Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

50 Cara Mendapatkan Modal Untuk Usaha Anda, Paling Lengkap

Daftar Isi [Tampil]

cara-mendapatkan-modal-usaha

50 Cara Mendapatkan Modal Untuk Usaha Anda, Paling Lengkap

Cara mendapatkan modal usaha. Selamat datang di bisnisan.id, yang kali ini akan membantu Anda para pebisnis pemula yang mencari solusi dalam hal permodalan usaha. Yang namanya modal memang menjadi sebuah kunci dalam memulai sebuah usaha atau menjalankan sebuah usaha. Namun jangan jadikan modal sebagai sebuah kendala, karena ada banyak sekali cara untuk mengatasinya.

Cara mendapatkan modal usaha ada banyak sekali, saya rangkum untuk Anda sebanyak 50 cara. Namun sebelumnya Anda perhatikan terlebih dahulu kebutuhan dana usaha Anda. Alangkah lebih baik jika meminjam modal usaha kepada pihak yang jelas. Sehingga Anda tidak akan mengalami masalah di kemudian hari nanti. 

50 Cara Mendapatkan Modal Usaha

1. Modal usaha dari uang tabungan

Cara yang pertama adalah dari uang simpanan Anda sendiri. Ini adalah cara yang paling aman di dalam permodalan untuk usaha Anda. Jika menggunakan uang sendiri Anda akan menjalankan sebuah usaha tanpa beban hutang.

Maka dari itu sangat bagus untuk Anda menabung modal usaha terlebih dahulu. Bisa sambil bekerja atau menjalankan sebuah bisnis milik orang lain. Dan ketika modal sudah terkumpul, barulah Anda mulai membuka usaha sendiri.

Cara ini bisa dibilang paling masuk akal dan rendah resiko. Anda tidak akan terbebani oleh bungan dari hasil pinjaman dan tentu saja Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dari usaha Anda tanpa harus berbagai kepada pihak lain.

2. Modal usaha dari penjualan aset berharga

Cara yang kedua untuk mendapatkan modal usaha bisa dengan menjual aset berharga milik Anda. Misalkan saja selama ini Anda memiliki simpanan emas, mobil, tanah atau simpanan benda lainnya. Kemudian Anda tentu bisa menjual asset tersebut dan uangnya Anda gunakan untuk modal.

Biasanya ini juga banyak dilakukan oleh para pengusaha dalam menjalankan bisnis mereka. Tapi Anda harus memikirkannya terlebih dahulu secara matang agar tidak sia-sia ketika menjual aset berharga milik Anda tersebut.

Perhitungkan dahulu kebutuhan modal usaha Anda. Kalau bisa tetap meminimalkan penjualan asset karena bagaimanapun asset tersebut juga termasuk barang yang berharga bagi Anda.

3. Mendapatkan Modal usaha dari hasil pinjaman dengan jaminan

Cara yang lain untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mengajukan pinjaman. Mengajukan pinjaman dalam hal ini adalah dengan menyerahkan barang jaminan. Ini bisa Anda lakukan jika Anda memiliki sesuatu yang berharga yang bisa dijadikan jaminan. Contohnya seperti surat tanah, bpkb kendaraan mobil atau sertifikat rumah. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan pinjaman dengan jaminan tersebut.

Namun didalam mengajukan pinjaman pilihlah yang memberikan bunga yang cukup rendah. Dengan begitu tidak akan terlalu banyak membebani jalannya usaha yang Anda jalankan. Coba bandingkan terlebih dahulu beberapa bank atau lembaga pinjam uang yang Anda tuju. Lalu pilihlah salah satu yang menyediakan bunga yang paling rendah.

4. Mendapatkan modal usaha dari pinjaman tanpa jaminan

Cara mendapatkan modal yang selanjutnya yakni masih sama dengan cara meminjam. Akan tetapi disini meminjam tanpa harus menyerahkan jaminan. Apakah ada sebuah pinjaman tanpa jaminan? Jawabannya ada banyak sekali. 

