Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

Daftar Isi [Tampil]

 

Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga - Sebagai ibu rumah tangga, ada berbagai hal yang meski kamu pikirkan. Salah satunya adalah masalah keuangan. Masalah satu ini terbilang sangat sulit untuk diatasi ya, apalagi jika ternyata kondisi keuangan kamu sekeluarga limit, alias lebih besar pasak daripada tiang. Maka, sebagai seorang ibu rumah tangga, kamu dituntut untuk terus bisa berpikir kreatif demi memenuhi dan menutup kekurangan dari pendapatan yang ada.

Sebagai seorang ibu rumah tangga yang bijak, kamu bisa mengakalinya dengan cara memulai bisnis. Jika kamu bingung hendak memulai bisnis apa, maka kamu bisa menjalankan beberapa apa ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang ada di bawah ini ya.

Ide bisnis yang cocok bagi ibu rumah tangga

Nah, selama ini mungkin kamu pernah terbesit untuk memulai bisnis, namun terkendala oleh modal. Tapi tenang saja, karena bisnis atau ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang akan kami share adalah seputar ide bisnis yang memang tidak membutuhkan modal yang besar. Sehingga masih tetap worth it untuk dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga yang mempunyai berbagai kesibukan.

Penulis Lepas

Ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang pertama adalah dengan menjadi penulis lepas. Selama ini mungkin menulis diidentikkan dengan para remaja dan juga anak sekolahan ya. Padahal sebenarnya, ide bisnis dengan menjadi penulis lepas ini tidak hanya bisa dilakukan oleh para remaja ataupun kaum muda loh.

Bahkan sebagai seorang ibu rumah tangga kamu juga bisa kok melakukan ide bisnis ini, asalkan kamu memang mempunyai keahlian ataupun skill di bidang literasi. Jika kamu merasa mempunyai kelebihan dan juga mempunyai kecintaan terhadap dunia literasi, maka akan sangat baik jika kamu memanfaatkan kecintaan tersebut untuk membantu perekonomian keluarga.

Apalagi nih, penghasilan dari menulis lepas terbilang cukup tinggi loh. Sehingga dapatlah membantu sedikit sedikit keperluan rumah, ia paling tidak bisa digunakan untuk membeli kebutuhan pokok di rumah, seperti beras, gula, garam, dan lain sebagainya.

Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

Menjual Sarapan

Ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang kedua adalah dengan menjual sarapan. Sarapan menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh seluruh manusia di dunia. Hal ini karena memang ternyata sarapan mempunyai banyak sekali manfaat penting bagi tubuh. Salah satunya ialah akan membuat tubuh lebih berenergi ketika akan memulai berbagai aktivitas.

Nah fenomena betapa butuhnya manusia terhadap sarapan ini tentu menjadi sebuah peluang bisnis jika kamu jeli dalam melihatnya. Apalagi kita tahu sendiri, bahwa di Indonesia ada banyak sekali keluarga atau ibu rumah tangga yang kesulitan mengatur waktu untuk memasak di pagi hari dikarenakan berbagai pekerjaan.

Maka, kamu bisa membantu banyak keluarga di Indonesia dalam mengatasi hal tersebut, yakni dengan membantu mereka menyediakan menu sarapan. Jika kamu ingin menjalankan bisnis menjual sarapan ini, maka kamu nggak butuh modal yang banyak kok, karena kamu bisa memanfaatkan meja yang ada di rumah saja dan juga perlengkapan masak seadanya.

Dan modal yang kamu keluarkan mungkin hanya sebatas untuk membeli bahan-bahan yang akan kamu olah-olah. Itu doang.

Dropshipper

Ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang selanjutnya adalah dengan menjadi seorang dropshipper. Dropshipper merupakan sistem kerja atau sistem berjualan dengan tidak nyetok barang. Karena itulah banyak sekali orang yang mengincar dan menjadikan dropshipper sebagai salah satu penghasilan utamanya sehari-hari. Terutama bagi kaum para ibu rumah tangga.

