Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis untuk Pensiunan yang Paling Menjanjikan

Daftar Isi [Tampil]

Ide Bisnis untuk Pensiunan - Usia bukan menjadi penghalang bagi seseorang untuk memulai bisnis atau usaha. Bagi Anda yang seorang pensiunan, masih bisa kok memulai usaha dan mengembangkannya hingga berhasil. Anda bisa memilih bisnis atau usaha yang bisa dilakukan di rumah. Selain untuk mengisi kesibukan selama masa pensiun, hal ini juga bisa mengontrol kondisi keuangan.

Ada banyak ide bisnis rumahan yang bisa dipilih dan pastinya sangat mudah untuk dijalankan. Beberapa jenis usaha tidak membutuhkan modal yang besar, namun keuntungan yang bisa didapat lumayan besar. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi ide bisnis untuk pensiunan yang paling mudah dan menjanjikan bisa Anda pilih.

rekomendasi ide bisnis untuk pensiunan yang paling menjanjikan


5 Ide Bisnis untuk Pensiunan yang Paling Menjanjikan

1. Budidaya Ikan

Budidaya ikan sudah menjadi salah satu usaha rumahan yang populer dijalankan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Tidak perlu membuat tambak yang luas dan berlokasi di pesisir pantai. Cukup memanfaatkan lahan di pekarangan rumah, Anda sudah bisa menjalankan bisnis menguntungkan satu ini.

Anda bisa memilih untuk membudidayakan ikan konsumsi atau ikan hias. Atau memilih untuk membudidaya dengan tujuan konsumsi atau pembibitan saja. Jika memilih jenis ikan konsumsi, beberapa pilihan jenis ikan yang bisa dipilih untuk dibudidaya seperti ikan lele, gurame, nila, dan gabus. Sementara untuk ikan hias, seperti ikan cupang, koi, gabus hias, pelati, ikan balon, ikan emas dan lain sebagainya.

2. Usaha Bibit Tanaman

Jika Anda lebih suka dengan bisnis yang berkaitan dengan tanaman, memilih memulai usaha bibit tanaman bisa dijadikan pilihan. Apalagi sekarang ini tren tanaman hias sedang tinggi di kalangan masyarakat.

Selain tanaman hias, Anda juga bisa memilih untuk menjual bibit buah-buahan. Bisnis satu ini masih sangat menjanjikan untuk diterapkan di masa modern seperti sekarang ini. Apalagi jika Anda sangat paham betul dalam dunia pembibitan dan pemupukan tanaman, pasti lebih mudah dijalankan.

3. Beternak Hewan Pedaging

Salah satu bisnis yang tidak akan pernah ada matinya yakni beternak. Ada banyak pilihan hewan yang bisa Anda jadikan bisnis ternak. Misalnya saja yang paling mudah adalah tenak unggas, seperti ayam, bebek, puyuh, mentok, hingga angsa. Anda bisa memilih untuk beternak unggas untuk dijual daging atau telurnya, atau bisa juga untuk pembibitan saja.

Selain unggas, Anda juga bisa memilih untuk beternak sapi, kambing, domba hingga kuda. Sekarang sudah ada yang namanya pakan konsentrat yang diklaim bisa membuat hewan ternak cepat gemuk meski tanpa rumput hijau.

4. Usaha Toko Kelontong

Pilihan ide bisnis menjanjikan bagi pensiunan berikutnya adalah membuka usaha toko kelontong. Bisnis semacam ini memang membutuhkan modal yang lumayan besar, akan tetapi pendapatan yang dihasilkan juga sama besarnya. Pasalnya, produk yang dijual di toko kelontong merupakan produk yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Jika memang Anda tidak memiliki modal yang besar, maka bisa menjalin mitra dengan brand tertentu. Misalnya saja SRC yang menjadi solusi terbaik bagi seseorang yang ingin memulai usaha toko kelontong.

5. Usaha Tanaman Hidroponik

Tren mengonsumsi sayuran sehat sedang naik daun untuk saat ini. Terlebih lagi kesehatan memang menjadi nomor satu yang harus dijaga oleh setiap manusia. Anda bisa menjadikan kondisi ini sebagai peluang bisnis dengan menjalankan usaha budidaya tanaman atau sayuran dengan sistem hidroponik.

Sayuran yang didapat dari hasil hidroponik ini harganya jauh lebih mahal dibandingkan sayuran biasa. Meski demikian, peminatnya sangat banyak dan saingannya terbilang masih sedikit. Beberapa jenis sayuran yang bisa Anda tanam dengan sistem hidroponik seperti, sawi, selada, kangkung, bayam dan lain sebagainya.

Itu tadi beberapa rekomendasi ide bisnis untuk pensiunan yang paling menjanjikan untuk Anda jalankan. Semoga informasi di atas bermanfaat. Salam sukses selalu (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Ide Bisnis untuk Pensiunan yang Paling Menjanjikan"