Namun biasanya diperlukan sebuah identitas khusus untuk melakukan pinjaman tanpa jaminan. Misalkan saja meminjam pada sebuah koperasi atau aplikasi pinjam uang. Mereka tidak akan meminta jaminan, namun ada syarat lain seperti halnya harus karyawan tetap sebuah perusahaan, harus melampirkan fotokopi karyawan kontrak, dan bukti bekerja di suatu perusahaan tertentu. Dengan melampirkan persayaratan-persyaratan yang mereka butuhkan, biasanya uang akan berhasil cair tanpa harus meninggalkan jaminan apapun.

5. Mendapatkan modal usaha dari investor kerjasama

Cara mendapatkan modal usaha yang ke lima bisa dengan cara mengajukan kerjasama dengan investor. Untuk mendapatkan kerjasama dengan investor, Anda tentu harus melakukan beberapa hal agar mereja setuju. Mulai dari membuat sebuah proposal pengajuan kerjasama hingga melakukan presentasi dengan investor tersebut. 

Selama Anda mengajukannya kepada orang yang tepat pastinnya Anda akan lebih mudah disetujui. Jadi usahakan untuk memilih investor yang sesuai dengan usaha yang Anda jalankan. Kemudian dalam tahapan ini dibutuhkan pula keahlian Anda untuk meyakinkan mereka pada program usaha yang akan atau sedang Anda jalankan.

Menjalin kerjasama dengan investor adalah jalan yang lebih baik ketimbang meminjam uang kepada lembaga keuangan. Kelebihannya jika investor biasanya ikut menilai bisnis Anda. Ketika mereka yakin bisnis Anda akan memiliki prospek yang bagus, maka investor akan mudah mengeluarkan dana, bahkan untuk dana yang besar sekalipun.

6. Modal usaha dari partner usaha

Cara yang selanjutnya untuk mendapatkan modal adalah dengan menjalin kerjasama partner usaha. Bisa disebut juga menjalankan usaha bersama dengan orang lain. Dalam hal ini Anda bisa melakukan patungan modal jika Anda mempunyai rekan atau partner usaha. Dengan begitu Anda akan mendapatkan tambahan modal usaha.

Namun dalam memilih seorang partner bisnis atau partner usaha pula harus berhati-hati. Mulai dari kecocokan pemikiran hingga kejujuran sangat dibutuhkan. Karena yang namanya menjalankan usaha bersama harus benar-benar saling mengetahui hak dan kewajiban dalam menjalankan usaha tersebut.

7. Modal usaha dari gaji dan pesangon

Kalau Anda masih bekerja menjadi seorang karyawan, maka Anda bisa mendapatkan modal usaha dari gaji yang Anda dapatkan tentunya. Sebaliknya jika Anda sudah berhenti bekerja Anda juga bisa memanfaatkan pesangon Anda untuk dijadikan modal usaha.

Alangkah baiknya Anda pertahankan terlebih dahulu pekerjaan Anda tersebut. Sambil bekerja bisa sambil mengumpulkan modal untuk usaha. Jika uang untuk modal sudah cukup baru Anda keluar dari pekerjaan Anda tersebut.

Ini cara yang paling bagus daripada memaksakan diri keluar dari perusahaan namun belum sepenuhnya siap menjalankan usaha. Jadi bersabarlah terlebih dahulu dengan pekerjaan Anda. Kalau modal sudah terkumpul baru Anda bisa memulai usaha sendiri.

8. Mendapatkan modal dari Kredit Usaha Rakyat

Cara mendapatkan modal yang selanjutnya adalah mengajukan pinjaman pada KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Ini adalah sebuah program pemerintah dalam rangka memberikan kredit kepada UMKM. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari kreadit usaha rakyat tentu saja harus memenuhi semua persayaratannya. Kemudian Anda bisa mengajukannya kepada lembaga penyedia KUR seperti Bank milik pemerintah atau lembaga keuangan yang ditunjuk sebagai perantara KUR. 

Syarat untuk mendapatkan modal dari Kredit Usaha Rakyat sendiri tidaklah sulit.Yakni harus Warga Negara Indonesia. Memiliki usaha yang sudah berjalan minial 6 bulan. Lalu memiliki surat keterangan usaha dari kelurahan dan kecamatan. Jika sudah memiliki badan usaha seperti CV, maka Anda bisa melampirkan surat usaha seperti SIUP, TDP dan juga surat keterangan lainnya. Lalu untuk persayaratan lain biasanya akan disebutkan di masing-masing Bank yang menyediakan KUR itu sendiri.

