Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Hal Penting dalam Bisnis Homestay

Daftar Isi [Tampil]

Bisnis Homestay - Memulai suatu bisnis, Anda harus mempertimbangkan berbagai hal agar bisnis yang dijalankan tersebut bisa berkembang dan sukses. Termasuk juga ketika Anda ingin memulai bisnis penginapan atau homestay. Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dan pahami betul. Mungkin bagi Anda yang masih awam agak kesulitan untuk memahami hal penting dalam usaha homestay tersebut.

4 Hal Penting dalam Bisnis Homestay


Homestay sendiri merupakan jenis penginapan favorit bagi para turis atau wisatawan yang mengunjungi tempat wisata tertentu. Mereka akan cenderung lebih memilih tempat penginapan yang letaknya strategis dan dengan fasilitas yang memadai pastinya. Berikut ini beberapa hal penting dalam bisnis homestay yang wajib untuk Anda perhatikan agar sukses.

4 Hal Penting dalam Bisnis Homestay yang Wajib Diperhatikan

1. Lokasi Homestay yang Ingin Dibangun

Lokasi menjadi hal paling penting harus diperhatikan jika Anda ingin memulai bisnis homestay. Memilih lokasi yang salah tentunya akan membuatnya jarang dilihat pengunjung dan jarang pula ada orang yang mau menginap. Pertimbangan beberapa hal untuk memilih lokasi dari Homestay yang akan dibangun tersebut.

Anda bisa memilih lokasi homestay yang strategis agar ada banyak pengunjung yang mau menginap setiap harinya. Lokasi yang strategis maksudnya dekat dengan tempat wisata terkenal, punya view yang bagus dan lingkungannya bersih, dekat dengan pusat perbelanjaan, dan juga akses jalan mudah dan aman.

2. Konsep Homestay dan Fasilitasnya

Selain lokasi, Anda juga harus memikirkan konsep desain yang tepat untuk homestay milikmu. Hal ini sangat penting untuk diterapkan agar homestay milikmu ramai dikunjungi turis atau wisatawan yang ingin menginap.

Salah satunya adalah dengan menerapkan konsep homestay khusus keluarga. Homestay dengan konsep ini hanya menerima pasangan suami istri saja beserta anggota keluarga lain jika memang ada. Menerapkan konsep seperti ini, Anda juga perlu menyesuaikan dengan fasilitas yang dihadirkan. Mulai dari tempat tidur yang nyaman, toilet, ruangan santai, dapur dan lain sebagainya.

Selain itu, bisa juga menerapkan konsep homestay khusus untuk solo traveler. Biasanya homestay dengan konsep ini ruangannya lebih kecil dan minimalis, namun fasilitasnya tetap memadai.

Satu lagi konsep homestay paling menarik, yakni homestay khusus untuk bulan madu. Homestay dengan konsep ini biasanya homestay dibuat lebih privat dan nyaman. View alam yang dihadirkan sangat mempesona dan fasilitas lengkap. Mulai dari ruang kamar, ruang bersantai, bethub, kolam renang, desain ruangan berkesan romantis dan lain sebagainya.

3. Harga Sewa Homestay

Dan hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam bisnis homestay yakni soal harga sewanya. Pastikan Anda menerapkan harga sewa homesatay yang bersaing, tidak terlalu murah dan juga tidak terlalu mahal.

Harga sewa ini juga bisa disesuaikan dengan konsep dan fasilitas yang dihadirkan dalam homestay tersebut. Selain itu, penentuan soal harga ini juga bisa disesuaikan dengan lokasi dari homestay. Lokasinya yang strategis biasanya harga sewa homestay akan lebih mahal dibandingkan homestay biasa.

4. Promosi Homestay

Dan yang terakhir adalah mempromosikan homestay yang Anda miliki agar lebih banyak orang tertarik untuk menginap. Promosi ini sendiri bisa dilakukan melalui media sosial seperti, Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya.

Anda juga bisa menjalin kerja sama dengan influencer sebagai langkah untuk pengembangan bisnis penginapan atau homestay yang Anda miliki.

Itu tadi beberapa hal penting dalam bisnis homestay yang wajib untuk diperhatikan agar bisnis tersebut bisa berkembang dan sukses. Semoga informasi di atas bermanfaat. Sukses selalu buat bisnis Anda (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "4 Hal Penting dalam Bisnis Homestay"