Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dagangan Masih Sepi Saja ? Ayo Baca Tips Jualan Ini !

Daftar Isi [Tampil]

 Dagangan Masih Sepi Saja ? Ayo Baca Tips Jualan Ini !


Cari tahu penyebab jualan sepi dan solusinya

Semua orang mungkin sepakat, bila tujuan mayoritas membuat bisnis adalah mencari keuntungan. Mendapatkan keuntungan berlipat dari jumlah modal. Sayangnya perjalanan untuk mencapai level tersebut, tidak akan berjalan mulus. Ada jalan terjal yang harus dilewati dalam merintis usaha, ada angin kencang yang akan dihadapi saat usaha sudah mulai berkembang.


Berbagai masalah konkret seperti dagangan sepi peminat memang acap menjadi momok menakutkan untuk para pengusaha. Bukannya untung malah seperti peribahasa " Sudah jatuh tertimpa tangga". Harus ada evaluasi, tapi tenang saja karena di artikel ini akan dibahas mengenai cara mengatasi jualan sepi pembeli:


Barang belum membuat orang tertarik


Menarik adalah aspek penting yang harus dimiliki oleh suatu barang. Barang yang punya harga terjangkau, kualitas oke dan branding berbeda akan berpeluang lebih besar dalam memenangkan persaingan pasar. 


Kalau produk yang dijual sudah banyak yang jual otomatis menyebabkan penjualan menjadi sepi, apalagi kalau kompetitor memberikan harga yang lebih murah. Buatlah hal menarik, hal yang belum pernah digagas orang tapi bisa menjawab kebutuhan orang. 


Baca juga :Cara Jadi Makelar Mobil Sukses

Menjual Barang Dengan Harga Mahal


Salah satu alasan kenapa jualan tidak laku adalah karena menjual barang dengan harga mahal. Sudah banyak sekali konsumen pintar yang menyempatkan waktu untuk membandingkan barang yang mereka incar, pasti yang diincar adalah yang murah dan berkualitas bagus. Mau tidak mau kita harus jeli melihat kecenderungan konsumen ini.


Untuk mengatasi jualan lesu Berilah harga barang sesuai dengan pasar, kita juga bisa membuat program diskon, bila ada yang berlangganan.


Kurang Tepat Menentukan Target Pasar


Kenapa ya barang belum juga laku ? Bisa saja karena salah menentukan target pasar. Sebelum berjualan alangkah baiknya kita tahu betul pangsa pasarnya seperti apa. Siapa yang membutuhkan barang tersebut. Apakah orang tua, anak-anak, mahasiswa, ibu rumah tangga atau yang lainnya. Karena setiap orang memiliki ketertarikan dan kebutuhan yang berbeda.


Seorang pelajar tentu butuh barang yang menunjang aktivitas sekolahnya. Seragam, buku, pensil, mainan edukatif dan sejenisnya. Hal ini berlaku juga untuk yang lain. Tahu target pasar akan membuat produk kita lebih di cari.


Masalah Promosi


Barang yang belum laku mungkin disebabkan karena promosinya yang kurang. Karena percuma barang bagus tapi orang banyak yang belum tahu. Era teknologi ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kita bisa berpromosi di media sosial atau marketplace. Bisa dengan cara gratis hingga berbayar. Bukan hal mustahil barang kita dikenal oleh orang diseluruh dunia, karena arus globalisasi sekarang yang pesat.


Seorang pebisnis harus bisa beradaptasi, bukan hanya berjualan tapi harus menciptakan konten. Seperti konten review atau tips and trik dari suatu barang yang kita jual.


Perbaiki Layanan


Hal pamungkas yang mungkin menjadi alasan dagangan sepi adalah soal layanan. Konsumen adalah raja dan apa keinginan mereka seharusnya dilayani secara maksimal. Berikan sapaan dan senyum ketika pelanggan datang, bersikap sabar dalam menjawab pertanyaan dan perbaikan kualitas pengiriman bila Berkualitas via online.


Pelayanan yang bagus akan membuat pelanggan puas dan bisa jadi akan terus berlangganan.





Posting Komentar untuk "Dagangan Masih Sepi Saja ? Ayo Baca Tips Jualan Ini !"