Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Hal Penting dalam Bisnis Food Truck yang Harus Diperhatikan

Daftar Isi [Tampil]

Bisnis Food Truck merupakan salah satu inovasi baru dalam bisnis kuliner. Dikatakan Food Truck dikarenakan semua aktivitas atau kegiatan operasionalnya dilakukan di dalam sebuah kendaraan. Namun bukan kendaraan biasa, melainkan kendaraan besar yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga membuat aktivitas kuliner berjalan lancar.

6 Hal Penting dalam Bisnis Food Truck yang Harus Diperhatikan

Di era modern seperti sekarang ini bisnis Food Truck mulai diminati, khususnya di kalangan para pebisnis muda. Peminatnya pun juga banyak dari anak muda yang memang menyukai sesuatu yang beda dari umumnya. Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis kuliner dengan media mobil, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

6 Hal Penting dalam Bisnis Food Truck yang Harus Diperhatikan

1. Memilih Konsep Food Truck

Hal paling penting yang harus diperhatikan dalam memulai usaha Food Truck adalah konsep yang diterapkan. Konsep ini nantinya yang akan menjadi identitas pada bisnis yang Anda jalankan.

Misalnya saja dengan memilih konsep Food Truck yang menjual jenis makanan cepat saji atau yang lainnya.

2. Menentukan Menu Makanan dan Minuman

Jangan hanya menyediakan menu makanan saja, melainkan sekaligus juga menyediakan minuman. Anda perlu memilih menu apa saja yang akan dihadirkan pada bisnis Food Truck yang akan Anda jalankan.

Menu makanan dan minuman yang dihadirkan harus memiliki cita rasa yang enak, kemasan menarik, dan sesuai dengan konsep yang Anda buat.

3. Mempersiapkan Anggaran Keuangan

Modal menjadi hal paling penting dalam menjalankan sebuah bisnis, baik itu bisnis baru maupun bisnis yang sudah berdiri sejak lama. Anda perlu membuat rencana keuangan agar bisa tahu berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis tersebut.

Pastikan Anda sudah menghitung semuanya, mulai dari mobil dan biaya modifikasi, peralatan, bahan makanan dan minuman, kemasan, dan lain sebagainya. Jika sudah tahu berapa modal yang dibutuhkan, selanjutnya Anda tinggal menyiapkan dananya. Dana bisa disiapkan dengan cara meminjam ke bank atau dari hasil tabunganmu.

4. Menyiapkan Aplikasi Kasir

Sekarang jaman sudah modern, keuangan bisnis bisa dikelola dengan mudah menggunakan aplikasi kasir. Selain mempermudah untuk menghitung keuangan, cara ini juga akan meminimalisir kesalahan dalam penghitungannya.

Ada banyak jenis aplikasi kasir yang bisa Anda gunakan, Anda bisa mencarinya di internet. Memilih aplikasi kasir yang bersifat premium sangat direkomendasikan untuk Anda gunakan. Pasalnya, aplikasi kasir premium ini akan mendapatkan support penuh dari pengembang dan jika ada update fitur baru Anda juga akan mendapatkannya.

5. Memilih Tempat yang Strategis

Menjalankan usaha Food Truck sebenarnya tidak perlu mementingkan lahan untuk berjualan. Pasalnya Anda bisa berpindah tempat dengan mudah dikarenakan semua peralatan operasional disimpan langsung di dalam mobil.

Namun, memilih tempat yang strategis juga sangat penting untuk Anda perhatikan. Tidak boleh sembarangan parkir mobil, Anda harus meminta izin dulu kepada pemerintah setempat agar lebih aman. Jika yang dipilih adalah lahan parkir milik perusahaan atau instansi, maka Anda perlu meminta izin kepada pemiliknya.

6. Izin dan Lisensi

Selain izin lahan parkir truck atau mobil, beberapa perizinan lainnya juga harus Anda miliki. Mulai dari izin mengemudi, lisensi atau sertifikat dari departemen kesehatan, surat izin kepemilikan truck dan lain sebagainya.

Itu tadi informasi mengenai bisnis Food Truck yang diklaim sangat menjanjikan untuk dijalankan di masa sekarang ini. Anda perlu memperhatikan beberapa hal di atas jika memang berniat untuk menjalankan bisnis tersebut.

Semoga informasi di atas bermanfaat. Salam sukses selalu (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "6 Hal Penting dalam Bisnis Food Truck yang Harus Diperhatikan"