Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Arti Reseller Dropship Online ? Simak Penjelasan Dan Cara Kerjanya

Daftar Isi [Tampil]
reseller

Apa arti Reseller Dropship Online? Mungkin diatara sobat masih ada yang mempertanyakan hal ini sehingga sobat masuk ke artikel bisnisan.id kali ini. Sekarang ini banyak trend bisnis tanpa modal. Ya, salah satunya dengan menjadi seorang dropshipper atau seorang reseller. Namun sebelum Anda terjun ke dalamnya, Anda wajib banget mengetahui lebih dalam beserta bagaiamana cara kerjanya. 

Hal ini akan bermanfaat sekali buat sobat yang sedang mencari-cari ide bisnis namun modal minim. Namun bukan berarti tanpa modal sama sekali ya. Karena minimal Anda harus modal alat setidaknya handphone atau PC/Laptop dan pastikan semua itu terkoneksi dengan internet.

Jangan sampai Anda menganggur, karena ini ada peluang bagus untuk Anda turut ambil bagian. Karena kenyataannya hasil dari seorang dropshipper sukses bisa melebihi gaji seorang karyawan dengan jabatan tinggi. Namun harus tahu juga bagaimana cara sukses di dalamnya mengingat persaingan juga sangat tinggi.

Apa Arti Reseller Dropship Online?

Arti dari reseller atau dropship adalah kegiatan menjual barang orang lain dengan menjadi perantara, tanpa melakukan stock barang dan mengambil untung. Artinya Anda akan menjadi jembatan yang menguntungkan buat Anda. Jembatan antara penjual asli dengan kosumen. Anda membantu menjualkan produk dari penjual dan mengambil untuk dari produk yang terjual.

Istilah reseller dan dropshipper sekarang ini hampir sama. Kalau dulu dropship tidak stock barang, namun reseller stock barang. Namun semakin berkembang sampai sekarang reseller dan dropshiper menjalankan peran sama yakni keduanya bisa menjual tanpa stock barang.

Kenapa Memilih Menjadi Reseller atau Dropshipper?

Kenapa sekarang ini semakin banyak saja orang yang terjun ke dalam dunia reseller dan dropship? Anda beberapa alasan mengenai hal ini, antara lain sebagai berikut :

  • Lapangan pekerjaan semakin sulit, dengan menjadi reseller seseorang bisa langsung menghasilkan uang
  • Ingin mempunyai bisnis namun tidak memiliki modal, dan dengan menjadi reseller dan dropship bisa langsung memulainya dengan nyaris tanpa modal
  • Merupakan peluang bisnis yang mendatangkan untung besar
  • Mudah untuk dijalankan siapa saja dan dari mana saja, tanpa harus melalui proses yang berbelit-belit.

Saya rasa beberapa alasan diatas adalah alasan utama mengapa sekarang semakin banyak orang yang terjun ke dalam dunia reseller dan juga dropship. Meskipun begitu tidak semuanya sukses, karena memang persaingan yang cukup tinggi dan sulit untuk dimenangkan. 

Cara Kerja Sistem Reseller dan Dropship

Baiklah sobat, kita akan bahas lebih dalam lagi mengenai cara kerja dari seorang reseller atau dropshipper guna mendapatkan keuntungan atau penghasilan. Urut-urutannya adalah mulai mendaftar jadi reseller, mulai berjualan atau promosi, pejual mendistribusikan barang, dan reseller atau dropshipper mendapatkan keuntungan. Agar lebih jelas kita bahas satu persatu, antara lain : 

1. Mendaftar dan Menjalin Kerjasama sebagai Reseller/Dropshipper

Langkah awal adalah Anda mendaftar menjadi dropshipper atau mendaftar menjadi reseller kepada pihak penjual atau pemilik produk.

Sebagai contoh Anda ingin menjadi reseller baju. Maka langkah yang Anda tempuh adalah mencari grosir atau pedagang baju yang besar, lengkap dan murah. Ajak untuk bekerjasama dan tawarkan diri Anda untuk menjadi reseller mereka.

Biasanya akan ada banyak pedagang yang mau ketika ada reseller yang bergabung. Karena secara otomatis mereka juga bertambah untuk tenaga penjualnya.

Anda lakukan kerjasama dan pastikan beberapa program dan perjanjian sistem kerjasama  Anda dengan mereka. Beberapa perjanjian yang harus Anda bahas antara lain : 

  • Pembahasan harga yang lebih murah dari pasaran
  • Sistem pengiriman yang mencantumkan nama Anda. bukan nama penjual
  • Bagaimana sistem pengambilan untung

2. Mulai Melakukan Promosi Dan Penjualan

Setelah Anda sudah menjalin kerjasama dengan pedagang besar tertentu. Maka Anda sudah siap pastinya dengan produk dan harga yang Anda dapatkan. Langkah selanjutnya adalah melakukan promosi untuk mencari dan menemukan pembeli. 

Disinilah perjuangan sebenarnya seorang reseller baru dimulai. Anda bisa memaksimalkan proses promosi untuk menjangkau sebanyak mungkin orang agar ada sebanyak mungkin yang membeli produk Anda. 

Promosi bisa Anda tempuh dengan banyak cara. Jika Anda menjadi seorang reseller online shop, maka Anda bisa melakukan promosi dan penjualan melalui banyak tempat. Mulai di berbagai marketplace, media sosial, membuat website sendiri dan yang lainnya.

3. Penjual melakukan Pengiriman Barang

Setelah Anda berhasil mendapatkan pembeli, maka pedagang akan mengirimkan produknya kepada pembeli. Seorang pedagang yang benar pasti mereka akan mengirim produk tersebut atas nama toko Anda, bukan dengan nama toko mereka.

Disinilah harus ada kerjasama yang baik antara seorang reseller dengan seorang pedagang. Ketika reseller sudah berhasil mendapatkan pembeli. Maka pedagang harus segera melakukan proses pengiriman. Karena bagaimanapun juga kecepatan pelayanan akan membantu mempromosikan brand toko online Anda.

4. Reseller/Dropship Mendapatkan hasil atau Keuntungan

Setelah serangkaian proses diatas sudah selesai, maka seorang reseller baru akan mendapatkan hasi. Hasil yang Anda dapatkan tentu saja sesuai dengan perjanjian yang Anda buat. Apakah Anda sebelumnya akan mendapatkan komisi atau menentukan keuntungan Anda sendiri. 

Meskipun terlihat gampang dan remeh, namun kenyataannya menjadi reseller dan dropship tidaklah semudah itu. Apalagi Anda harus bersaing dengan ribuan bahkan puluhan ribu pedagang lain di market online. 

Maka strategi pemasaran dan pelayanan yang terbaik harus Anda mainkan. Baik dari segi kualitas produk, kualitas pelayanan dan yang gak kalah penting adalah dari segi harga. 

Asalkan Anda tekun dalam menjalankan bisnis. Mampu mengumpulkan pelanggan sebanyak mungkin. Bisa jadi reseller dan dropshipper adalah jalan Anda untuk menjadi jutawan. 

Sekian penjelasan kali ini mengenai Apa arti reseller dan dropship online, beserta cara kerjannya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda. Demikian yang dapat saya sampaikan dan terima kasih telah berkunjung ke situs belajar bisnis.

Posting Komentar untuk "Apa Arti Reseller Dropship Online ? Simak Penjelasan Dan Cara Kerjanya"