Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Inspirasi Usaha Rental Mobil, Cocok Untuk Pensiunan

Daftar Isi [Tampil]

 Ide Inspirasi Usaha Rental Mobil, Cocok Untuk Pensiunan


Bisnis Jasa Rental Mobil 2021

Sebagai sarana transportasi peran mobil dalam menunjang mobilitas masyarakat sangatlah penting. Mobil merupakan kendaraan dengan jumlah pemilik nomor kedua terbanyak setelah sepeda motor. Beragam keunggulan seperti kenyamanan, keamanan, dan fleksibelitas menjadi alasan kenapa banyak orang memilih mengendarai mobil.


Namun ada satu kendala dimana tidak semua orang punya uang untuk membeli mobil. Karena benda ini masih tergolong bernilai tinggi, dan hanya orang-orang tertentu saja bisa memilikinya. Hal ini tentunya bisa dimanfaatkan sebagai peluang untuk membuka usaha rental mobil. Manfaatkan mobil untuk meraih untung. Usaha yang cocok untuk pensiunan.


Simak Tips membangun usaha rental mobil pada artikel ini:


Tentukan Spesifikasi Mobil


Perencanaan usaha rental mobil, di awali dari menentukan spesifikasi mobil. Yang paling banyak diminati biasanya adalah mobil berjenis MPV. Mobil ini dikenal multiguna, memiliki spesifikasi minibus. Mampu menampung banyak penumpang dan bisa digunakan sebagai sarana pengangkut barang. 


Mobil jenis MPV sangatlah cocok untuk disewakan karena keunggulan yang dipaparkan di atas. 


Lalu Merk Mobil SPV apa saja yang direkomendasikan ? Ada Toyota Kijang Innova, Avanza, Suzuki Ertiga dan yang lainnya. Untuk harganya rata-rata masih terjangkau dan irit perawatan.


Sebaiknya menggunakan mobil baru


Kenapa memakai mobil bekas untuk usaha rental tidak direkomendasikan ? Karena berbagai pertimbangan seperti kenyamanan penumpang, ada beberapa bagian dari mobil bekas yang mungkin sudah kurang maksimal fungsinya. Juga dengan resiko kerusakan yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan mobil baru. 



Pertimbangan kenyamanan pelanggan adalah sesuatu yang harus diprioritaskan. Mobil baru tentunya lebih memiliki jaminan keamanan, kenyamanan dan teknologi yang lebih mutakhir. 


Menggunakan mobil baru juga berpengaruh dari segi pengeluaran service yang lebih minim.


Urus peraturan transaksi rental mobil


Hindari resiko seperti pencurian dan penipuan pada usaha rental mobil. Langkah preventifnya bisa dimulai dengan membuat regulasi yang ketat. 


Pemilik usaha bisa mewajibkan beberapa syarat kepada calon client seperti. Meminta surat pernyataan bermaterai, meminta jaminan kartu identitas, dan menyuruh klien mengisi data pribadi. 


Resiko usaha rental mobil bisa dibilang tinggi, seperti menjadi objek kasus pencurian. Tentu dengan melakukan langkah pencegahan di atas, resiko kriminalitas bisa di perkecil.


Asuransikan mobil


Mobil merupakan aset yang tidak hanya untuk digunakan namun juga harus diamankan. Hal-hal tak terduga mungkin saja terjadi saat usaha rental mobil dijalankan. Seperti mobil mengalami kecelakaan dan kehilangan. Asuransi bisa mengcover permasalahan tersebut, menghindarkan pemilik usaha dari kerugian.


Ada banyak sekali pihak terpercaya yang menyediakan layanan asuransi mobil rental. Seperti Asuransi Mobil Aca, Astra Buana, Adira, Sinarmas dan yang lainnya.


Cara Berpromosi


Apapun yang berurusan dengan bisnis selalu membutuhkan aspek promosi yang baik. Promosi yang bisa mendekatkan usaha dengan orang-orang yang membutuhkannya. Perancangan matang mencakup mengetahui target pasar, lokasi usaha dan strategi pemasaran adalah dijalankan dengan bersinambungan.


Adan banyak saluran marketing yang bisa di maksimalkan seperti media sosial, mouth to mouth, dan website. Tingkatkan daya tarik rental mobil dengan memberi penawaran menarik seperti diskon atau hadiah khusus bila client memenuhi syarat tertentu.


Keuntungan usaha rental mobil


Banyak sekali keuntungan yang didapat pelaku usaha dalam terjun di bidang rental mobil. Secara manajerial, usaha ini tidak terlalu rumit untuk dikontrol. Hanya perlu menyediakan kantor dan aset mobil, usaha ini sudah bisa dijalankan. 


Prospek keuntungan bisa mencapai jutaan rupiah, dan cepat balik modal. 

Posting Komentar untuk "Ide Inspirasi Usaha Rental Mobil, Cocok Untuk Pensiunan"