Cara Menentukan Merek Produk Yang Baik
Cara Menentukan Merek Produk Yang Baik - Sebuah merek yang baik akan memudahkan Anda untuk mempromosikan produk Anda. Merek yang baik mempunyai filosofi yang kuat dan bisa menjadi sebuah citra bagi bisnis. Merek lebih besar dari sekedar nama dan slogan.
Lalu, Bagaimanakah langkah – langkah cara membuat
merek yang bagus? Berikut ini adalah ulasan singkatnya.
1. Tentukanlah
USP (Unique Selling Proporsition) Bagi Merek Anda. Buat pembeda, Merek Anda
harus mempunyai diferensiasi yang kuat yang bisa membedakan produk Anda dengan
pesaing.
2. Merek Haruslah Berkonotasi
Positif dan Memberikan Citra Positif. Merek yang Anda bangun, secara tidak
langsung akan menggambarkan kinerja dan citra perusahaan Anda. Merek yang
negatif secara tidak langsung akan membuat citra yang tidak baik pula untuk
perusahaan Anda.
3. Pikirkan Visi
Jangka Panjang dan Arah Pengembangan Merek. Sebuah merek harus punya visi
jangka panjang yang dibangun secara bertahap. Akan sangat disayangkan jika
merek yang bagus tidak punya visi yang jelas.
4. Lakukan Perencanaan
yang Matang Ketika Akan Melaunching Merek. Filosofi merek dan desain
haruslah senada dan seirama. Konsep yang dibangun haruslah kuat sehingga membuat
orang lain bisa mencerna apa yang Anda sampaikan. Dalam melaunching merek anda
bisa menggunakan kedua hal ini :
·
Online : Fanpages pada Facebook,
Twitter, Youtube, Website,
Broadcast Messages, dll .
·
Offline : Beriklan di majalah,
koran, membuat brosur, spanduk, dll .
5. Brand as
Lifestyle. Merek yang baik dapat menjangkau seluruh gaya hidup dan lapisan
masyarakat. Contoh, Starbucks : Kedai kopi yang sudah beralih fungsi sebagai
tempat nongkrong dan meeting .
6. Cobalah Buka
Majalah atau Koran digital. Carilah iklan-iklan yang membuat Anda senang,
cari juga iklan yang membuat Anda jengkel, juga iklan yang memancing rasa ingin
tahu anda. Amati merek-merek yang bisa menimbulkan rasa emosional yang tinggi.
Amati polanya dan aplikasikan di merek Anda. Jika produk Anda jasa, jadikan
merek Anda sebagai solusi bagi permasalahan yang ada pada pelanggan Anda.
7. Jangan
Ingkari Janji Anda. Merek adalah sebuah janji bagi calon konsumen Anda.
Jika Anda menjanjikan kualitas yang baik, maka Anda harus bisa memenuhinya.
Jika Anda mengklaim memiliki layanan yang cepat, Anda harus bisa
membuktikannya.
Membangun merek membutuhkan waktu yang tidak instan,
mereka harus dibangun secara konsisten tahap demi tahap. Suatu merek harus
dikomunikasikan secara konsisten. Citra merek harus dijaga agar tetap kredibel
dan dapat dipercaya.
Demikianlah bahasan kami mengenai cara
menentukan merek produk yang baik. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa lagi di
lain kesempatan (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Cara Menentukan Merek Produk Yang Baik "