Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Unsur Penting Agar Packaging Produk Menarik Saat Dijual

Daftar Isi [Tampil]
5 Unsur Penting Agar Packaging Produk Menarik Saat Dijual

5 Unsur Penting Agar Packaging Produk Menarik Saat Dijual - Ada pepatah yang mengatakan " jangan menilai buku dari sampulnya" isinya memang benar namun tak semua orang bisa melakukan hal tersebut. Termasuk dalam sudut pandang pembeli saat menilai melihat produk. Orang cenderung melihat bentuk fisiknya untuk kemudian mempunyai penilaian.

Jadi, sepertinya pepatah ini tidak berlaku untuk kemasan produk yang menarik. Terutama untuk produk baru, karena kesan pertama pembeli adalah melihat kemasan packaging produk.

Dengan demikian, penting bagi produsen selain memperhatikan kualitasnya juga harus memberikan packaging yang menarik pada produknya. Karena hal ini akan menjadi faktor konsumen untuk membeli.

Berbicara soal packaging itu bukan hanya soal desain tapi juga bentuk aplikasinya yang memudahkan pelanggan. Juga tak kalah pentingnya adalah mencerminkan kualitas atau value dari sebuah produk. Prioritas selanjutnya adalah pertimbangan biaya, jangan sampai justru packaging menjadi elemen biaya produksi yang memberatkan.

 

Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasan kami tentang unsur-unsur penting agar packaging produk menarik saat dijual.

 

Perhatikan pemilihan warna

Unsur warna akan memberikan daya tarik untuk suatu produk. Warna akan meningkatkan kesan kepada konsumen. Dan ini juga sudah dibuktikan melalui penelitian yang menyatakan bahwa seseorang sering menjadikan warna sebagai patokan untuk membeli barang. Dalam melihat produk dalam toko, pembeli biasanya tertuju pada warnanya.

Warna dipercaya mampu meningkatkan branding suatu produk, meningkatkan value dan sebagai indikasi keunikan. Maka dari pemilihan warna dalam packaging produk harus sangat diperhatikan. Usahakan warna yang dipilih memiliki citra yang sesuai dengan produk yang dijual.

Penting juga untuk memperhatikan kaidah penggunaan atau teori warna. Pilihlah salah satu dasar yang sesuai dengan karakteristik produk.

 

Buat Packaging Minimalis tapi jangan terlalu simpel

Sebuah produk yang menonjol memiliki identitas kuat yang membedakannya dengan produk lain dan salah satu cara untuk melakukannya adalah membuat packaging yang unik. " Unik" Disini bukan berarti rumit tapi lebih kepada membuat visualisasi yang mentrigger pembeli agay mau melihat produk kita.

Jika mengacu pada trend, desain produk sekarang dominan minimalis namun memberikan identitas kuat. Namun hindari desain packaging produk yang terlalu sederhana karena nantinya akan dinilai tidak serius oleh pelanggan.

 

Jangan lupa memberi label

Manfaatkan label produk untuk menuangkan ide kreatif. Tempat label yang strategis dan mudah dilihat orang dinilai sangat powerfull untuk Dijadikan media promosi. Bisa berupa tulisan atau gambar yang penting karya yang merepresentasikan produk kamu kepada pembeli. Kita harus cepat mengambil perhatian buyer dan dari media kabel inilah kita bisa melakukannya.

Kita juga bisa melibatkan desainer artis untuk membantu menciptakan label produk yang menarik dan mampu mencuri perhatian.

 

Sesuaikan Target Pasar

Cara ini bisa ditiru kalau kita memiliki produk yang menyasar target spesifikasi pasar utamanya gender tertentu. Jika menyasar laki-laki, tonjolkan sisi maskulin pada packaging produk kita. Bisa dengan menggunakan warna hitam dan warna yang serupa dengannya. Jika menyasar perempuan, tonjolkan sisi feminim pada packaging produk kita. Bisa menggunakan warna pink, merah dan yang serupa.

Menyesuaikan target pasar itu penting untuk meningkatkan awareness mereka terhadap produk yang kita jual. Pemilihan warna yang cocok juga bertujuan mewakili citra pelanggan.

 

Pemilihan Font

Font juga perlu diperhatikan untuk packaging produk. Fungsinya penting untuk memperkenalkan nama brand dan memberikan Informasi Produk. Riset font yang cocok dengan jenis produk kita, dan lakukan riset dengan meminta penilaian dari orang terdekat dan profesional. Font akan menambahkan sisi menarik dari sebuah kemasan, Sehingga membuat calon konsumen penasaran.

Perhatikan juga tentang teori penggunaan font, jangan sampai menggunakan lebih dari tiga font berbeda dalam keseluruhan packaging. Keluarga font juga jangan sampai bertabrakan, pilihlah family yang sesuai.

 

Demikianlah bahasan ringkas kami tentang 5 unsur penting agar packaging produk menarik saat dijual. Semoga bermanfaat dan bisnis Anda semakin sukses (bisnisan.id).

 

 

Posting Komentar untuk "5 Unsur Penting Agar Packaging Produk Menarik Saat Dijual"