Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis Ternak Kambing Modal 10jt Untung 100%, Beserta Rinciannya

Daftar Isi [Tampil]

Ternak kambing modal 10jt di kampung bisa menghasilkan untung puluhan juta rupiah dalam jangka waktu 1 tahun, asalkan tahu cara menjalankannya. Pernahkah Anda memikirkan untuk menjalankan bisnis yang satu ini? Kalau belum yuk saja ajak hitung-hitungan lengkap mengenai peluang usaha yang satu ini buat Anda. 

Kambing merupakan sebuah hewan ternak dengan daging yang banyak penggemarnya. Sate kambing contohnya, setiap hari selalu ada yang mengkonsumsinya. Dari situlah kebutuhan mengenai daging kambing akan terus ada dari waktu ke waktu. Dan kebutuhan kambing pun terus ada dan meningkat dari tahun ke tahun. 

Namun sayangnya untuk peternak kambing sendiri tidak mengalami banyak peningkatan. Ini menunjukkan bahwa Anda memiliki peluang besar. Untuk turut ambil bagian dalam menjalankan bisnis ternak kambing ini. Cara pemeliharannya pun cukup mudah dilakukan, yang penting adalah rajin dan tekun dalam memelihara dan memberikan pakan setiap hari.

Ternak Kambing Modal 10jt

ternak kambing

Dengan modal 10jt Anda bisa menjalankan bisnis ternak kambing ini. Bahkan kurang dari 10jt pun bisa sebenarnya. Kali ini kita akan coba hitung untuk rincian modal ternak kambing 10jt antara lain sebagai berikut : 

  • Anggaran Rp.7.000.000,- belikan cempe atau anakan kambing mendapatkan 8 - 10 kambing
  • Anggaran Rp.1.500.000.- untuk pembuatan kadang kambing
  • Anggaran Rp. 1.500.000,- untuk pembelian minum dan komboran kambing
  • Anggaran rumput kita kosongkan saja dengan mencari rumput disawah

Setelah perhitungan selesai Anda bisa melakukan langkah-langkah untuk ternak kambing sebagai berikut : 

1. Persiapkan kandang kambing 

Pembuatan kandang kambing adalah langkah awal yang harus Anda lakukan. Buatlah kandang dengan ukuran yang sesuai dengan jumlah kambing yang ingin Anda kelola. 

Usahakan dalam pembuatan kandang ini ada sistem buka tutup atau jendela. Ini berfungsi agar kambing bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup. Ini penting karena kambing yang masih anakan jika tidak dapat sinar matahari akan rawan sakit-sakitan.

Lalu dalam pembuatan kandang ini gunakanlah anggaran maksimal Rp.1.500.000,- dari modal yang Anda punya tadi. Agar lebih hemat buatlah kandang dengan pagar bambu karena harganya lebih murah. 

Lalu buatlah kandang dengan sistem panggung, hal ini agar bertujuan mudah dibesihkan kotoran kambingnya.

2. Belanja kambing dengan modal 10jt

Selanjutnya adalah belanja kambing dengan modal 10jt yang Anda miliki. Namun jangan dibelanjakan semua. Ambil 70% nya atau sebesar Rp.7.000.000,- saja. 

Dengan duit 7 juta rupiah akan mendapatkan beberapa ekor kambing. Usahakan membeli kambing pada saat harga sedang murah. Dengan begitu Anda akan mendapatkan jumlah yang lebih banyak. Biasanya kambing murah selang 2 bulan setelah hari raya idul adha atau hari raya kurban. Maka saat itulah saat yang tepat untuk membeli kambing.

Selain itu dalam membeli anakan kambing usahakan yang sudah berumur sekitar 5 bulanan atau setengah tahun. Karena jika terlalu kecil dalam jangka 1 tahun kambing tersebut belum bisa dijual dengan harga maksimal.

Selain itu pilihlah bibit kambing yang bagus saat membeli kambing tersebut. Biasanya postur anakan kambing yang bagus adalah yang berpostur tinggi atau kakinya panjang. Karena besarnya akan berkembang lebih maksimal. Lalu pastikan juga anakan kambing yang dibeli dalam keadaan sehat wal afiat.

3. Mulai memelihara kambing

Selanjutnya jika sudah membeli kambing adalah mulai memelihara kambing itu sendiri. Dan pada proses inilah Anda harus merawat dan memberi makan kambing dengan baik. 

