Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertimbangkan Hal Berikut Ini Sebelum Pensiun

Daftar Isi [Tampil]

 Pertimbangkan Hal Berikut Ini Sebelum Pensiun




Apakah anda ingin mempertimbangkan pensiun dalam pekerjaan ? Apakah akan dilakukan dalam waktu singkat ini ? Tunggu jangan terlalu gegabah, karena anda perlu mempersiapkannya matang-matang.


Sebelum pensiun anda melakukan beberapa pertimbangan Terlebih dahulu seperti ketersediaan finansial dan sejenisnya. Untuk lebih lengkapnya Mengenai hal ini silahkan pertimbangkan hal ini:


Perencanaan Waktu Pensiun


Jenis pensiun umumnya dikenal 2 jenis yaitu pensiun normal dan pensiun pilihan sendiri. Pensiun normal dilakukan saat seseorang sudah mencapai batas umur maksimal sebuah pekerjaan, sementara pensiun pilihan sendiri biasanya dilakukan di usia dini dan atas pertimbangan pribadi.


Baca juga: 4 Cara Riset Hashtag Di Instagram


Rencanakan mana pensiun yang anda pilih dan buatlah angan-angan setelah pensiun nanti seperti apa. Apakah pindah rumah, apakah Menjadi pengusaha, berinvestasi dan semacamnya. Punya tujuan sebelum pensiun, akan membuat anda tidak kebingungan.


Membayar Hutang


Salah satu kewajiban yang harus dibayar sebelumnya pensiun adalah melunasi hutang, agar nantinya pengeluaran anda itu jadi lebih longgar. Tips ini harus diprioritaskan utamanya untuk orang yang sudah memasuki usia 40 tahun karena waktu produktivitasnya akan segera berkurang.


Pastikan Saat pensiun anda sudah tidak memiliki hutang. Agar bisa segera fokus merealisasikan rencana yang ingin dilakukan.


Menghitung lagi dana kebutuhan bulanan


Bagusnya, anda harus mulai menghitung jumlah dana pensiun saat awal memiliki penghasilan. Pertimbangkan untuk menabung/berinvestasi sebagai rencana jangka panjang. Dan hitung lagi jumlah kebutuhan secara berkala, karena setiap waktu jumlahnya pengeluaran akan berbeda.


Cocokan lagi antara jumlah dana pensiun dan jumlah pengeluaran bila bisa mencukupi, ini merupakan tanda yang bagus sebelum anda memutuskan pensiun.


Pindahkan dana pensiun ke instrumen investasi jangka panjang


Waktu-waktu menjelang pensiun alangkah baiknya untuk menyisihkan pendapatan untuk berinvestasi. Pindahkan dana pensiun pada instrumen yang rendah resiko, untuk meminimalisir votalitas perubahan harga yang tinggi. Investasi akan memperkuat keuangan dan memperbanyak aset, di masa depan Investasi juga akan meminimalisir resiko inflasi.


Anda harus memiliki target Keuntungan dalam Investasi, ketika angkanya sudah tercapai, Anda bisa mengambil keuntungan untuk memenuhi kebutuhan hidup.


Rutin Cek Saldo program dana pensiun


Jika anda adalah Karyawan di sebuah perusahaan, lazim untuk menerima hak tunjangan hari pensiun. Biasanya perusahaan akan menggandeng pihak ketiga seperti bank/perusahaan Asuransi dalam memanajemen dana ini. Atau ada juga perusahaan yang mendaftarkan program BPJS Ketenagakerjaan yang mencakup layanan Jaminan Hari Tua.


Saat mau pensiun anda harus melakukan cek Terhadap saldo dari layanan dana pensiun perusahaan. Pastikan lancar dan nominalnya sesuai dengan janji yang diberikan.







Posting Komentar untuk "Pertimbangkan Hal Berikut Ini Sebelum Pensiun"