9. Mendapatkan modal usaha dari crowdfunding

Salah satu cara mendapatkan modal usaha yang satu ini memang masih jarang, yakni dengan cara crowdfunding. Biasanya dilakukan dengan cara menggalang dana dari banyak orang secara online. Lalu dana yang terkumpul tersebut bisa digunakan untuk modal menjalankan usaha.

Crowdfunding sebenarnya lebih cocok jika digunakan untuk menggalang dana menangani bencana. Namun kalau ada sebuah komunitas pengusaha tertentu ingin melakukan crowdfunding guna menjalankan sebuah usaha maka itu adalah hal sangat mungkin terjadi.

Praktek crowdfunding sebenarnya sudah pernah dijalankan oleh sebuah industri game dalam pembuatan salah satu game baru mereka. Namun Anda juga bisa menggunakannya sebagai modal usaha bergantian di dalam sebuah komunitas usaha tertentu asalkan ada koordinator yang mampu menanganinya dengan baik.

10. Mendapatkan modal usaha dari hasil kompetisi atau kejuaraan

Cara mendapatkan modal usaha yang ke 10 adalah dengan mengikuti sebuah kejuaraan untuk mendapatkan hadiah uang. Ini sebuah ide yang perlu Anda coba. Siapa tahu Anda punya keahlian khusus yang unggul dari kebanyakan orang. Anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk mengikuti lomba atau kompetisi.

Coba fikirkan keahlian Anda apa saja. Menulis, melukis, berbicara, bahasa inggris, atau keahlian lainnya. Carilah kompetisi yang sesuai dengan keahlian Anda tersebut. Selama Anda bisa menang pastinya Anda akan mendapatkan sejumlah uang yang bisa digunakan sebagai modal usaha Anda.

11. Mendapatkan modal dari angel investor

Cara yang selanjutnya bisa mendapatkan modal dari angel investor. Apa itu angel investor? Angel investor adalah pemberi pinjaman untuk pebisnis pemula atau bisnis start up yang baru jalan. Biasanya orang yang mau menjadi angel investor ini adalah orang kaya yang memang memiliki sebuah kebiasaan untuk mendanai star up.

Tidak mudah untuk Anda menemukan seorang angel investor, tapi kalau Anda menemukannya maka Anda beruntung. Karena angel investor ini bahkan ketika pemilik usaha mengalami kerugian mereka tidak minta ganti. Akan tetapi kalau bisnis tersebut maju, biasanya mereka akan menjual saham yang sebelumnya ditanam dengan harga jual yang cukup mahal.

Untuk mendapatkan modal dari seorang angel investor, anda harus banyak wawasan. Banyak bergaul dengan para pebisnis yang sudah berjalan, barangkali mereka mempunyai kenalan seorang angel investor yang sedang aktif menanamkan modal pada bisnis start up.

12. Mendapatkan modal dari aplikasi pinjaman uang

Anda pasti juga tidak asing dengan yang namanya aplikasi pinjaman uang online bukan. Dari situ Anda juga bisa memanfaatkan sebagai modal usaha Anda. Biasanya Anda harus menginstall aplikasi pinjam uang tersebut, melakukan registrasi kemudian mengisi semua data melakukan verifikasi dengan selfi memegang KTP. Setelah semua persyaratan beres biasanya uang akan di transfer ke rekening.

Kelebihan dengan mendapatkan modal dari aplikasi ini adalah praktis. Yakni bahkan tanpa survey sudah bisa mendapatkan sejumlah uang. Akan tetapi kekurangannya adalah bunganya yang terhitung sangat besar. Jadi kalau mau pinjam uang dari aplikasi online, pilihlah aplikasi yang terpercaya. Yakni aplikasi yang berada dibawah naungan perusahaan di bidang keuangan tertentu. Selain itu pilihlah aplikasi yang bunganya cukup rendah agar tidak membebani Anda ketika pengembalian uang.

13. Mendapatkan modal dari hasil giveaway dan undian berhadiah

Salah satu cara mendapatkan uang untuk modal usaha Anda adalah mengikuti sebuah giveaway atau undian berhadiah. Ini memang tidak ada kepastian Anda akan mendapatkan modal. Akan tetapi kalau Anda sedang beruntung, bisa jadi mendapatkan uang secara cepat dan tidak perlu jaminan apa-apa.