Proses pemeliharaan kambing utamakan untuk memberi makan rumput. Biasanya jika kambing yang masih kecil memang harus di campur dengan daun-daun pohon dulu agar mau makan rumput. Namun perlahan Anda harus membiasakan kasih rumput saja kepada kambing. Karena pertumbuhan kambing akan jauh lebih cepat juka makannya rumput bukan daun-daun dari pohon.

Kemudian jangan lupa untuk memberikan minum atau komboran sekali minimal dalam sehari. Atau lebih bagus lagi jika 2 kali dalam sehari. Karena kambing yang kuat minum biasanya akan bertumbuh lebih cepat dalam jangka dekat.

Pemeliharaan ini juga meliputi pembersihan kandang. Bersihkan kandan minimal 1 kali dalam 2 hari. Dan usahakan kandang kambing tersebut selalu bersih setiap harinya. Selain enak dipandang, juga menjauhkan kambing dari penyakit dan lalat. 

Lagi pula kotoran kambing ini sangat bagus untuk Anda jadikan pupuk. Jadi usahakan untuk memanfaatkannya sebagai pupuk tanaman. Dengan begitu, yang tadinya kotoran pun bisa jadi sebuah manfaat tersendiri. 

Dalam perawatan ini usahakan untuk setiap hari kambing mendapatkan sinar matahari. Makanya pembuatan kandang dengan sistem jendela atau pintu yang bisa dibuka menjadi sangat penting. Atau kalau kandang ada di dalam rumah, usahakan untuk mengeluarkan kambing di siang hari. Dengan mendapatkan pakan cukup, minum cukup, kandang bersih dan sinar matahari cukup, maka kambing akan sehat sejahtera dan berkembang dengan baik.

4. Panen dan masa jual kambing

Sekarang kita akan lanjut pada masa panen kambing. Masa panen kambing tentu saja harus memilih waktu yang tepat. Yakni pada saat harga kambing sedang naik atau sedang mahal. Biasanya adalah sebulan sebelum hari raya kurban berlangsung. Saat itu adalah masa panen dengan harga terbaik.

Jika dihitung-hitung dari awal membeli kambing sampai panen adalah 9 sampai 10 bulan. Jadi jangan beli anakan kambing yang terlalu kecil, karena nantinya belum bisa dibuat kurban dan harga jualnya belum maksimal dalam jangka waktu tersebut.

5. Keuntungan Ternak Kambing Modal 10jt

Kalau Anda merawat kambing dengan baik dan maksimal. Maka keuntungan yang di dapat pun akan maksimal. Dengan modal 10jt yang Anda keluarkan, estimasi keuntungan yang didapatkan antara lain sebagai berikut : 

  • Modal awal adalah 10jt
  • Beli anakan kambing umuran sedang Rp. 7.000.000,- mendapatkan 10 kambing
  • Untuk modal kandang dan pakan adalah Rp. 3.000.000,-
  • Harga jual 1 kambing setelah diperlihara adalah Rp.2.000.000,-
  • Maka keuntungan yang di dapatkan adalah Rp.2.000.000,- x 10 kambing = Rp.20.000.000,- maka total keuntungan kotor adalah 10 juta rupiah

Perhitungan diatas akan terwujud apabila kambing terawat dengan baik. Selain itu ketepatan mencari harga kambing. Yakni membeli saat harga paling murah dan menjualnya saat harga mahal. Lagi pula sekarang ini kambing harga 2 Juta saat mendekati hari kurban masih tergolong kambing yang paling kecil untuk bisa kurban. 

Oke sobat, diatas adalah panduan bagaimana caranya melakukan ternak kambing dengan modal 10jt rupiah. Asalkan bisa memaksimalkan harga beli dan harga jual, serta memeliharanya dengan baik. Maka ternak kambing dalam 1 tahun bisa menghasilkan keuntungan sebanyak 100% dari modal. Meskipun belum terhitung modal tenaga dan lain-lain. Karena ternak kambing memang cocoknya dijadikan sampingan bersamaan dengan bisnis yang lain. Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung ke situs belajar bisnis

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "Ide Bisnis Ternak Kambing Modal 10jt Untung 100%, Beserta Rinciannya"

Berlangganan via Email