Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Karakteristik Tipe Kepemimpinan Di Tempat Kerja, Yang Mana Diri Anda ?

Daftar Isi [Tampil]

 Mengenal Karakteristik Tipe Kepemimpinan Di Tempat Kerja, Yang Mana Diri Anda ?




Mungkin saja pada titik tertentu anda mendapat amanah untuk menjadi seorang pemimpin. Skill memimpin adalah sesuatu yang bisa diasah dan akan meningkat seiring dengan jam terbang. 


Bisa dimulai melakukan hal yang lebih sederhana dulu seperti: berbicara didepan umum, memimpin rapat, projek hingga memimpin sebuah separate. Tentunya setiap orang memiliki gaya kepemimpinannya masing-masing.


Untuk mengetahui hal lebih detail dengan Tipe-tipe kepemimpinan di tempat kerja simak artikel ini:


Kepemimpinan Demokratis


Tipe pemimpin ini menerapkan prinsip-prinsip demokrasi dalam setiap mengambil keputusan. Ia tak ragu melibatkan bawahannya untuk memberikan usul. Aspirasi Terbaik akan ia tampung sebagai bahan keputusannya. 


Baca juga: 4 Cara Riset Hashtag Di Instagram


Pemimpin demokratis menyukai keterlibatan semua elemen untuk menyampaikan pendapat. Dari sisi karyawan pun typikal pemimpin ini pun dikenal dekat dan bisa menjadi mentor.


Kepemimpinan Otokratis


Tipe kepemimpinan ini berbeda dengan demokratis. Jike pemimpin demokratis mau menerima masukan Karyawan, sementara pemimpin Otokratis akan memutuskan sesuatu tanpa campur tangan pendapat orang lain.


Pemimpin Otokratis Hanya berharap karyawan menjalankan tugas yang diberikan dan mau menerima keputusan atasan. Eksistensi budaya hegemonik perusahaan juga menjadi sebab kenapa tipe pemimpin ini masih dipertahankan.


Kepemimpinan Laissez - Faire


Laissez - Faire adalah kata yang memiliki arti " Biarkan mereka melakukan apa yang ia mau" . Kalau dihubungkan dengan sebuah karakter pemimpin, berarti merujuk pada pemimpin yang memberikan kebebasan dan mengamanahkan mayoritas kewenangan kepada bawahannya. Bahkan dalam menentukan arah kebijakan, pemimpin Laissez - Faire tanpa ragu meminta saran dari karyawan.


Tipe pemimpin Laissez - Faire acap kali ditemukan pada start up yang mengusung budaya kerja yang lebih santai. Dimana karyawan akan menikmati fleksibelitas berupa jam dan tempat kerja.


Kepemimpinan Strategis


Tipe kepemimpinan Strategis banyak diadopsi di banyak perusahaan dikarenakan beban tanggungjawab yang diberikan cukup luas termasuk didalamnya hal-hal yang berkaitan dengan eksekutif dan manajemen kondusifitas kerja.


Orang yang ditunjukkan sebagai pemimpin strategis harus memiliki kemampuan luas untuk merencanakan, memvisualisasikan, dan mengambil keputusan agar perusahaan berjalan secara efektif dan mencapai tujuan.


Kepemimpinan Transformasional


Tipe kepemimpinan transformasional adalah orang yang memiliki dorongan untuk melakukan terobosan. Mereka tak jarang mengubah konvensi perusahaan. Misalnya selain mengharap karyawan bekerja sesuai porsinya, pemimpin ini juga berharap karyawan mau meningkatkan skill-nya dan keluar dari zona nyaman.


Tipe kepemimpinan transformasional sangat diperlukan untuk perusahaan yang bergerak pada bidang " Inovasi" karena memiliki pemikiran baru. Namun bila keputusannya tidak bisa diikuti karyawan, ini akan menjadi senjata makan tuan.





Posting Komentar untuk "Mengenal Karakteristik Tipe Kepemimpinan Di Tempat Kerja, Yang Mana Diri Anda ?"