Bagaimana Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan ?
Bagaimana Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan ? - Kepuasan Pelanggan
menurut Kotler, seorang ahli pemasaran adalah tingkat perasaan seseorang
setelah membandingkan kinerja atau hasil yang ia rasakan dibandingkan dengan
harapannya.
Menurut Tjiptono, 1997, Kepuasan merupakan
tingkat perasaan konsumen yang diperoleh setelah konsumen melakukan/menikmati
sesuatu. Dengan demikian dapat diartikan bahwa kepuasan konsumen
merupakan perbedaan antara yang diharapkan konsumen (nilai harapan) dengan
situasi yang diberikan perusahaan (perguruan tinggi) di dalam usaha memenuhi
harapan konsumen.
Menurut Soelasih (2004; h 86) yang dimaksud
kepuasan pelanggan adalah bila nilai harapan sama dengan nilai persepsi.
1.
nilai harapan = nilai persepsi
konsumen puas
2.
nilai harapan < nilai persepsi
maka konsumen sangat puas
3.
nilai harapan > nilai persepsi
maka konsumen tidak puas
Dapat dikatakan bahwa kepuasan pelanggan
adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan pelanggan dapat
dipenuhi.
Mengapa Kepuasan Pelanggan Penting
Perkembangan dunia bisnis yang semakin pesat
membuat semakin beraneka ragamnya barang dan jasa yang ditawarkan oleh pasar
dan ini memberikan peluang bagi masyarakat untuk membeli produk dan jasa yang
sesuai dengan keinginannya. Tingkat persaingan dalam bisnis semakin
tinggi, sehingga para pelaku bisnis tidak lagi bisa hanya menjual produk tanpa
ada planning
dan strategi.
Pelaku bisnis harus mampu merebut hati
konsumen supaya bisnis mereka dapat berjalan terus bahkan memberikan keuntungan
yang diharapkan. Merebut hati konsumen dengan memberikan pelayanan yang
mampu memuaskan hati konsumen menjadi hal yang penting bagi suatu bisnis.
Bila konsumen atau pelanggan tidak puas maka
dapat dijamin 90 persen pelanggan yang tidak puas tidak ana membeli lagi produk
atau jasa yang ditawarkan. Bukan itu saja, pelanggan yang tidak puas akan
menceritakan kepada paling sedikit 9 orang lain mengenai ketidakpuasannya. Bisa
dibayangkan apa yang akan terjadi bila sebuah bisnis tidak memperhatikan
kepuasan pelanggan. Sekarang kita dapat memahami bukan betapa pentingnya
kepuasan pelanggan itu?
Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan
Ada banyak cara untuk mengukur kepuasan
pelanggan, kami mengutip dari tulisan Syafrizal Helmi USU sebagai
berikut:
1. Sistem Saran dan Komplain
Perlu sekali mengetahui pendapat dari konsumen
atau pelanggan mengenai produk dan jasa yang telah dibeli atau digunakan oleh
konsumen dan juga layanan yang diberikan oleh petugas garis depan, supaya
perusahaan dapat melakukan pembenahan sehingga menjadi lebih baik. Untuk
mendapatkan feedback
dari konsumen atau pelanggan biasanya perusahaan menyediakan layanan 24 jam
untuk customer care, dengan demikian customer dapat menyampaikan komplain atau
keluhan dan saran selama 24 jam. Ada juga yang menyediakan kotak saran.
2. Survey Kepuasan Pelanggan
Kalau sistim saran dan komplain,
perusahaan pasif hanya menunggu feed back saja, bila dalam survey, perusahaan
yang bergerak aktif mencari tahu dari konsumen atau pelanggan mengenai produk
atau jasa dan layanan yang diberikan dengan cara melakukan survey ke lapangan,
menyebarkan daftar pertanyaan, angket, kuesioner, wawancara
langsung, telephone call, dan lain-lain.
3. Mystery shopper
Perusahaan mengirim orang dalam atau
menggunakan jasa luar (outsource) untuk menjadi mystery shopper yaitu seseorang
yang berpura-pura menjadi seorang konsumen atau pelanggan dengan demikian akan
mendapatkan informasi mengenai bagaimana para karyawannya melayani pembeli,
menerima telepon pelanggan, menyelesaikan komplain dan keluhan lain dari
para pembeli.
4. Melakukan Analisa Pelanggan
Perusahaan secara periodik dapat
melakukan analisa mengenai pelanggannya mengapa pelanggan turun atau naik untuk
mengetahui penyebab-penyebabnya sehingga dapat melakukan pembenahan baik dalam
produk, jasa maupun layanan yang diberikan.
Nah, itulah
tadi ulasan sederhana kami mengenai bagaimana cara
mengukur kepuasan pelanggan. Selamat berbisnis dan salam sukses
selalu (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan ?"