Caranya adalah cari saja pihak-pihak yang sering mengadakan giveaway, kemudian dari situ Anda tinggal ikur saja giveaway tersebut.

Kalau masih bingung coba cari hastag giveaway di instagram atau youtube. Biasanya para selebgram dan youtuber paling sering mengadakan event seperti ini.

Meskipun giveaway gak selalu berbentuk uang, akan tetapi barang dari hadiah giveaway tersebut tentu Anda bisa jual dan uangnya bisa untuk tambah modal usaha Anda.

14. Mendapatkan modal dari koperasi karyawan

Cara mendapatkan modal usaha yang selanjutnya adalah dengan mendapatkannya dari koprasi karyawan. Hal ini tentu saja bisa berlaku bagi Anda yang bekerja di sebuah perusahaan. Biasanya dalam perusahaan tersebut ada sebuah koprasi simpan pinjam yang memang dikhususkan untuk karyawan perusahaan itu sendiri.

Jika memang Anda menjadi karyawan di perusahaan tertentu, coba tanyakan kepada pihak manajeman perusahaan, barangkali ada pinjaman seperti itu di perusahaan. Ini sebuah keuntungan bisa membangun usaha sambil bekerja. Kalau bisa memanfaatkannya dengan baik, bangun sebuah usaha sambil bekerja dan kalau usaha tersebut sudah besar, baru setelah itu Anda berfokus pada usaha Anda.

15. Mendapatka modal dari hasil arisan

Kalau Anda mempunyai sebuah perkumpulan atau komunitas tertentu. Menjalankan sebuah arisan juga bisa menjadi modal usaha bagi Anda. Caranya adalah dengan sistem bergantian. Misalkan saja dalam 1 perkumpulan Anda ada 12 orang, maka setiap bulan bisa membayar arisan sebesar 1 juta rupiah. Kemudian yang mendapatkan arisan otomatis di bulan tersebut bisa langsung mendapatkan modal usaha sebesar 12 juta rupiah. Atau nominalnya lebih besar juga lebih bagus, asalkan semua anggota bisa komitmen membayar iuran arisan itu sendiri.

Biasanya yang bisa menjalankan program seperti ini adalah sebuah perkumpulan warga dalam satu desa, perkumpulan ibu-ibu, atau bisa juga di dalam 1 lingkup dari lingkungan kerja juga bisa. Selama saling mendukung program arisan tersebut, sebenarnya bisa menjadi solusi bagus dalam mendapatkan modal usaha.

16. Mendapatkan modal dari investree

Salah satu cara mendapatkan modal usaha yang lain bisa juga dengan meminjam di investree.id. Disini adalah sebuah perusahaan permodalan resmi di bawah OJK yang biasanya membiayai usaha start up atau bisa juga meminjamkan modal untuk para pelaku UMKM.

Dalam persayaratan mendapatkan pinjaman modal di investree sendiri di prioritaskan kepada para pedagang di marketplace biasanya. Untuk yang sudah pernah berjualan aktif di marketplace minimal 6 bulan bisa mengajukan pinjaman modal disana. 

Selain itu pinjaman lain di khususkan kepada para pelaku usaha yang sudah memiliki badan usaha minimal CV. jadi kalau sudah memiliki legalitas CV, maka akan lebih mudah untuk meminjam modal di investree. Kalau diluar beberapa persayaratan tadi ya berarti Anda tidak bisa mendapatkan pinjaman dari investree.

17. Sumber modal dari pegadaian

Cara mendapatkan modal yang lainnya bisa dengan menggadaikan sesuatu di pegadaian. Tentunya pegadaian sendiri akan menerima barang-barang yang mempunyai nilai jual. Barang-barang yang bisa digadai misalkan saja, emas, sertifikat tanah, sertifikat rumah, laptop, atau benda-benda yang berharga lainnya.

Kalau Anda mempunyai barang yang bisa digadaikan tentu saja bisa memanfaatkan hal tersebut untuk modal usaha. Namun perhatikan pula legalitas pegadaian tersebut, jangan sampai menggadaikan barang di tempat pegadaian yang ilegal dan bisa merugikan Anda sendiri.