Maka, jika selama ini kamu dibingungkan dengan berbagai hal, bagaimana cara mendapatkan uang misalnya, maka menjadi dropshipper bisa menjadi jawaban yang paling tepat. Karena kamu bisa mulai berbisnis dan berjualan tanpa harus repot-repot menyediakan ruang, dan tanpa harus repot-repot menyediakan etalase dan lain sebagainya.

Sistem kerja menjadi seorang dropshipper terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu memasarkan kembali barang-barang yang dijual oleh sebuah toko ke semua media sosial yang kamu gunakan. Jika ternyata nantinya ada seseorang yang berminat membeli produk tersebut, kamu bisa langsung meneruskan semua data pemesanan yang ada ke penyedia atau pihak toko.

Maka, pihak sekolah yang akan memproses seluruh pemesanan tersebut. Keuntungan menjalankan bisnis satu ini terbilang cukup besar loh.  Apalagi jika ternyata kamu mempunyai waktu lebih untuk memfokuskan diri menjalankan bisnis ini. Tentu penghasilan yang bisa kamu hasilkan tidak hanya sebatas bisa membeli bahan-bahan pokok, bahkan bisa digunakan untuk keperluan yang lainnya.

Membuka Jasa Les Privat

Ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang selanjutnya adalah dengan mengajarkan les privat. Di tengah pandemi yang sangat mengganggu ini, ada banyak sekali orang tua di luaran sana yang ternyata tidak memiliki waktu lebih untuk mendampingi anak-anak mereka dalam mengerjakan berbagai tugas yang diberikan dari sekolah.

Sehingga, mereka lebih memilih untuk mencarikan guru les privat yang kiranya dapat mendampingi anak-anak mereka. Maka jangan heran jika saat ini ketika berselancar di berbagai media sosial, kamu dapat menemukan banyak sekali lembaga yang mencari tenaga untuk mendampingi anak-anak. Atau kamu juga pasti menemukan fenomena bahwa ada tiba-tiba teman kamu yang mempromosikan bahwa dirinya sedang membuka jasa les privat.

Nah, hal ini menunjukkan kepada kita bahwa ternyata bisnis membuka les privat ini sangat tinggi dan diminati oleh banyak orang, sehingga ada baiknya jika kamu juga memanfaatkan momen tersebut untuk menghasilkan pundi-pundi keuangan. Bisnis satu ini sangat cocok dilakoni oleh kamu yang memang mempunyai keilmuan mumpuni. Atau, jika memang keilmuan kamu tidak begitu tinggi kamu bisa juga kok menjalankan bisnis ini, yakni dengan hanya menerima siswa yang memang pelajaran tingkat pelajarannya kamu kuasai, misalnya adalah tingkat SD kelas 1, 2 dan 3 saja.

Menjual Sembako

Ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang terakhir adalah dengan menjual sembako. Ide bisnis satu ini bisa dijalankan oleh siapa pun, termasuk kamu yang mempunyai modal terbatas untuk di awal. Kamu bisa memulai usaha ini dengan  memanfaatkan teras rumah ataupun bagian ruang tengah rumah. Hanya dengan bermodal ruang tengah tersebut kamu sudah bisa memulai bisnis sembako ini loh.

Untuk pemilihan bahan-bahan sembakonya, tentu kamu bisa memilih sendiri, yakni dengan menjual beras, minyak, tepung, gula, dan lain sebagainya. Dan jika memang kebetulan kamu mempunyai dana yang lebih, maka nggak ada salahnya jika kamu memanfaatkan dana tersebut untuk membeli sabun, sampo, sikat gigi, odol, dan lain sebagainya.

Oke, sekian informasi seputar ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang bisa kamu pilih. Dan sebelum memilihnya, cobalah untuk menimbang risiko dan juga modal yang akan dikeluarkan. Jangan lupa juga untuk menakar seberapa jauh keahlian kamu dalam menjalankan bisnis tersebut, terutama jika kamu memilih bisnis yang membutuhkan skill khusus ya. Semoga bermanfaat (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga"

Berlangganan via Email