Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Bisnis Penulisan Artikel

Daftar Isi [Tampil]
Cara Memulai Bisnis Penulisan Artikel

Cara Memulai Bisnis Penulisan Artikel - Sejak dulu, blogger dijadikan sebagai investasi yang paling menguntungkan dan menjanjikan. Tak heran jika setiap harinya, ada banyak sekali para blogger pemula yang berusaha mendaftarkan blog mereka ke Google Adsense. Yap, salah satu sumber penghasilan dari seorang blogger adalah dari situs penyedia iklan, dan Google Adsense menjadi situs penyedia iklan yang sangat populer di Indonesia. Hal ini karena memang bagi sebagian orang, persyaratan yang ditetapkan Google Adsense juga terbilang sangat mudah dipenuhi oleh banyak orang.

Nah biasanya, blog hanya dijadikan sebagai penghasilan tambahan, sehingga seorang bloger pasti memiliki dunia kerjanya masing-masing, yang tatkala blognya sudah mulai ramai, dia akan mulai bingung bagaimana caranya agar tetap produktif mempublish artikel ke blognya. Sehingga solusi yang kerap dipilih adalah mencari bisnis penulisan artikel.

Kabar ini menjadi sebuah kabar luar biasa bagi kamu yang memiliki skill menulis, suka membaca, dan suka menulis. Sayang sekali jika peluang ini kamu sia-siakan. Apalagi nih, penghasilan pebisnis penulis artikel tergolong sangat besar, terutama jika kamu menjadikan bisnis ini sebagai pekerjaan utama. Atau, kamu juga boleh banget kok menjadikan bisnis penulisan artikel ini hanya sebagai freelance. Hasilnya juga cukuplah untuk memenuhi kebutuhan hidup sebulan. Bahkan saat ini, bisnis penulisan artikel sudah sangat diminati banyak orang, terutama bagi kaum millennial.

Bagi kaum millennial, kegiatan membaca dan menulis adalah kegiatan wajib yang meski dikuasai. So, sudah waktunya kamu mulai menjalankan bisnis penulisan artikel saat ini juga. Terutama jika skill menulis kamu sudah di atas rata-rata dan dapat menghasilkan artikel dalam jumlah banyak dalam seharinya.

System kerja bisnis penulisan artikel juga sangat mudah, kamu bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun kamu mau. Bahkan, bisnis penulisan artikel juga tidak membutuhkan modal yang berarti loh. Dan termasuk salah satu jenis bisnis online yang sangat menjanjikan. Untuk memulainya, silahkan siapkan kemampuan menulis, laptop, internet, dan ponsel, itu saja. Melihat penjelasan singkat di atas kamu tentu sudah mulai tertarik ya. Nah, berikut ini beberapa cara memulai bisnis penulisan artikel yang bisa kamu coba.

Mungkin saat ini Anda punya pekerjaan utama, tapi ingin memiliki penghasilan tambahan. Anda bisa menekuni bisnis ini tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama Anda, setidaknya untuk sementara waktu sebelum Anda benar-benar memutuskan akan serius di bisnis apa.

Profesi sebagai penulis artikel lepas bisa dikerjakan di sela-sela bekerja atau di malam hari. Tetapi, bila bisnis ini dijadikan bisnis sampingan, jangan sampai mengganggu pekerjaan utama Anda ya.

Cara Memulai Bisnis Penulisan Artikel yang Jitu

Untuk keuntungan menjalankan bisnis ini sendiri kamu sudah mendapatkan gambaran yang jelas ya. Seperti sistem kerjanya yang super mudah, nggak butuh modal, fleksibel, penghasilan besar, dan sebagainya. Hingga detik ini, saya percaya, bahwa di antara kamu ada yang memiliki skill menulis dan pasti ada juga yang ingin memulai bisnis penulisan artikel ini, tapi terkendala ‘bingung’ harus memulainya dari mana. Daripada memendam bingung terlalu lama, mending baca artikel ini ya, supaya bisa langsung eksekusi dan mendapatkan berbagai keuntungan.