Selain itu jika Anda ingin melakukan gadai barang perhatikan efektifitas dana tersebut. Jadi menggadai seperlunya saja, karena yang kita tahu bunga di pegadaian lumayan besar jumlahnya. Jangan sampai bunga dari pegadaian tersebut justru membebani Anda dalam menjalankan sebuah usaha.

18. Mendapatkan modal dari fintech peer to peer lending

Selanjutnya Anda juga bisa mendapatkan modal usaha dari fintech peer to peer lending. Peer to peer lending adalah sebuah sistem menemukan peminjam dan pemberi pinjaman via online. Sedangkan fintech sendiri adalah sebuah aplikasi pinjaman online. Anda tentu bisa memanfaatkan adanya sistem tersebut untuk mendapatkan modal usaha.

Banyak sekali fintech P2P yang ada di Indonesia. Namun Anda harus perhatikan benar apakah perusahaan atau badan pinjaman tersebut terdaftar secara resmi di OJK atau tidak. Kemudian silahkan untuk mencari jenis fintech yang terpercaya dari testimoni publik atau masyarakat. 

Contoh fintech P2P yang saya tahu seperti kredit pintar, klik acc, pinjaman go, kredit pro, rupiah cepat dan masih banyak lagi yang lainnya. Sesuaikan saja untuk memilih aplikasi yang terpercaya dan tidak memberatkan bagi Anda.

19. Mendapatkan modal usaha dari pinjaman pemerintah

Cara mendapatkan modal yang selanjutnya juga bisa dengan mengajukan pinjaman kepada program pinjaman dari pemerintah. Pemerintah selama ini juga sudah menjalankan beberapa program. Salah satunya adalah bantuan modal usaha untuk UKM dan UMKM. Yakni dengan menyediakan pinjaman melalui beberapa bank milik pemerintah atau juga beberapa lembaga keuangan lainnya.

Syarat untuk mendapatkan pinjaman dari pemerintah sendiri sebenarya bukanlah hal yang sulit. Selama Anda warga negara Indonesia berarti bisa ikut mendaftar. Namun sejauh ini saya lihat untuk bantuan modal dari pemerintah akan lebih mudah di dapatkan oleh para pelaku usaha yang sudah berbadan hukum CV. Gak ada salahnya kalau Anda sekalian membuat CV, karena banyak sekali jalan pemodalan yang bisa Anda dapatkan kalau sudah mempunyai badan usaha CV.

20. Mendapatkan modal usaha dari modalku.co.id

Modalku.co.id adalah salah satu perusahaan atau lembaga keuangan yang bergerak dalam fintech P2P yang mempertemukan antara investor dan juga peminjam, meskipun tidak secara langsung. Karena disini Anda bisa mendaftar menjadi orang yang memberikan pinjaman atau bisa juga mendaftar sebagai peminjam. Tentunya ini juga bisa menjadi salah satu solusi Anda dalam mendapatkan modal usaha.

Banyak yang sudah behasil mendapatkan pinjaman dari modalku.co.id. Bahkan tanpa anggunan pun bisa. Biasanya dari pihak modalku.co.id akan melakukan seleksi/survey atau penilaian terhadap usaha yang dijalankan. Selama arus keluar masuk penjualan tinggi, maka kemungkinan bisa mendapatkan modal dari badan keuangan yang satu ini.

21. Mendapatkan modal dari akseleran

Cara mendapatkan modal usaha yang ke 21 kali ini Anda bisa menggunakan situs perusahaan akseleran di akseleran.co.id. Disini Anda bisa melakukan pengajuan pinjaman untuk sumber modal usaha Anda.

Di situs akseleran ini Anda bahkan bisa mendapatkan pinjaman hinggan milyaran rupiah selama Anda memenuhi persyaratan. 

Tentu saja untuk mandapatkan pinjaman yang besar tersebut minimal harus berbadan usaha CV atau bisa juga dengan memberikan agunan tertentu. Untuk info jelasnya Anda bisa langung mengunjungi situsnya di akseleran.co.id.

22. Mendapatkan modal dari kredit mikro sampoerna

Cara mendapatkan modal yang selanjutnya adalah dengan mengajukan pinjaman pada program kredit mikro sampoerna. Ini adalah program yang disediakan oleh Bank Sahabat Sampoerna.

