Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Menghemat Uang Pribadi Agar Tak Boros

Daftar Isi [Tampil]

6 Cara Menghemat Uang Pribadi Agar Tak Boros - Bagaimana sih caranya menyisihkan pendapatan untuk menabung ? Bagaimana sih tips agar keuangan tetap terjaga ?, . Pastinya kita ingin uang kita dalam keadaan stabil. Untuk mencukupi kebutuhan hidup. Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat uang.

6 Cara Menghemat Uang Pribadi Agar Tak Boros

Selama ini banyak orang beranggapan menghemat uang bukanlah hal yang mudah. Namun sebenarnya kita melakukannya dengan kiat-kiat cara menghemat uang pribadi agar tak boros berikut ini:

 

Mendaftar Program Tabungan Berencana

Agar uang bisa tersimpan, sisihkan untuk menabung, karena ada pepatah " Menabung Pangkal Kaya". Kita bisa ikut program tabungan berencana yang biasanya diselenggarakan oleh bank. Mulai dengan nominal kecil dulu. Misalnya sebulan menabung 100 ribuan. Mengikuti tabungan berencana tentu solusi yang aman, karena dilindungi oleh pihak bank.

Terkadang kalau menabung di rumah ada godaan untuk mengambil lagi, lain halnya kalau uangnya disimpan pada bank. Hasrat untuk mengambil uang akan lebih terkontrol.

 

Belanja dengan Uang Cash

Biasakan berbelanja dengan uang tunai, karena akan membuat pengeluaran lebih hemat. Memakai kartu kredit memang fleksibel namun godaan untuk menggunakannya sangat besar. Pasalnya kartu kredit sering digunakan untuk belanja di mall, restoran dan tempat-tempat mahal lainnya. Kita juga akan terhindar dari saldo rekening bank yang berkurang.

 

Kumpulkan Uang Kembalian

Jangan salah mengumpulkan kembalian  bisa jadi langkah tepat untuk menghemat uang. Biasanya kita mendapat uang kembalian dari jajan, belanja kebutuhan pokok dan lainnya. Sisihkan uang kembalian pada tempat khusus. Tidak masalah bila nominalnya hanya kecil, asal rutin disisihkan bisa menjadi banyak.

Hal ini juga bisa dilakukan siapa saja dan kapan saja, menghemat uang tidak perlu cara ribet, asal kita niat melakukannya pasti ada jalan.

 

Jangan mau kembalian berupa permen

Terkadang kita sering mendapat kembalian permen, sebaiknya kita menolaknya. Bukan karena pelit melainkan agar keuangan kita tetap terjaga. Lakukan cara ini sesekali, terutama bila kita sering berbelanja di toko. Walaupun cuma 500 perak, uang ini tetap berarti bila dibutuhkan untuk menambah uang kebutuhan sehari-hari.

 

Cari Penawaran Diskon

Untuk mengontrol pengeluaran, terutama saat membeli barang-barang. Kita bisa mencari barang yang tengah didiskonkan. Hal ini bisa dilakukan untuk menahan hasrat belanja yang sering tidak terkontrol. Potongan harga dari produk diskon tentu bisa jadi pilihan ekonomis. Pastikan barang yang dibeli adalah barang yang bermanfaat agar tidak mubazir.

 

Bawa bekal makan dari rumah

Tips ini bisa diterapkan untuk pekerja kantoran, pelajar atau mahasiswa. Salah satu penyebab yang membuat uang jadi boros adalah jajan. Jadi kita bisa menyikapi hal itu dengan membawa bekal dari rumah. Buat menu makanan yang kita suka dan perhatikan komposisi gizinya. Kebiasaan ini bila dibiasakan tentu akan mengurangi beban pengeluarannya kita.

  

Itulah tadi tips 6 cara menghemat uang pribadi agar tidak boros dari kami. Selagi bisa, kumpulkan modal sebanyak-banyaknya untuk memulai atau mengembangkan bisnis. Salam sukses selalu dari bisnisan.id.

Posting Komentar untuk "6 Cara Menghemat Uang Pribadi Agar Tak Boros"