Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ekspansi Usaha Bisnis, Mengapa Perlu Dilakukan ?

Daftar Isi [Tampil]

 Ekspansi Usaha Bisnis, Mengapa Perlu Dilakukan ? Dunia berubah dan bergerak dengan begitu sangat cepat. Pertumbuhan dan pembangunan memacu kita untuk terus berbenah. Kota di mana kita lahir dan dibesarkan tidak lagi seperti dulu, jalan-jalan bertambah lebar dan ramai, toko-toko bermunculan tidak hanya di pusat kota tetapi juga telah merambah sampai ke pinggiran pedesaan.

Kita melihat orang-orang yang tidak pernah kita kenal sebelumnya datang dan melakukan kegiatan usaha di daerah kita, pun demikian juga sebaliknya kita sebagai pelaku wirausaha juga berusaha sekuat tenaga melakukan ekspansi usaha ke kota-kota dan daerah-daerah yang bahkan belum pernah kita datangi sebelumnya.

Ekspansi Usaha Bisnis, Mengapa Perlu Dilakukan ?


Tapi pernahkah sejenak kita merenung apakah tujuan kita melakukan itu semua ? Sebagai bentuk upaya memacu potensi dalam diri ataukah ini hanya bentuk lain dari keserakahan kita semata ? lalu, mengapa ekspansi usaha bisnis perlu dilakukan ?

Sebelum melangkah lebih jauh mari kita bahas dulu sebenarnya apa sih definisi ekspansi usaha bisnis itu? Ekspansi bisnis adalah aktivitas peningkatan ekonomi atau pertumbuhan dunia usaha dengan cara menciptakan pasar baru, perekrutan karyawan, penambahan fasilitas, membangun cabang baru, membeli perusahaan lain dan kegiatan lainnya. Jadi ada tiga sisi dalam ekspansi bisnis, yaitu menambah salah satu dari faktor-faktor produksi, distribusi, dan juga menambah cakupan pasar.

 

Alasan Ekspansi Usaha Bisnis

Sebagai mahluk yang dikaruniai akal pikiran, wajib bagi kita untuk terus meningkatkan kemampuan dan potensi yang kita miliki. Pun demikian dalam dunia wirausaha, ekspansi atau perluasan usaha adalah salah satu cara bagi kita untuk tetap menjaga agar akal pikiran ini tetap aktif dan hidup.

Berada pada suatu posisi yang tidak banyak mendapat tantangan dan tekanan cenderung membuat kita menjadi lemah. Sebaliknya, tekanan dan tantangan akan menstimulasi syaraf dalam diri kita agar tumbuh menjadi pribadi yang makin tangguh dan kreatif. Maka ketika usaha yang kita bangun sudah mencapai “maturity point” atau titik kemapanan di suatu daerah, kita memerlukan tantangan baru agar “pisau” dalam diri kita tetap tajam dan tidak menjadi tumpul.

Bentuk tantangan baru tersebut bisa dan biasanya adalah dengan melakukan ekspansi atau perluasan usaha. Tetapi ibarat pisau bermata dua, ekspansi ini justru bisa menyeret kita menjadi pribadi yang tidak lebih baik dari sebelumnya. Ekspansi yang kita lakukan bisa saja berubah menjadi bentuk lain keserakahan diri kita. Jadi ekspansi usaha bisnis memang perlu dilakukan, tapi hati-hati, kita tidak boleh terjebak dalam keserakahan dan akhirnya menggiring kita ke upaya segala cara.

 

Dalam Bentuk Dan Cara Seperti Apakah Ekspansi Bisnis Kita Lakukan ?

Ketika ekspansi usaha bisnis yang kita lakukan tidak lagi mempertimbangkan sisi moral. Ketika ekspansi bisnis yang kita tempuh hanya berdasar pada perhitungan untung-rugi. Ketika ekspansi usaha yang kita lakukan tidak membawa hal-hal baik bagi lingkungan dimana usaha tersebut kita bangun.

Ketika ekspansi kita tempuh dengan melemahkan daya saing orang lain dengan monopoli yang kita kuasai baik dalam bentuk koneksi maupun produksi. Dan ketika ekspansi usaha yang kita lakukan justru melemahkan ekonomi masyarakat, mematikan sumber-sumber pendapatan orang kebanyakan dan merobohkan fondasi pasar-pasar tradisional, lalu apa bedanya kita dengan penjajah yang kita usir 350 tahun yang lalu dari tanah kita ? Apa bedanya kita dengan penjarah yang 350 tahun lalu mati-matian kita lawan karena mereka hanya menghisap, mengambil dan merebut potensi ekonomi dari kita ? Dan jika itu yang kita sebut ekspansi maka sesungguhnya kita telah salah besar, itu tidak lain adalah wujud dari keserakahan kita.

 

Haruskah kita melakukan ekspansi ?

Ekspansi dalam dunia wirausaha mutlak dan perlu dilakukan. Namun tidaklah dengan mengabaikan sisi moral dan kebaikan yang ada. Ekspansi yang kita lakukan tidaklah boleh hanya bertumpu pada perhitungan kasar untung-rugi. Ekspansi yang kita tempuh mestilah memberi dampak positif bagi lingkungan dimana kita melakukannya, baik dari segi ekonomi, pendidikan, budaya maupun spiritual.

Ekspansi yang kita lakukan haruslah bermanfaat bagi semua pihak dan tidak hanya menguntungkan kita semata. Singkatnya ekspansi yang kita lakukan haruslah bertumpu pada prinsip “kebaikan apa yang bisa kita berikan” dan bukannya prinsip “kebaikan apa yang bisa kita ambil” dari lingkungan dimana kita melakukan ekspansi usaha.

 

Alasan Umum Ekspansi Usaha Bisnis

Ada beberapa alasan selain alasan yang kita bahas di atas yang mendorong dilakukannya ekspansi bisnis perusahaan. Namun, biasanya alasan ekspansi usaha didasarkan pada 2 hal berikut ini :

·         Alasan ekonomi. Ekspansi dengan alasan ekonomi biasanya dilakukan dengan tujuan ingin memperbesar laba yang diperoleh. Semakin besar permintaan produk atau jasa suatu perusahaan, maka akan makin besar pula kebutuhan produksinya untuk bisa memenuhi permintaan konsumen. Semakin besar jumlah produksi yang dapat dijual, berarti semakin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan laba yang lebih besar.

·         Alasan psikologis. Ekspansi bisnis dengan alasan psikologis biasanya didasari pada keinginan pribadi pemilik atau pemimpin perusahaan untuk mendapatkan kekuasaan yang lebih besar atau agar tetap memimpin pasar.

Apa yang perlu diperhatikan dalam melakukan Ekspansi Bisnis ?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan ekspansi usaha bisnis, diantaranya adalah :

·         Lakukan perencanaan dengan matang

·         Kenali risiko-risiko yang mungkin terjadi

·         Mintalah saran dari pihak yang ahli dalam bidang keuangan dan pengembangan bisnis

·         Buatlah rancangan dan jadwal pengerjaan proyek ekspansi bisnis

·         Beritahukan pada konsumen Anda sebagai langkah awal promosi ekspansi bisnis Anda

 

Jadi, ekspansi usaha bisnis memang penting untuk dilakukan, setidaknya untuk diupayakan. selamat berekspansi, dan semoga sukses selalu (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Ekspansi Usaha Bisnis, Mengapa Perlu Dilakukan ?"