Namun untuk mendapatkan pinjaman dari program kredit mikro sampoerna ini setidaknya Anda harus memberikan jaminan. Jaminan yang bisa di gunakan antara lain mulai dari BPKB, Deposito, Tanah dan Bangunan kemudian bisa juga menjaminkan kebun.

Dalam situsnya juga dijelaskan beberapa persyaratan lain seperti usia minimal 21 tahun dan maksimal 61 tahun. Kemudian minimal sudah menjalankan usaha 2 tahun dan memiliki surat ijin usaha yang jelas. Artinya selama Anda melengkapi pesyaratan tersebut Anda akan lebih mudah disetujui dalam mengajukan pinjaman pada program kredit mikro sampoerna. 

23. Mendapatkan modal dari kredit barang

Melakukan kredit barang tertentu juga bisa  menjadi salah satu sumber modal usaha untuk Anda. Caranya Anda mengajukan kredit barang tertentu kepada pihak penyedia kredit. Kemudian barang tersebut Anda jual cash kepada orang yang Anda kenal dengan baik. Hal ini bisa dibenarkan asalkan sama-sama tahu bahwa barang tersebut memang masih dalam masa angsuran.

Lalu uang pembayaran penuh dari barang yang Anda kredit tersebut bisa Anda gunakan sebagai modal usaha. Dalam hal ini carilah barang yang harga jualnya mudah dan cepat, dengan begitu Anda pun bisa segera mendapatkan modal untuk usaha Anda tersebut.

24. Mendapatkan modal usaha dari ovo paylater

Selanjutnya Anda bisa juga mendapatkan pinjaman modal usaha dari ovo paylater. Ovo paylater sama dengan perogram cicilan tanpa kartu kredit yang disediakan oleh pihak ovo.

Ovo paylate ini akan diberikan kepada para pelanggan setia pengguna ovo dalam melakukan transaksi. Asalkan Anda pengguna ovo yang cukup sering maka nanti Anda akan mendapatkan fitur ovo paylater. 

Cara menggunakannya Anda bisa berbelanja di tokopedia atau bisa juga di gerai yang bisa menggunakan ovo paylater. Lalu barang tersebut bisa Anda cairkan untuk modal usaha Anda. Atau yang berhubungan dengan modal usaha, Anda bisa gunakan ovo paylater ini untuk membeli peralatan yang dibutuhkan pada usaha yang Anda jalankan.

25. Mendapatkan modal dari KUR Bank BRI

Cara mendapatkan modal yang ke 25 yakni mengikuti perogram Kredit Usaha Rakyat atau KUR di Bank BRI. Ini adalah sebuah program dari pemerintah untuk memudahkan para pelaku usaha kecil menengah untuk mendapatkan modal usaha.

Selanjutnya untuk mendapatkan pinjaman dari KUR Bank BRI ini ada 2 cara. Untuk usaha mikro tidak perlu menggunakan jaminan, sedangkan untuk usaha ritel diwajibkan untuk melampirkan jaminan.

Kemudian tentu akan dilakukan survey lapangan terlebih dahulu mengenai usaha Anda. Apakah usaha Anda layak dipercaya mendapatkan pinjaman atau tidak akan diputuskan setelah survey selesai. Selama Anda tidak punya masalah perbankan biasanya akan lebih mudah lolos dalam penilaian yang kemudian mendapatkan modal usaha dari KUR Bank BRI.

26. Mendapatkan modal dari KUR Bank Mandiri

Cara yang lain Anda juga bisa mengajukan pinjaman pada KUR Bank Mandiri. Ini adalah program yang sama cuma berbeda bank saja dengan Bank BRI. Di dalam KUR Bank Mandiri ada beberapa jenis pinjaman KUR yang tersedia. Mulai dari KUR Mikro, KUR Ritel, KUR Pemenpatan TKI dan juga ada KUR Khusus.

Pihak Bank Mandiri pada situsnya Mandiri.co.id juga menjelaskan bahwa untuk mendapatkan KUR Bank Mandiri ini bisa dengan proses yang cepat dan mudah. Kemudian untuk suku bunganya sendiri tergolong relatif kecil yakni hanya 6% dalam waktu 1 tahun.

Bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut bisa mengunjungi mandiri.co.id dan pilih menu KUR Bank Mandiri.

