Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Etika-etika yang perlu dilakukan saat membeli jualan teman

Daftar Isi [Tampil]

 Etika-etika yang perlu dilakukan saat membeli jualan teman 




Dorongan untuk menawar harga memang sudah menjadi kebiasaan lazim dalam jual beli, tentu konsumen ingin mendapatkan harga lebih rendah dibandingkan harga normal. Namun adakalanya menawar sebaiknya tidak dilakukan secara terus-menerus, utamanya saat ada teman yang membuka usaha.


Anda pasti tahu istilah " Harga Teman" yang sering digunakan tameng beberapa orang saat temannya berjualan, berharap mendapat harga murah memang sah-sah saja tapi kita juga harus mengedepankan etika, agar penjual tetap mendapatkan untung sepadan:


Berikut ini adalah etika yang perlu dilakukan saat membeli jualan teman:



Jangan memaksa potongan harga


Memang anda memiliki hubungan emosional dan sosial dengan teman yang merintis usaha, alasan inilah yang biasanya dipakai agar mendapatkan diskon harga, sesekali masih wajar namun jangan dijadikan kebiasaan. Tentu ini akan merugikan usaha teman anda.


Baca juga: Memulai Bisnis dari Dunia Pendidikan, Jangan Minder !


Sebagai teman seharusnya saling dukung mendukung salah satunya dengan membeli dengan harga yang dipatok oleh teman anda, biarkan mereka juga mendapat untung yang semestinya. Untung tersebut bisa digunakan untuk biaya operasional bisnis.


Minta Gratisan


Ada banyak orang yang menyalahgunakan ikatan pertemanan termasuk dalam hal bisnis, bukan hanya meminta potongan harga namun juga meminta barang jualan secara gratis. Jangan sampai anda bersikap seperti ini termasuk pada teman. Harus dibedakan antara ikatan emosi dan profesional. Ketika teman berjualan, anda harus membeli dagangannya untuk mendapatkan barang.


Meminta potongan harga saja sudah membuat jualan rugi , apalagi kalau anda meminta gratis bisa jadi bisnis akan gulung tikar.


Berhutang dan menunda membayar


Perilaku yang seharusnya dihindari saat Bertrand dengan bisnis teman adalah kebiasaan berhutang dan menunda membayar. Biasanya hal ini terjadi karena faktor kedekatan, sehingga kita lebih berani berhutang pada teman. 


Ada banyak kasus hutang pada teman tidak kunjung dibayar dengan banyak alasan, dengan status " teman" malah banyak menyalahgunakan hal ini untuk kepentingan pribadi.


Menuntut Pelayanan Lebih


Etika lain yang perlu diperhatikan saat bertransaksi dengan bisnis teman adalah jangan menuntut pelayanan lebih. Biarkan mereka bekerja sesuai SOP yang sudah ditetapkan, orang yang membeli produknya bukan hanya kita, Oleh karena itu mereka harus bekerja profesional.


Contoh menuntut pelayanan lebih yaitu: menyerobot antrian agar cepat mendapatkan barang, bisa berhutang sebebas mungkin dan sejenisnya.


Membatalkan pesan secara mendadak


Bersikap profesional pada usaha teman juga harus dijadikan etika, contohnya hindari untuk membatalkan pesanan secara mendadak, apalagi saat produk sudah dibuat, ini jelas akan merugikan teman. Mereka sudah keluar biaya modal untuk membuatnya tapi tidak bisa mendapatkan untung.


Jika memesan produk skala besar, kita harus bisa membayar DP-nya terlebih dahulu, agar teman anda lebih semangat menyelesaikan jualannya.

Posting Komentar untuk "Etika-etika yang perlu dilakukan saat membeli jualan teman "