

       Prospecting

       Targeting

       Communicating

       Selling

       Servicing

       Information gathering

       Allocating

Kriteria kriteria personal selling :

       Salesmanship

       Negotiating

       Relationship Marketing

 

E. Sales Promotion

Bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera dan atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.

Tujuan sales promotion:

1.      menarik pelanggan baru.

2.      mendorong pelanggan membeli lebih banyak.

3.      menyerang aktivitas promosi pesaing.

4.      meningkatkan impulse buying (pembelian tanpa rencana sebelumnya).

5.      mengupayakan kerja sama yang lebih erat dengan pengecer.

    
Sifat – sifat yang terkandung:

1.      Komunikasi

2.      Insentif

3.      Invitation (Undangan)

Jenis Sales Promotion:

1.      Kupon

2.      Diskon

3.      Sampel

Promosi penjualan dikelompokkan berdasarkan tujuan:

1.      Customer promotion

2.      Trade promotion

3.      Sales – force

4.      Business promotion

 

F. Public Relation

Public Relation adalah aktivitas untuk mempromosikan perusahaan atau produknya dengan memuat berita mengenai subjek itu tanpa dibayar oleh sponsor.

Sifat public relation yang utama:

1.      high credibility

2.      Offguard

3.      Dramatization

Kegiatan public relation meliputi hal hal berikut :

1.      Press Relations

2.      Product Publicity

3.      Corporate Communication

4.      Lobbying

5.      Counseling

Alat utama public relation :

1.      publisitas produk baru

2.      penempatan poduk

3.      pendidikan konsumen

4.      pensponsoran acara

5.      pensponsoran poko-pokok persoalan

6.      situs internet

 

G.  Direct Marketing

Direct marketing adalah system pemasaran yang bersifat interaktif yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur dan atau transaksi di sembarang lokasi. Dapat disebut juga penjualan langsung tanpa perantara.

Keuntungan bagi konsumen:

1.      Hemat waktu

2.      Dapat berbelanja secara rahasia

Keuntungan bagi penjual:

1.      Dapat memilih calon pembeli secara selektif

2.      Dapat menjalin hubungan jangka panjang dengan pelanggan

3.      Memperoleh peluang baru yang menguntungkan

 

Point of Purchase Communication

Merupakan display yang mendukung penjualan dengan tujuan :

1.      mendorong konsumen untuk mencoba produk.

2.      memberikan in-store support untuk alat promosi yang lain.

Bentuk bentuk display yang biasa digunakan:

1.      wire stand

2.      dumpers / dump bins

3.      dispencer packs / display outer

4.      display stands and cases

5.      trade figure

6.      small poster

7.      models

•    Keunggulan : memberikan penampilan produk yang baik.

•    Kelemahan :  sulit meminta pengecer untuk menempatkan produk pada tempat yang ramai dilalui pelanggan.

 

Kesimpulan Jenis Jenis Komunikasi Pemasaran

Promosi adalah suatu komunikasi informasi antara penjual dan pembeli yang bertujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku pembeli. Perusahaan akan melakukan promosi untuk menginformasikan target pemirsa, membujuk target pemirsa & mengingatkan kembali.

Alat yang digunakan Perusahaan untuk melakukan Promosi adalah :

       Iklan

       Penjualan perorangan

       Promosi penjualan

       Hubungan masyarakat

 

Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan mengenai jenis jenis komunikasi pemasaran (marketing). Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan. (bisnisan.id)

 

Posting Komentar untuk "Jenis Jenis Komunikasi Pemasaran, Apa Saja ?"