27. Mendapatkan modal dari Tokopedia Pinjaman Modal

Cara mendapatkan modal yang selanjutnya bisa mengajukan kepada tokopedia pinjaman modal. Namun dalam ada syarat khusus yang harus dipenuhi. Pinjaman ini hanya tersedia bagi Anda yang menjadi seller di tokopedia secara aktifitas minimal dalam jangka waktu 6 bulan.

Ini keuntungan tersendiri misalkan selama ini Anda menjadi seorang seorang reseller atau penjual asli di tokopedia. Tokopedia tentu saja berani memberikan pinjaman jika melihat data transaksi seorang seller tersebut dinilai mencukupi.

Lalu bagaimana dengan yang tidak menjadi seller di tokopedia? Anda masih bisa memanfaatkan fitur pinjaman tokopedia, namun nanti akan dialihkan ke pihak lain seperti BFI Finance dan juga adira. 

28. Mendapatkan modal dari Bukalapak Bukamodal

Tidak hanya tokopedia, bukalapak juga memberikan program yang sama yakni berupa program Bukalapak Bukamodal. Disini Anda bisa mendapatkan pinjaman yang bisa diakses secara full online.

Kemudian untuk mendapatkan pinjaman dari bukalapak bukamodal ini diharus minimal sudah menjadi seller aktif di bukalapak selama 6 bulan. Ini keuntungan bagi Anda yang sering berjualan di bukalapak tentunya.

Dari pihak bukalapak pun menjelaskan akan memberikan jumlah pinjaman yang fleksibel, yakni dimulai dari sebesar 2 juta rupiah hingga 2 milyar rupiah sesuai dengan kapasitas usaha peminjam. Lalu dari segi bunga bukalapak menyatakan memberi bunga yang relatif kecil yakni sebesar 0.9% setiap bulannya.

29. Mendapatkan modal dari Kredit Mikro Bank Sinarmas

Selanjutnya Anda juga bisa mendapatkan modal usaha dengan mengajukan pinjaman di Kredit Mikro Bank Sinarmas. 

Tentu saja untuk mendapatkan pinjaman modal dari Kredit Mikro Bank Sinarmas diharuskan memenuhi persyaratan. Dimulai dari penyerahan identitas yang jelas. Lalu untuk jumlah kredit yang cukup besar biasanya harus usaha yang sudah memiliki SIUP, TDP dan SKDU.

Untuk besaran pinjaman sendiri di golongkan menjadi 2 macam. Produk KUK diberikan jumlah pinjaman mulai dari 50 juta hingga 500 juta. Kemudian untuk produk pinjaman UKM sebesar diatas 500 juta hingga 2 milyar rupiah.

30. Mendapatkan modal dari Home Credit Multiguna

Selanjutnya Anda bisa mendapatkan modal usaha dengan memanfaatkan home credit multiguna. Ini adalah sebuah program yang diadakan oleh perusahaan home credit bagi para pelanggan setianya.

Dalam website home credit menjelaskan bahwa home kredit mempunyai niat untuk membantu kliennya dalam berbagai keperluan. Mulai dari perbaikan rumah, mobil dan berbagai keperluan dengan memberikan pinjaman uang tunai.

Syarat utama untuk mendapatkan pinjaman dari home credit multiguna adalah minimal menjadi pelanggan home credit selama 6 bulan dan tentu saja harus memiliki riwayat pembayaran yang baik. Dengan begitu Anda bisa melakukan pinjam modal di home credit.

31. Mendapatkan modal dari Tunaiku

Selanjutnya Anda juga bisa mendapatkan modal dengan meminjam di tunaiku.com atau melalui aplikasi tunaiku. 

Proses pengajuan pinjaman di tunaiku ini seperti halnya mengajukan di beberapa aplikasi fintech atau pinjaman online lainnya. Yakni dengan mengisi data diri dan melampirkan beberapa data diri dan data pekerjaan. Kemudian untuk pengusaha tentu saja harus melampirkan surat izin usaha dan legalitas usaha yang dimiliki.

Pihak tunaiku sendiri di websitenya tunaiku.com menjelaskan bahwa proses pinjam online akan diproses secara cepat. Kemudian untuk besaran pinjaman sendiri dimulai dari 2 juta hingga 20 juta rupiah. Kemudian untuk masa tenor adalah mulai dari 6 bulan hingga 20 bulan. Saya kira ini akan cukup membantu Anda untuk mendapatkan modal usaha tentunya.

