Bagaimana Cara Menyusun Skala Prioritas Sebagai Pebisnis ?
Bagaimana Cara Menyusun Skala Prioritas Sebagai
Pebisnis ? - Setiap orang selalu memiliki impian untuk
meraih kesuksesan. Demikian juga pelaku bisnis dan wirausaha,
mereka menginginkan bisnis yang dijalankan berkembang dengan cepat.
Berbagai cara dilakukan untuk meraih
kesuksesan, salah satunya dengan menyusun skala prioritas. Untuk mencapai
kesuksesan, seseorang harus dapat mengatur waktunya dan menyusun skala
prioritas sebaik mungkin. Namun, hal ini dirasa sulit karena dibutuhkan
kedisiplinan yang ekstra. Untuk itu inilah beberapa tips bagi anda agar anda
dapat meraih kesuksesan dengan menyusun skala prioritas.
Sebagai
wirausahawan,
sebaiknya anda menentukan mana skala prioritas yang paling tinggi. Kalau ditanya
mengenai apa keinginan kita maka, pasti jawabannya akan banyak dan berderet.
Namun, sebaiknya pilihlah salah satu saja yang paling anda inginkan.
Disinilah
kita perlu yang namanya menyusun skala prioritas, kemudian mengampil yang
paling diprioritaskan. Lalu, bagaimana cara menyusun skala
prioritas sebagai pebisnis ?
Misalnya kita memiliki impian untuk menjual
500 buah produk anda. Maka cobalah untuk membagi 500 buah produk tersebut dalam
waktu 12 bulan maka kita akan tahu berapa buah produk yang harus kita jual
untuk mewujudkan target tersebut.
Siapkan catatan untuk mencatat aktivitas yang
harus kita kerjakan. Catatlah aktivitas yang harus anda kerjakan baik itu
harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan sehingga kita bisa tahu target apa
yang harus dilaksanakan dan target apa yang sudah tercapai. Tugas apa yang
sudah selesai dan tugas apa saja yang belum selesai.
Lakukanlah rutinitas secara konsisten. Selain mencatat
setiap aktivitas, tentu hal ini harus dijalankan tidak hanya sekedar menjadi
catatan saja. Hal ini sangat penting karena untuk mencapai kesuksesan
dibutuhkan konsistensi dan tekad yang kuat, tidak hanya dalam waktu satu atau
dua hari saja bisnis kita akan sukses.
Ketika prioritas sudah dicatat dari yang
paling tinggi hingga yang paling rendah, maka tugas kita adalah menyelesaikan
setiap prioritas yang sudah dicatat. Sebaiknya selesaikan setiap prioritas satu
per satu dengan tuntas.
Setelah tuntas, barulah kita menyelesaikan
prioritas selanjutnya. Kita tidak harus mengikuti perencanaan namun, usahakan
agar keputusan yang anda ambil tidak mengganggu aktivitas agar semua dapat
selesai tepat pada waktunya.
Pelaku usaha tentunya tak lepas dari godaan.
Godaan terberat bagi para pelaku usaha untuk mencapai kesuksesan ialah
melalaikan prioritas awal yang sudah mereka tulis dan tentukan. Mereka sering
kehilangan fokus dan tergoda melakukan sesuatu di luar prioritas yang telah
dicanangkan.
Mulai sekarang berusahalah untuk menolak yang
bukan menjadi prioritas. Bagi waktu dengan efisien dan usahakan setiap
aktivitas yang kita kerjakan masih ada hubungannya dengan tujuan bisnis yang
ingin kita capai.
Demikianlah
apa yang bisa kami sampaikan mengenai bagaimana cara
menyusun skala prioritas sebagai pebisnis. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Menyusun Skala Prioritas Sebagai Pebisnis ?"