Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Bisnis Kerupuk Ikan Laut

Daftar Isi [Tampil]

 Cara Memulai Bisnis Kerupuk Ikan Laut





Ada sebagian orang yang mengidolakan kerupuk, bahkan ada yang merasa kurang kalau makan tidak memakan cemilan khas Nusantara ini. Rasanya yang mengunggah selera tidak mengesampingkan aspek gizi, khususnya untuk kerupuk yang terbuat dari ikan laut membuat kandungan proteinnya jadi tinggi.


Untuk ide usaha yang cocok pemula, kerupuk ikan laut patut jadi komoditas yang bisa diseriusi. Dari segi modal tak terlalu banyak, ketersediaan bahan melimpah dan pasar yang luas.


Penasaran ? Untuk detail membuka usaha kerupuk ikan laut simak artikel ini :


Keunggulan Usaha Kerupuk Ikan Laut


Untuk pemula tentunya bisa mencoba usaha ini karena modal tidak besar bahkan bisa dikerjakan secara rumahan. Bahan-bahan seperti ikan, telur dan bumbu dapur bisa didapatkan di pasar. 


Baca juga: 3 Kerugian Metode Pembayaran Shoppe COD bagi Penjual


Dari sisi ketahanan produk, kerupuk ikan laut bisa bertahan lama sehingga bisa diperdagangkan dalam lingkup lebih luas. Dan terakhir dari sisi pasar, kerupuk sudah menjadi ikon makanan masyarakat Indonesia selama bertahun-tahun, Sehingga konsumennya luas.


Tantangan dalam usaha kerupuk ikan laut


Produsen harus menjaga kualitas termasuk dalam proses pembuatan kerupuk ikan laut. Ikan yang diolah harus segar dan sudah halus, kemudian proporsi bumbu harus tepat untuk menghasilkan rasa yang enak. Pastikan pada saat penjemuran kerupuk harus kering 100 %, karena Kerupuk basah memicu terjadinya pembusukan.


Tantangan lain dari usaha ini dari sisi kompetitor, karena pangsa pasarnya luas pasti banyak pengusaha yang masuk dalam industri ini. Cara untuk memenangkannya adalah melakukan quality qontrol dari pemilihan bahan, proses pembuatan dan pengemasan. Kerupuk yang enak juga harus diimbangi dengan strategi promosi yang efektif.


Pengetahuan yang harus dimiliki pengusaha kerupuk ikan


Startnya bisa dimulai dengan mengenali bahan-bahan pembuatan kerupuk ikan laut, Tahu alat yang dipakai, belajar teknik pengolahannya, dan tahu cara pengemasannya. Dengan pengetahuan yang cukup, bisnis akan lebih cepat berkembang.

Bahan-bahan Pembuatan Kerupuk Ikan Laut


  • Ikan laut segar berjenis: tengiri, bandeng dan cakalang ¾ kilogram.

  • Tepung tapioka

  • Telur secukupnya

  • Garam

  • Bawang putih

  • Bawang merah

  • Ketumbar

  • Beberapa helai daun bawang


Alat pembuatan Kerupuk Ikan Laut


  • Panci

  • Pisau dapur

  • Kompor

  • Wadah

  • Alat pengaduk


Proses pembuatan Kerupuk Ikan Laut


1: haluskan daging ikan laut via blender atau ditumbuk. Kemudian campurkan dengan garam, gula, dan bumbu halus ( bawang putih/bawang merah )


2: tambahkan adonan tepung terigu dan telur secukupnya. Aduk sampai kalis.


3: bentuk adonan yang sudah memadat menjadi bentuk lontong, bulat dan memanjang 


4: adonan kerupuk dimasukkan dalam panci, kukus -+ 2 Jam 


5: setelah matang, angkat adonan dan diamkan


6: potongan tipis-tipis dan lakukan penjemuran  maksimal 3 Hari. Pastikan kering 100 %


7: Keripik ikan laut bisa dijual dalam keadaan mentah maupun matang.


Untuk modal yang diperlukan sekitar 6,5 Juta Rupiah untuk alokasi anggaran paling besar untuk pembelian daging ikan laut. Untuk pendapatan rasionya antara 8 - 13 Juta perbulan.



Kunci keberhasilan usaha kerupuk ikan laut


Seperti yang dijelaskan di awal seorang pengusaha harus memastikan quality control, sehingga Kerupuk yang diolah bisa diterima masyarakat luas. Kerupuk yang enak akan menciptakan rasa jatuh cinta pada penikmatnya. Untuk pemasaran, anda bisa menawarkan pada pemilik usaha rumah makan, katering atau orang yang memiliki hajatan, pastinya mereka membutuhkan kerupuk sebagai pelengkap hidangan utama.



Semoga tips di atas bisa membantu





Posting Komentar untuk "Cara Memulai Bisnis Kerupuk Ikan Laut"