Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Strategi Branding Untuk Usaha Kecil

Daftar Isi [Tampil]

 5 Strategi Branding Untuk Usaha Kecil





Ada stigma yang mengatakan bahwa Membangun branding hanya efektif dilakukan oleh usaha berskala besar padahal kenyataannya tidak seperti itu. Branding yang lekat dengan usaha meningkatkan reputasi produk juga perlu dilakukan oleh usaha-usaha berskala kecil.


Memang sih melakukan branding memerlukan sejumlah biaya yang dalam kasus tertentu sangat besar. Namun dengan perencanaan yang matang, branding tetap bisa dilakukan dengan dana yang hemat .


Mau tau strategi branding untuk usaha kecil ?


Tentukan Identitas Brand


Branding adalah bagaimana cara perusahaan memperlihatkan citra dan visi misinya, baik melalui logo, Slogan, iklan dan produk yang mereka miliki. Untuk usaha kecil branding bisa dilakukan apabila anda tahu jati diri dari bisnis yang dikembangkan. Apa yang membedakan usaha dengan kompetitor lain. Apa yang dilakukan untuk meraih tujuan bisnis.


Baca juga: Cara Memperluas Networking Untuk Fresh Graduate


Identitas tersebut yang nantinya 

diterangkan dalam branding. Walaupun usaha anda sederhana, tetapi bila ada elemen " Unik", masyarakat akan cepat menerimanya.


Pilihlah Nama Memorable


Memiliki nama Brand adalah bagian dari strategi meningkatkan reputasi produk. Karena menurut majalah Forbes, nama adalah bagian penting untuk menanamkan kesan pada konsumen, rata-rata orang mendapatkan " First Impression" hanya dalam waktu 10 detik saja. Oleh karena memilih nama usaha tidak boleh sembarangan.


Pilihlah Nama yang mengandung pesan positif, Sesuai dengan usaha yang dijalankan dan mudah diingat. Kombinasi dari hal tersebut, akan meningkatkan rasio keberhasilan promosi brand.


Perbaiki Segi Visual


Aspek visual merupakan sesuatu yang perlu di maksimal dalam branding.  Dari sisi font tipe serif cocok di implementasikan pada iklan-iklan fisik ( brosur, pamflet, spanduk , dll) sementara fons sans serif lebih bagus diaplikasikan dalam media online.


Untuk logo buatlah visualnya yang menggambarkan tentang bisnis yang anda buat. Misalnya anda berbisnis aksesoris olahraga, logo bisa dibuat dengan unsur gambar bola, raket, atau cameo orang berolahraga.


Terapkan logo dalam kemasan produk, media sosial hingga kop surat, agar impact branding terasa.


Buatlah Content Marketing


Memiliki dana terbatas adalah sesuatu sering terjadi dalam merintis usaha kecil. Namun hal itu bisa diatasi dengan membuat content marketing, cara ini memiliki keefektifan untuk meningkatkan branding.


Content marketing bisa berbentuk tulisan, gambar atau video yang bisa dilihat oleh pengguna platform media sosial. Content yang bagus akan menjadi langkah awal dalam memperkenalkan sebuah produk. Conten marketing juga meningkatkan reputasi dari sebuah brand itu sendiri.



Aktif Di Media Sosial


Branding dengan media sosial adalah sesuatu yang semakin masif dilakukan, cara ini bisa dilakukan usaha berskala kecil karena tidak memerlukan biaya yang besar. Menurut data yang dibeberkan oleh Statista, tercatat lebih dari 2 Milyar orang menggunakan media sosial untuk keperluan belanja. Inilah yang menjadi alasan kenapa, sebuah usaha harus menggunakan media sosial untuk promosi produk.





Posting Komentar untuk "5 Strategi Branding Untuk Usaha Kecil"