Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji 1 Juta, Pelajari 9 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Berikut Ini

Daftar Isi [Tampil]

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang benar, meskipun dengan gaji 1 juta namun harus tetap cukup untuk kebutuhan 1 keluarga. Lalu bagaimana cara mengaturnya? Mungkin diantara Anda sekarang ada yang sedang mengalami permasalahan ini. Yang jelas ini tidak mudah untuk zaman sekarang. Namun tetap bisa asal tahu cara yang benar. 

Yang namanya rumah tangga pastilah kebutuhan cukup tinggi. Apalagi jika sudah memiliki seorang anak yang mulai masuk bangku sekolah. Hampir dibilang tidak mungkin cukup. Tapi bagaimana lagi jika Anda menghadapi masalah tersebut ya harus bisa mengatasinya dengan baik. 

Kalau masih tinggal di desa saya rasa masih mudah mengaturnya. Dengan catatan makan dan minum sehari-hari bisa dari sawah dan kebun. Namun jika tinggal dikota dan semuanya harus beli, ini yang agak sulit. 

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 1 Juta 

cara mengatur keuangan rumah tangga

Baiklah sobat, kali ini bisnisan.id bakalan menjelaskan apa saja yang perlu dilakukan dalan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta, antara lain sebagai berikut : 

1. Gunakan Sebagian Gaji Untuk Beli Bahan Makanan 

Mudah-mudahan tidak banyak dari sobat yang mengalami hal ini. Karena gaji satu untuk satu keluarga lumayan sulit untuk biaya hidup satu keluarga. Tapi bukan berarti tidak mungkin. Karena diluaran sana ada yang berhasil survive dengan gaji 1 juta. 

Pertama-tama belilah bahan makanan kala gajian tiba. Gunakan 100.000 sampai dengan maksimal 300.000 ribu rupiah. Yakni untuk membeli beras, dan beberapa jenis lauk yang bisa tahan lama. 

Jangan mikir untuk gaji segitu. Minimal satu keluarga sudah bisa makan saja bersyukur kan. 

2. Ajari Anak Dan Suami Untuk Membawa Bekal Saat Sekolah Dan Kerja 

Hindari untuk jajan diluar, dan makan hanya dari masakan rumah. Makanya anak dan suami bila sekolah dan kerja bisa membawa bekal. Untuk khusus makanan bekal ini sediakan 100 hingga 200 ribu untuk membeli bahannya dan masak dirumah. 

Ini mungkin saja untuk dilakukan. Asalkan mau makan dengan sederhana yang penting makan. Dengan membeli beras untuk sebulan dan lauk seperti telur dan juga lauk tahu tempe saya yakin cukup.  

3. Tunda Semua Pengeluaran Yang Tidak Penting 

Berhemat adalah kunci utama agar gaji Anda yang 1 juta tersebut cukup. Jadi tundalah semua pengeluaran sekunder dan tersier yang sempat Anda rencanakan. 

Tunda juga kegiatan-kegiatan wisata atau kegiatan lain yang bisa memunculkan pengeluaran lebih. Gaji 1 juta gak akan cukup kalau Anda terlalu banyak keinginan dan tidak bisa menahan diri. Jadi ya usahakan untuk prihatin dan banyak dirumah terlebih dahulu. 

4. Rajin Berburu Promo Dan Gratisan 

Berburu promo merupakan sebuah langkah terbaik jika penghasilan Anda pas-pasan. Bisa mencari informasi promo di supermarket atau bisa juga di toko online. 

Biasanya akan ada promo setiap tanggal atau jam-jam tertentu di marketplace. Manfaatkan promo tersebut dengan baik. Karena biasanya dengan beberapa puluh ribu rupiah saja bisa dapat barang mahal. 

Selain berburu promo ikuti juga beberapa undian dan juga giveaway berhadiah. Siapa tahu Anda beruntung dan bisa mendapatkan sejumlah tambahan uang yang akan membantu menutupi kebutuhan dalam rumah tangga Anda. 

5. Utamakan Sistem Belanja Hemat Bulanan 

Sistem belanja hemat juga harus bisa Anda terapkan guna mencukupi kebutuhan bulanan. Sebagai contoh dalam membeli peralatan MCK dan sejenisnya. Belilah dalam ukuran besar yang biasanya jauh lebih murah. 

