Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis di Bidang Pertanian dan Tanaman Paling Menjanjikan

Daftar Isi [Tampil]

Ide Bisnis di Bidang Pertanian - Ada yang bilang lebih baik menjalankan bisnis sendiri dibandingkan harus bekerja menjadi karyawan di usaha orang lain. Karena pada bisnis sendiri kita lah yang menjadi bosnya. Akan tetapi, menjalankan bisnis atau usaha sendiri perlu strategi dan ilmu khusus agar usaha tersebut bisa berkembang dan sukses.

Ide Bisnis di Bidang Pertanian dan Tanaman Paling Menjanjikan


Bagi Anda yang saat ini sedang mencari usaha yang tepat untuk dijalankan, salah satu bidang usaha yang bisa dijadikan pilihan yakni bisnis pertanian dan tanaman. Meskipun terkesan jadul, akan tetapi usaha di bidang pertanian ini tidak akan ada matinya dan bahkan sangat menjanjikan. Berikut ini ada beberapa ide bisnis di bidang pertanian dan tanaman yang bisa Anda jadikan pilihan.

5 Ide Bisnis di Bidang Pertanian dan Tanaman Paling Menjanjikan

1. Bisnis Tanaman Hias

Tanaman hias sedang menjadi tren di kalangan masyarakat saat ini, di mana peminatnya sudah sampai di kalangan artis. Bahkan bisnis satu ini dibilang tetap menjanjikan meskipun di masa pandemi seperti sekarang ini. Anda bisa memanfaatkan peluang untuk menjalankan usaha tanaman hias tersebut.

Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa dipilih untuk dibudidayakan dan dijual. Mulai dari tanaman hias jenis daun, tanaman hias bunga, bonsai, kaktus mini dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Bisnis Tanaman Organik

Tanaman organik berarti pembudidayaannya tidak menggunakan bahan kimia sama sekali, melainkan menggunakan bahan alami. Mulai dari pupuk, media tanam hingga perawatannya. Tanaman organik ini sendiri bisa berupa tanaman buah ataupun sayuran.

Namun, yang paling banyak diminati adalah sayuran hijau yang ditanam secara organik. Untuk menanamnya Anda bisa menggunakan media tanah atau dengan sistem hidroponik. Sayuran hidroponik ini sendiri biasanya memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan sayuran biasanya.

3. Bisnis Bibit Tanaman

Semakin banyak orang yang tertarik untuk bertani atau berkebun, hal ini tentunya akan memperbesar peluang Anda dalam usaha pembititan tanaman. Berbagai jenis bibit tanaman bisa Anda jual, mulai dari bibit tanaman hias, bibit sayuran, bibit buah-buahan, hingga bibit tanaman yang dimanfaatkan batang kayunya.

Bisnis semacam ini tidak akan terpengaruh oleh pandemi yang menyulitkan banyak kalangan. Justru trennya semakin meningkat, sehingga memperbesar peluang Anda untuk sukses di bidang pembibitan tersebut.

4. Bisnis Tanaman Obat

Selain sayuran dan buah, Anda juga bisa memulai bisnis tanaman obat yang pastinya masih punya daya minat yang cukup tinggi di kalangan masyarakat. Apalagi dari dulu hingga sekarang masyarakat Indonesia khususnya lebih percaya dengan obat herbal dibandingkan dengan obat dari bahan kimia.

Ada banyak jenis tanaman obat yang bisa Anda tanam dan jual nantinya. Mulai dari jahe, temulawak, daun sirih, kumis kucing, kunyit, kencur, cabe jawa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Bisnis Pupuk dan Media Tanam

Dan ide bisnis di bidang pertanian dan tanaman yang terakhir yakni dengan membuka toko yang menjual pupuk dan benih tanaman. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan produk media tanam yang juga sangat dibutuhkan oleh banyak orang, khususnya di daerah perkotaan.

Sediakan pula obat-obatan tanaman yang bervariasi sebagai opsi lain bagi para petani untuk mengatasi masalah yang terjadi pada tanamannya.

Itu tadi beberapa rekomendasi ide bisnis di bidang pertanian dan tanaman yang bisa Anda jadikan pilihan. Semoga informasi di atas bermanfaat. Sampai jumpa lagi dengan bisnisan.id.

Posting Komentar untuk "Ide Bisnis di Bidang Pertanian dan Tanaman Paling Menjanjikan"