Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Inovasi Teknologi Yang Menghemat Pengeluaran Bisnis

Daftar Isi [Tampil]

5 Inovasi Teknologi Yang Menghemat Pengeluaran Bisnis





Kemutakhiran teknologi terus berlaju pesat seiring dengan majunya peradaban manusia. Hal ini dibuktikan semenjak pandemi covid 2019 yang sudah berjalan kurang lebih 2 tahun. Teknologi mampu merevolusi kegiatan industri. Perusahaan-perusahaan baik yang berskala kecil dan besar, mulai mengadopsi teknologi untuk mempercepat proses produksi, distribusi hingga menekan budget pengeluaran, sehingga mereka bisa bertahan dalam situasi sulit.


Mau tau teknologi apa saja yang berperan dalam menghemat pengeluaran usaha ? Silakan simak artikel berikut ini:


Webinar


Webinar atau kepanjangannya adalah web based seminar adalah sebuah teknologi yang memungkinkan seseorang untuk melakukan seminar via jarak jauh dengan bantuan internet. Ini bisa menjadi alternatif untuk membagikan pelajaran, berbagi pengalaman atau kegiatan promosi tanpa mengeluarkan uang ekstra untuk sewa gedung, katering, kursi dan sebagainya.

Baca juga: 4 Perasaan Negatif Yang Membuat Orang Sulit Menjaga Keuangan

Webinar bisa dilakukan dengan media laptop, kamera, dan jaringan internet. Aplikasi-aplikasi untuk mendukung kegiatan ini juga banyak tersedia di internet contohnya Zoom dan Go ToWebinar.


Cloud Computing


Teknologi selanjutnya yang dapat menghemat pengeluaran bisnis adalah cloud Computing. Dengan teknologi ini, anda bisa menyimpan, mengedit dan membuka data secara online.  Tentu ini bisa jadi pilihan untuk mengamankan dokumen penting, karena cloud Computing sangatlah aman. Anda tidak perlu repot-repot menyediakan kertas, lemari, printer atau mesin fotocopy. Karena menyimpan data dalam cloud Computing tidak memerlukan itu semua. 


Memang untuk mengakses cloud Computing dikenakan biaya tapi itu sebanding dengan manfaat yang dirasakan. Kita tidak perlu lagi membayar tim penyimpanan dokumen, karena semuanya sudah diatur oleh penyedia aplikasinya.


Artificial intelegence


Merupakan kecerdasan buatan yang bisa membuat komputer mampu menjalankan mesin tanpa campur tangan manusia. Teknologi ini juga merevolusioner industri bisnis secara keseluruhan. Artificial intelegence membuat semua pekerjaan menjadi otomatis. 


Salah satu penerapannya adalah fitur chat bot, registrasi , pencatatan dan pengaturan pembayaran. Tentunya teknologi ini bisa mengatasi keluhan human error yang kerap terjadi sebelumnya.


Software CRM


Software CRM memiliki fungsi untuk mempermudah promosi, interaksi antar perusahaan dan merekatkan komunitas dengan pelanggan. Selama beberapa tahun kebelakang, inovasi ini terus berkembang dan mendapat sambutan hangat dari pelaku usaha. Software CRM tentu memiliki kelebihan berupa ekonomis dan kerjanya yang efektif dalam meningkatkan konektivitas dari perusahaan ke perusahaan lain dan perusahaan kepada konsumen. Pemakaian software CRM menekan budget secara signifikan dan meningkatkan peluang loyalitas dari pelanggan .


Telekonferensi


Inovasi hemat pengeluaran selanjutnya yang membuat manusia bisa terhubung meski berbeda jarak adalah telekonferensi. Teknologi sering digunakan untuk berkomunikasi dengan client, memaparkan ide kepada Investor dan urusan bisnis lainnya. 


Telekonferensi semakin populer semenjak pandemi covid 2019 melanda dunia. Teknologi ini dianggap mampu mengatasi kebutuhan manusia untuk tetap terhubung meski tidak bertemu secara fisik.



Posting Komentar untuk "5 Inovasi Teknologi Yang Menghemat Pengeluaran Bisnis"