Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kerugian Meminjam Uang Pada Pinjol Ilegal

Daftar Isi [Tampil]

 5 Kerugian Meminjam Uang Pada Pinjol Ilegal


Bahaya Pinjam Pinjol Ilegal


Pinjaman Online sering menjadi solusi masyarakat untuk mengatasi masalah finansialnya. Banyak yang memilih pinjol karena tergiur dengan berbagai kemudahan seperti syaratnya yang tidak ribet, hanya perlu install aplikasi dan dana langsung cair dalam hitungan menit.


Pihak pinjol ini juga secara masif menawarkan jasanya lewat internet dan SMS yang terkadang mengganggu. Dibalik kemudahannya, patut diwaspadai karena tidak semua pinjol adalah resmi. Ada juga pinjol ilegal yang tidak terdaftar OJK, dan melalui tindak kriminal pada nasabahnya.


Untuk lebih jelas mengenai efek negatif pinjam dana pinjol ilegal, simak ulasan berikut ini:


Bunga tidak wajar


Poin pertama yang membuat pinjam ke pinjol ilegal harus dihindari karena bunganya yang terlampau tinggi, bahkan melebihi rentenir. Pada awalnya mereka akan mengiming-imingi berbagai kemudahan dalam pinjaman, tapi itu tak lebih sebagai jebakan. Kemudian mereka akan menekan nasabah, dengan bunga tinggi. Pinjol ilegal seakan bisa semaunya karena tidak teregulasi oleh OJK.



Pihak pinjol ilegal memang memanfaatkan orang-orang dengan ekonomi lemah untuk tertarik pada jasa mereka. Dan akan menekan pembayaran utang secepat mungkin, dan bunganya akan ditingkatkan lagi bahkan melebihi nominal pinjaman itu sendiri.


Menekan Nasabah dengan segala cara


Sudah banyak orang yang mengeluh tentang cara penagihan pinjol yang tidak baik, bahkan ada yang sampai mengakui hidupnya, karena terus mendapat tekanan. Pinjol ilegal menggunakan jasa debt colector untuk menagih, meneror kontak dari nasabah. Bukan hanya sekali tapi ratusan sekali dengan nada yang kasar dan berbau ancaman.


Pinjol ilegal memang dikenal menghalalkan segala cara, dan tak memikirkan privasi dan data pribadi dari client.



Ancaman Di Luar Nalar


Alasan kenapa pinjol ilegal harus diberantas adalah ancaman pada nasabah sampai di luar nalar. Jika nasabah tak kunjung melunasi hutang, ia akan diancam, dibocorkan data pribadinya, difitnah hingga memanipulasi foto client untuk menjatuhkan namanya.


Maka dari itu, jangan mudah tergiur. Selalu waspada untuk memilih tempat pinjaman yang aman dan diregulasi oleh OJK. Pinjol resmi tidak akan melakukan hal-hal yang disebutkan di atas.


Orang yang terlanjur dalam tekanan pinjol ilegal, biasanya berpikir jernih. Dan akan Melakukan pinjaman lagi ke pinjol lain untuk gali lubang tutup lubang.


Pinjol ilegal Melanggar hukum


Sudah jelas pinjol ilegal memang tidak boleh beroperasi karena melanggar hukum, banyak orang merasa dirugikan dengan keberadaan pinjol ilegal ini. Apalagi presiden Jokowi juga bersuara, agar pihak terkait menertibkan hal ini. Akhirnya kepolisian bergerak cepat, menangkap pelaku Usaha pinjol ilegal ini.


Memperunyam masalah


Sejatinya orang tergiur pinjol ilegal karena ingin terbebas dari masalah keuangan, tapi yang terjadi adalah sebaliknya. Utang semakin lama bunganya Semakin tinggi, belum lagi ancaman yang ada, malah membuat seseorang semakin jatuh. Dan berpengaruh entah dalam perkerjaan, aktivitas rumah tangga atau saat bersekolah. 


Pinjol ilegal sudah seharusnya dijauhi. Iming-iming mereka, hanyalah kedok untuk meraih keuntungan dari nasabahnya.




Posting Komentar untuk " 5 Kerugian Meminjam Uang Pada Pinjol Ilegal"