Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Kelola Uang Agar Bisa Haji Di Usia Muda

Daftar Isi [Tampil]

Tips Kelola Uang Agar Bisa Haji Di Usia Muda - Menunaikan ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang ingin dilakukan semua umat Islam. Berkunjung ke rumah Allah dan mendekatkan diri secara fisik dan spiritual Kepada-Nya adalah nikmat yang tak semua orang bisa mendapatkan.

Berangkat Haji pada usia muda tentu memiliki berbagai manfaat seperti kondisi fisik yang lebih kuat dan mental yang lebih stabil. Rata-rata diperlukan dana paling tidak 25 juta untuk melakukan pendaftaran dan mendapatkan nomor haji.

Tips Kelola Uang Agar Bisa Haji Di Usia Muda

 

Lalu bagaimana sih tips kelola uang dan menabung agar bisa Haji di usia muda ? Silakan simak beberapa hal penting berikut ini.

 

Mendaftar Program Tabungan Haji

Tips pertama agar lebih cepat terkumpul uang untuk haji adalah mendaftar program Tabungan Haji yang diselenggarakan Oleh Bank BPIH. Dengan menabung uang akan tersimpan lebih aman dan terhindar dari risiko pencurian. Apalagi uang yang harus didaftarkan untuk haji bernominal 25 Juta Rupiah.

Bagi yang sudah mendaftar, tentu tinggal menyetor uang secara rutin. Bisa juga dengan mendebet uang yang ada di rekening sebelumnya. Sistem akan otomatis mendebet setiap satu bulan.

 

Berinvestasi Emas

Emas adalah salah satu barang yang bisa digunakan untuk investasi dan cocok untuk tujuan mengumpulkan modal untuk berangkat haji. Para Milenial bisa mencoba cara ini dengan membeli emas rutin setiap bulannya. Jika memiliki modal kecil bisa beli emas berukuran gram kecil, jika sudah punya modal yang lebih banyak bisa membeli emas dalam ukuran lebih besar.

Kemudian tahan emas hingga saat harganya naik baru dijual. Lalu tabung hasil penjualannya. Investasi emas termasuk investasi yang mudah dan minim risiko, karena harga cenderung naik dari tahun ke tahun.

 

Investasi Pada Instrumentasi Syariah

Investasi untuk dana haji bisa juga dilakukan pada instrumen syariah. Hal ini bisa dipilih untuk menghindari risiko riba, karena ketentuannya sudah diatur sesuai dengan aturan-aturan dalam agama Islam. Pilihan investasi juga bermacam-macam mulai dari Reksadana Syariah dan Saham Syariah. Cara ini bisa dipakai untuk tujuan jangka panjang dan tentunya bisa dipakai untuk dana haji.

 

Jangan menunda-nunda

Buat para Milenial yang serius untuk naik haji, harus memantapkan komitmennya. Apabila sudah memiliki kesiapan baik materi dan psikis segerakanlah untuk mendaftar. Karena kuota haji sudah diatur oleh pemerintah dan jumlahnya terbatas setiap tahunnya.

Menunda untuk mendaftar haji akan membuat giliran berangkat haji semakin lama. Bahkan karena animo masyarakat untuk haji sangat tinggi membuat waktu keberangkatannya harus menunggu sampai 20 tahun.

 

 

Demikianlah uaraian kami tentang kelola uang dan menabung agar bisa Haji di usia muda. Semoga bermanfaat dan sukses selalu (bisnisan.id). 

Posting Komentar untuk "Tips Kelola Uang Agar Bisa Haji Di Usia Muda"