Model Evaluasi Dalam Riset Bisnis
Model Evaluasi Dalam Riset Bisnis – Setiap bisnis pasti tidak lepas dari riset atau penelitian. Baik itu riset untuk memulai sebuah bisnis, analisis target konsumen, sampai penelitian pengembangan produk.
Nah, salah satu komponen penting dalam riset
bisnis adalah evaluasi. Setiap evaluasi bertujuan untuk memperbaiki apa yang
telah kita kerjakan yang muaranya adalah peningkatan kualitas dan kapabilitas
perusahaan agar kepastian keberlanjutannya lebih terjamin.
Model model Evaluasi Riset Bisnis
Evaluasi dapat dilakukan dengan beberapa
model. Tayibnapis (2000) berhasil mengumpulkan empat model, yaitu model CIPP,
UCLA, Brinkerhoff, dan Countenance. Untuk tujuan praktis akan dipaparkan salah
satu model evaluasi, yaitu evaluasi model UCLA. Model UCLA yang ditemukan oleh
Alkin (1969) menggolongkan evaluasi ke dalam lima macam, yaitu sebagai berikut:
—
System assessment, yaitu evaluasi yang memberikan informasi tentang keadaan atau posisi
suatu sistem. Contohnya dalam hal penyelesaian penerapan sistem promosi yang
barn di perusahaan. Hasil evaluasi dengan menggunakan model ini antara lain
dapat menunjukkan posisi terakhir dari seluruh elemen sistem yang tengah
diselesaikan.
—
Program planning, yaitu evaluasi yang membantu pemilihan aktivitas-aktivitas dalam
program tertentu yang mungkin akan berhasil memenuhi kebutuhannya. Untuk contoh
program promosi, kiranya model ini dapat dipakai untuk memilih
aktivitas-aktivitas promosi yang terbaik. Setelah terpilih, aktivitas-aktivitas
tersebut direalisasikan dalam satu kesatuan program promosi.
—
Program implementation, yaitu evaluasi yang menyiapkan informasi apakah program sudah
diperkenalkan kepada kelompok tertentu yang tepat seperti yang direncanakan.
Dalam contoh program promosi, model ini dimaksudkan untuk mengevaluasi,
misalnya apakah program promosi yang dilaksanakan telah sesuai dengan
segmentasi, target, dan posisinya di pasar.
—
Program improvement, yaitu evaluasi yang memberikan informasi tentang bagaimana program
berfungsi, bagaimana program bekerja, bagaimana antisipasi masalah-masalah yang
ada dan dapat mengganggu pelaksanaan kegiatan. Dalam contoh program promosi,
model ini dimaksudkan untuk menilai proses pelaksanaan promosi, apakah berjalan
dengan baik dan sesuai dengan rencana, bagaimana penanggulangan masalah jika
masalah ekonomi timbul dalam implementasinya.
—
Program certification, yaitu evaluasi yang memberikan informasi mengenai nilai atau manfaat
program. Dalam contoh program
promosi, model ini dimaksudkan untuk mengevaluasi apakah ini berdampak pada
konsumen potensial, yaitu makin tertarik untuk membeli produk, atau makin
mendorong konsumen untuk berlangganan.
Dengan pemahaman yang baik mengenai konsep dan
beberapa model mengenai evaluasi dalam riset bisnis, diharapkan pembaca
memiliki gambaran yang jelas ketika hendak melakukan riset evaluasi.
Permasalahan manajemen yang perlu
ditindaklanjuti melalui suatu pengambilan keputusan cukup banyak dan cukup
kompleks. Dengan contoh-contoh sederhana mengenai beberapa permasalahan dalam
bidang pemasaran di atas kiranya diharapkan muncul inspirasi untuk melakukan applied
research (riset aplikasi) untuk bidang lainnya.
Sekian dulu tulisan ringkas ini semoga
bermanfaat dan salam sukses selalu untuk bisnis Anda dari bisnisan.id.
Posting Komentar untuk "Model Evaluasi Dalam Riset Bisnis"