Kemudian dalam membeli beras, lauk dan kebutuhan lainnya. Usahakan untuk berbelanja di grosir yang besar. Biasanya akan menghemat lumayan banyak keuangan Anda. 

Lalu lakukan belanja bulanan tersebut sekali dalam sebulan. Jadi sekali belanja pastikan cukup untuk kebutuhan sebulan. Karena kalau sampai harus berkali-kalo belanja biasanya total hitungan akan habis lebih banyak. 

6. Jalankan Program Diet Sehat Agar Hemat 

Kala penghasilan Anda menurun, bahkan hingga 1 juta perbulan. Ini kesempatan Anda untuk melakukan diet sehat. Selain demi kesehatan ini juga akan menghemat pengeluaran lumayan banyak. 

Karena untuk melakukan diet pastinya porsi makan akan berkurang, lebih hemat. Dan juga Anda akan menghindari makanan-makanan mahal seperti daging yang lainnya. Tentu saja semakin hemat pengeluaran Anda. 

Diet sehat mengutamakan untuk makan dengan sayur. Dan harga sayur pun cukup murah untuk dibeli di tukang sayur. 

7. Perbanyak Berpuasa 

Ketika gaji Anda cuma 1 juta, maka jangan cuma mengeluh. Ini juga merupakan kesempatan yang bagus untuk sering berpuasa. Terutama untuk Anda yang beragama islam. 

Berpuasa akan menjadikan pahala untuk Anda. Selain itu juga membantu Anda menghemat keuangan. Dan yang luar biasa lagi rejeki orang yang berpuasa biasanya akan lebih lancar. 

Jadi nikmatilah masa-masa sulit Anda untuk ingat dan mendekat dengan Tuhan. Tambah kuat imannya, tambah sehat dan siapa tahu setelah itu Anda akan mendapatkan kelancaran rejeki yang lebih baik. 

8. Lakukan Kerjasama Keuangan Yang Baik Dalam Satu Keluarga 

Cara yang selanjutnya adalah lakukan kerjasama yang baik dengan semua anggota keluarga yang ada. Untuk apa? tentu saja untuk berhemat bersama. 

Karena biasanya dalam 1 keluarga ada yang sudah hemat, namun ada yang tiba-tiba membuat boros keuangan. Jadi saling pengertian, saling mengingatkan dan saling memahami menjadi sangat penting kala keuangan sulit. 

Selama satu keluarga dalam rumah tangga Anda bekerja sama dengan baik. Maka penghasilan berapapun akan bisa lebih mudah untuk diatur. Terutama untuk saling mengalah dalam hal belanja sesuatu dan saling berbagi. 

9. Mulai Mencari Penghasilan Tambahan Dan Merubah Keadaan 

Cara yang ke 9 adalah mulailah rubah keadaan rumah tangga Anda. Apa iya Anda ingin keluarga hidup dengan gaji 1 juta terus menerus? Sekarang mungkin cukup, bulan depan mungkin cukup. Tapi kalau ada kebutuhan darurat yang muncul pasti akan sulit terpenuhi. 

Jadi buat yang bekerja bisa mulai berfikir bagaimana meningkatkan gaji tersebut. Entah itu dengan cara kerja lembur atau dengan menjalankan bisnis lainnya. Terus berjuang sampai gaji Anda menjadi 2 juta, 3 juta dan lebih banyak lagi nantinya. 

Hikmah yang bisa diambil sangatlah besar jika Anda pernah mengalami masa-masa sulit seperti ini. Gaji 1 juta namun harus mencukupi satu keluarga. Pasti sulit, apalagi di zaman sekarang ini semua seba mahal. 

Tapi jika Anda berhasil keluar dari masa sulit tersebut. Maka Anda akan mempunyai pengalaman yang sangat berharga. Selain itu Anda juga bisa lebih bersyukur nantinya. Dan hal berharga seperti ini gak bakal di dapatkan oleh mereka yang jarang kekuragan. 

oke sobat, saya kira cukup untuk materi kali ini mengenai cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta. Mudah-mudahan buat Anda yang mengalaminya bisa tetap survive dan bisa melewatinya dengan baik. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Gaji 1 Juta, Pelajari 9 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Berikut Ini"