Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Manajemen Keuangan Saat Awal Bulan, Biar cepat kaya

Daftar Isi [Tampil]

Tips Manajemen Keuangan Saat Awal Bulan, Biar cepat kaya - Awal bulan biasanya dompet dipenuhi dengan lembaran uang. Baru gajian biasanya jadi momen untuk jajan, Hang out, shopping dan pengeluaran lainnya. Godaan-godaan seperti ini banyak dialami orang. Hingga tanpa sadar keuangan kembali defisit dan goals-goals masa depan tak kunjung terwujud.

 

Tips Manajemen Keuangan Saat Awal Bulan, Biar cepat kaya

Perlu komitmen untuk mewujudkan sistem keuangan yang baik. Bagaimana cara kita mengelola gaji di awal bulan akan menentukan arah keuangan kita selanjutnya. Memprioritaskan kebutuhan utama dan mengesampingkan sementara ego untuk hal yang tidak perlu, ini adalah kunci mengembangkan keuangan.

Lalu seperti apa tips manajemen keuangan di awal bulan ? Silakan simak artikel berikut ini.

Evaluasi pengeluaran bulan lalu

Langkah pertamanya adalah evaluasi, mengetahui arus masuk dan keluarnya uang setiap bulannya. Menyusun jurnal tentang pengeluaran terkecil hingga terbesar. Semakin kita tahu arus uang, ini akan membantu untuk menyusun rencana kedepan. Jurnal keuangan bisa digunakan sebagai tools untuk mengetahui kesehatan finansial.

Jurnal keuangan akan membuat pengeluaran lebih ideal. Memastikan bahwa uang yang dibelanjakan memang untuk kebutuhan penting dan bukan untuk hal boros. Yang penting adalah niat dan konsistensi. Jurnal keuangan adalah tools berguna untuk menghemat uang.

 

Utamakan Pos-pos Prioritas

Pengeluaran Semakin besar bila kita banyak kebutuhan. Seorang lajang tentu memiliki pengeluaran lebih sedikit bila dibandingkan yang sudah menikah. Seorang mahasiswa tentu berbeda pengeluarannya dengan yang bekerja. Menentukan skala prioritas adalah jawaban untuk membuat keuangan jadi ideal.

Buatkan catatan berupa kebutuhan mulai dari kebutuhan berbiaya kecil hingga yang berbiaya besar. Evaluasi pos-pos yang dirasa boros dan alihkan pada kebutuhan prioritas. Misalnya mengurangi shopping untuk menambah biaya pendidikan. Prioritaskan sesuatu yang penting seperti biaya makan, rumah tangga, kesehatan dan sekolah.

Alokasikan dana darurat

Kita tak pernah tahu apa yang terjadi di masa depan, utamanya bila terjadi hal-hal yang tak di inginkan. Sebagai langkah preventif, kita perlu menyisihkan uang untuk dana darurat. Terlebih di masa Pandemi yang tak kunjung usai ini. Kita perlu memilih biaya kesehatan.

Mempersilahkan dana darurat, membantu kita bersiap untuk menerimanya risiko terburuk. Kita tidak perlu menggunakan dana dari pos lain, karena sudah punya alokasi uang darurat.

Tahan godaan untuk shopping, jajan yang tidak perlu jika tidak punya uang ideal. Terkadang orang memikirkannya gaya Karena gengsi, padahal memiliki keuangan terbatas.

Investasi

Langkah terakhir agar keuangan di awal bulan terjaga adalah investasi. Investasi memiliki manfaat jangka panjang. Aset yang kita miliki akan bertambah dan menanggulangi resiko inflasi yang terjadi setiap tahunnya. Ada banyak instrumen investasi yang bisa dicoba seperti saham, Reksadana dan cryptocurrency.

Apalagi di era digital ini, investasi bisa dilakukan via gadget dan sudah banyak yang teregulasi di Bappepti.

  

Demikianlah beberapa tips manajemen keuangan saat awal bulan dari bisnisan.id, biar cepat kaya dan sukses selalu buat Anda.

Posting Komentar untuk "Tips Manajemen Keuangan Saat Awal Bulan, Biar cepat kaya"