Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Teknik Cara Untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Daftar Isi [Tampil]

Beberapa Teknik Cara Untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis - Bisnis yang berkembang adalah bisnis yang menguntungkan. Diperlukan berbagai strategi agar bisnis terus menghasilkan keuntungan dan tidak hanya itu, keuntungan bisnis diharapkan terus meningkat. Berikut ini beberapa teknik yang bisa kita lakukan sebagai cara untuk meningkatkan keuntungan bisnis :

Beberapa Teknik Cara Untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis


1. Mengurangi Biaya

Langkah pertama yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan keuntungan usaha adalah melakukan beberapa usaha untuk mengurangi biaya. Biaya yang besar biasanya menjadi masalah bagi keuntungan bisnis karena beban biaya yang besar akan membuat keuntungan usaha semakin menipis atau bahkan malah lebih besar biaya dibanding keuntungan yang diperoleh.

Pengurangan biaya menjadi hal yang wajib dilakukan ketika kita ingin meningkatkan keuntungan usaha. Saat awal menjalani bisnis, usahakan agar efisien dalam menggunakan modal yang dimiliki. Buatlah program pengurangan biaya selama periode tertentu. Program ini perlu dikomunikasikan ke tim dan karyawan agar dilakukan oleh tim yang terlibat.

PENERAPAN

Ada banyak contoh yang bisa dilakukan untuk mengurangi biaya misalnya :

a.       Pengurangan biaya listrik.

b.       Pengurangan biaya promosi (dari brosur cetak menjadi online).

c.       Pengurangan biaya distribusi (penerapan reseller).

d.       Pengurangan biaya SDM (partnership atau outsource).

e.       Pengurangan biaya produksi (penggunaan alat yang efisien).

f.        Pengurangan biaya gedung atau sewa lainnya.

 

2. Membuka Pasar yang Baru

Cara untuk meningkatkan keuntungan bisnis ini bisa dilakukan jika memang penetrasi marketnya sudah demikian tinggi sehingga produk mengalami kesulitan dalam meningkatkan profit perusahaan dan pada saat yang bersamaan produk yang dijual juga sudah maksimum menjangkau market share-nya.

Dengan kondisi inilah, kita pebisnis mencoba untuk membuka pasar yang baru untuk menjual produk kita. Harapan dari strategi ini adalah kita bisa meningkatkan keuntungan bisnis berkelanjutan melalui strategi penjangkauan daerah baru.

PENERAPAN

a.       Membuka cabang baru untuk area komersial yang baru (misalnya mall, sentra bisnis, dll).

b.       Membuka cabang baru di daerah yang baru.

c.       Membuka toko online baru untuk daerah tertentu.

 

3. Meningkatkan Jumlah Pelanggan Baru

Cara selanjutnya untuk meningkatkan profit usaha adalah meningkatkan jumlah pelanggan baru. Calon konsumen atau yang dikenal dengan istilah leads merupakan gerbang awal untuk menghasilkan konversi penjualan. Intinya jika keuntungan ingin meningkat maka kita perlu meningkatkan jumlah leads nya.

Ketika jumlah leads (calon konsumen) meningkat dan semakin besar, maka harapannya adalah peningkatan pada keuntungan bisnis. Sebagai pebisnis kita perlu memperhatikan konsep ini. Keuntungan bisnis kita akan stagnan jika calon pembeli kita tidak banyak. Oleh sebab itu, sangat penting untuk meningkatkan calon pembeli.

PENERAPAN

a.       Melakukan promosi secara berkala.

b.       Membuat kampanye marketing.

c.       Menyebar brosur untuk area tertentu.

d.       Menambah biaya marketing.

e.       Menggunakan media baru untuk menambah leads misal social media & internet marketing.

 

4. Meningkatkan Jumlah Pembelian Per Pelanggan

Konsep strategi ini merupakan alternatif jitu sebagai cara untuk meningkatkan keuntungan atau profit bisnis. Intinya kita bisa meningkatkan keuntungan bisnis tidak hanya dari pembeli baru (terjadi penjualan baru).

Kita juga bisa meningkatkan penjualan dari pelanggan lama kita. Pelanggan lama merupakan orang yang sudah memiliki kepercayaan kepada kita, karena itu menjadi lebih mudah untuk mendapatkan pembelian dari pelanggan lama daripada yang baru. Pelanggan lama ini nantinya akan kira dorong untuk meningkatkan jumlah pembelian.

PENERAPAN

a.       Meningkatkan frekuensi pembelian. Kita bisa meningkatkan frekuensi pembelian pelanggan dalam jangka waktu tertentu. Kalau saat ini pelanggan membeli 1 tahun sekali, tingkatkan menjadi satu tahun 2 kali.

b.       Misalnya pasta gigi berkampanye untuk sikat gigi 2-3x sehari, tujuannya adalah tidak hanya untuk kebersihan gigi dan mulut, tetapi juga untuk meningkatkan pembelian per pelanggan.

 

Nah itu tadi Sob, beberapa teknik atau cara untuk meningkatkan keuntungan bisnis yang bisa dijadikan pilihan. Mana menurut Anda yang terbaik sesuai dengan situasi serta kondisi yang dihadapi. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk bisnis Anda (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Beberapa Teknik Cara Untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis"