Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lebih Untung Mana Investasi Emas Batangan atau Perhiasan ?

Daftar Isi [Tampil]

Lebih Untung Mana Investasi Emas Batangan atau Perhiasan ? Investasi adalah topik yang sedang dibicarakan akhir-akhir ini. Terlebih dengan adanya pandemi ini. Membuat banyak orang mencari cara untuk mempertahankan keuangannya dari risiko krisis ekonomi.

 

Lebih Untung Mana Investasi Emas Batangan atau Perhiasan ?

Sebenarnya investasi bukanlah hal baru, jika sekarang bentuknya seperti crypto currency, Reksadana dan saham, dulu orang-orang berinvestasi pada tanah, dan logam mulia. Seperti emas atau perhiasan, meskipun sama-sama hasil logam mulia, hasil investasi dari keduanya sangatlah berbeda.

Untuk lebih mengenal tentang investasi emas dan perhiasan silakan simak artikel berikut ini:

 

Tentukan Tujuan Berinvestasi

Jangan terburu-buru investasi sebelum memilki rencana jelas. Menurut Dirut TRFX Garuda Berjangka baiknya untuk tujuan jangka panjang adalah berinvestasi emas batangan, kenaikan harganya akan kelihatan dalam medio 5 - 10 tahun setelah pembelian. Investasi emas cocok untuk mempertahankan nilai aset dari inflasi.

Sementara untuk tujuan jangka pendek disarankan investasi perhiasan seperti kalung dan cincin. Gunakan Modal bebas agar tidak mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Karena investasi memiliki resiko untung dan rugi.

 

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas dan Perhiasan

Jika sudah punya tujuan, langkah selanjutnya adalah mencari tahu tentang kelebihan dan kekurangan investasi emas dan perhiasan. Bila dibandingkan dengan investasi saham, tentu pergerakan nilai emas lebih stabil dan tidak memerlukannya analisis terlalu dalam.

Investasi emas juga memiliki kecenderungan naik setiap tahunnya. Namun kelemahan adalah waktu tunggunya. Karena volatilitas harganya yang rendah, membuat emas perlu waktu bertahun-tahun agar bisa mendapatkan profit maksimal.

Baik emas dan perhiasan baik memang untuk kebutuhan jangka panjang, karena kenaikan harganya lebih perlahan-lahan. Bila ingin yang multifungsi, pilihannya adalah investasi perhiasan. Ada macamnya seperti liontin, cincin atau jam. Semakin besar kadar karatnya harganya juga semakin mahal.

Namun besaran harga perhiasan dan logam mulia tentu berbeda, lebih mahal logam mulia karena kemurniannya menyentuh persentase 100 %.

 

Pada intinya mau investasi emas batangan atau perhiasan memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing. Keduanya cocok untuk perencanaan keuangan jangka panjang. Namun memiliki perbedaan seperti pada nilai estetika dan harga beli dan jualnya.

 

Jadi, Lebih Untung Mana Investasi Emas Batangan atau Perhiasan ? Tentunya Anda sudah bisa menentukan sendiri. Selamat berinvestasi dan semoga sukses juga sehat selalu (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Lebih Untung Mana Investasi Emas Batangan atau Perhiasan ? "