Menyukai Membaca dan Menulis

Cara pertama yang wajib kamu lakukan ialah harus suka membaca dan menulis dulu nih. Karena yang namanya menulis membutuhkan berbagai pengetahuan yang luas. Dengan sering membaca, kamu akan memiliki pembendaharaan yang banyak, sehingga akan mempermudah proses menulis yang kamu lakukan. Kegiatan membaca dan menulis juga menjadi kewajiban awal yang harus kamu biasakan demi menghasilkan sebuah artikel yang berkualitas tinggi.

Apabila saat ini kamu masih belum suka membaca, sangat sulit untuk menjadikan bisnis penulisan artikel sebagai bisnis yang menguntungkan. So, yuk mulai sukai membaca dahulu demi mendapatkan berbagai diksi, kata, dan sebagainya yang bisa menunjang kualitas artikel kamu.

Terus Berlatih

Cara menjalankan bisnis penulisan artikel yang kedua ialah dengan terus berlatih. Kamu harus tahu dulu nih, bahwa menulis merupakan sebuah keterampilan. Dimana, jika kamu ingin menguasainya, maka kamu meski terus berlatih. Apabila kamu memiliki kecintaan terhadap dunia tulis menulis, namun sama sekali tidak mau berlatih, tentu tulisan yang bisa kamu hasilkan kualitasnya B aja, berbeda dengan kualitas mereka yang memiliki kecintaan menulis dan terus berlatih.

Promosi

Cara memulai bisnis penulisan artikel selanjutnya ialah melakukan promosi. Bagaimanapun, skill yang membayar satu ini termasuk ke dalam bisnis, sehingga untuk mendapatkan klien kamu meski melakukan promosi. Promosi merupakan kegiatan yang tidak bisa dilepaskan dari proses bisnis, karena dengan promosi, kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan, seperti bisnis kamu akan dikenal banyak orang, menjangkau lebih banyak pelanggan, dan sebagainya. Kini, sudah banyak banget kok media yang bisa kamu jadikan sebagai wadah promosi, seperti projects.co.id, sribulancer, dan sebagainya. Atau, kamu juga bisa menawarkannya ke berbagai forum online, media sosial, dan juga blog pribadi.

Menurut berbagai pengalaman orang-orang, salah satu media yang sangat worth it untuk jasa penulisan artikel adalah Facebook. Meski sampai saat ini banyak yang menganggap bahwa Facebook adalah media sosial yang sudah tua, dan mulai ditinggalkan, namun pada faktnya pengguna Facebook juga masih tetap banyak, dan di sana, ada berbagai bisnis yang bisa kamu temukan, sehingga sayang untuk kamu lewatkan.

Cara memanfaatkan Facebook sebagai media promise jasa penulisan artikel adalah dengan bergabung bersama grup-grup blogger atau wordpress. Di Facebook, ada banyak grup blog yang bisa kamu temukan. Dan rata-rata, anggota dan pengunjung blognya juga banyak banget. Sehingga bisa kamu manfaatkan untuk media promosi. Bahkan, nanti kamu akan menemukan banyak kok orang yang menawarkan bisnis ini juga, bukan hanya kamu.

Maka, agar bisa bersaing dengan jasa penulisan artikel yang lain, kamu harus bisa melakukan hal lain demi mendapatkan pelanggan. Caranya adalah dengan memberikan pelayanan yang terbaik. Pelayanan terbaik ini bisa berbentuk banyak hal ya, seperti menjalin komunikasi yang baik, membalas chattingan dengan sopan dan santun, selalu disiplin dalam mengirimkan artikel, mengabari klien jika ada kendala, fast respon, komunikasi yang ramah dan to the point, dan selalu memberikan kualitas artikel yang terbaik, bahkan jika kamu mampu, coba deh memberikan kualitas artikel yang jauh di luar ekspektasi masyarakat.

Selain Facebook, media social yang juga bisa kamu manfaatkan adalah Instagram. Bagaimanapun, Instagram memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak. Agar bisa memanfaatkan Facebook sebagai ladang bisnis penulisan artikel, kamu bisa mulai membuat akun bagi bisnis kamu, kemudian posting copy writing sebaik mungkin, jangan lupa memberikan hastag di tiap postingan kamu, pilihlah hastag yang tepat, misalnya adalah hastag jasapenulisanartikel, jasaartikel, jualartikel, dan sebagainya.

Demikian seputar cara menjalankan bisnis penulisan artikel. Semoga bermanfaat (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Bisnis Penulisan Artikel"