32. Mendapatkan modal dari Julo

Selanjutnya Anda juga bisa mendapatkan modal dari Julo. Julo ini juga termasuk salah satu fintech untuk melakukan pinjam uang secara online melalui aplikasi julo. 

Untuk mendapatkan pinjaman dari Julo syaratnya adalah minimal berusia 21 tahun dan maksimal berusia 60 tahun. Kemudian untuk minimal penghasilan adalah Rp.1.700.000,- untuk setiap bulannya. 

Kemudian syarat yang lain adalah memiliki handphone pribadi dan masih dalam jangkauan wilayah layanan julo. Meskipun tawaran pinjaman cepat tidak terlalu besar yakni sebesar Rp.500.000,- hingga Rp.1.000.000,- tapi cukup lumayan untuk tambah modal usaha Anda. 

33. Mendapatkan modal dari Shopee Pay Later

Kalau Anda merupakan pelanggan setia belanja online di shopee pasti akan mendapatkan fitur shopee pay later. Ini juga cukup membantu Anda jika membutuhkan tambahan modal untuk usaha.

Shopee pay later ada 2 jenis, untuk pelanggan yang belum terlalu lama biasanya akan mendapatkan limit untuk belanja saja. Namun jika pelanggan lama yang sudah terpercaya biasanya akan mendapatkan pinjaman juga untuk tarik tunai.

Sedangkan pihak shopee akan menaikkan limit pinjaman bagi nasabah yang melakukan pembayaran secara tepat waktu. Jadi kalau Anda ingin mendapatkan pinjaman besar dari shopee, usahakan di awal meminjam untuk bisa tepat waktu membayar angsuran.

34. Mendapatkan modal dari aplikasi penghasil uang

Banyak aplikasi penghasil uang saat ini yang tersedia di playstore atau juga di internet. Hal itu juga bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan modal usaha tentu saja.

Akan tetapi untuk besarannya sendiri tidak terlalu besar, kecuali Anda pandai dalam mencari atau mendapatkan referra;.

Pilihlah aplikasi-aplikasi penghasil uang yang sudah terbukti membayar dan lakukan sesuai intruksi dari aplikasi tersebut.

Dan jangan lupa juga untuk menyiapkan pembayaran dengan paypal atau sejenisnya karena kebanyakan Anda akan dibayar dengan menggunakan dollar.

35. Mendapatkan modal dari bonus trading forex

Salah satu cara mendapatkan modal usaha yang tidak boleh Anda lupakan adalah memanfaatkan bonus dalam trading forex. 

Dalam sebuah broker forex biasanya sering mengadakan promo seperti modal gratis dan sejenisnya. 

Asalkan Anda bisa memanfaatkan promo-promo tersebut pastinya Anda akan lebih banyak refrensi dalam mengumpulkan modal untuk usaha.

Caranya adalah dengan mencari update terbaru akun trading forex no deposit bonus. Anda bisa mencari infor tersebut di pencarian internet atau bisa juga dengan bergabung dengan grup para trader tentunya.

36. Mendapatkan modal dari hasil monetisasi google adsense

Banyak sekali memang untuk mendapatkan modal usaha. Salah satunya adalah dengan memonetisasi channel youtube atau blog Anda kepada google adsense. Dari situ Anda bisa megumpulkan pundi-pundi uang untuk mendanai usaha yang Anda jalankan.

Kalau belum punya blog atau youtube berarti Anda butuh waktu yang lumayan untuk mendapatkan uang dari google adsense.

Tapi bukan berarti tidak mungkin. Anda bisa memulai membuat video atau artikel di blog. Selama konten yang Anda buat tersebut adalah sesuatu yang menarik, maka Anda bisa menarik banyak visitor. Dan dari situ Anda bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang lumayan yang bisa digunakan untuk modal usaha Anda.

37. Mendapatkan modal dari kerja menjadi penulis artikel

Selanjutnya Anda juga bisa mencari modal dengan menjadi seorang penulis artikel. Jasa penulisan artikel sekarang ini sudah semakin populer. Karena kebutuhan dalam digital marketing dengan website sangat erat hubungannya dengan pembuatan artikel yang berkualitas dan juga SEO.

Untuk mendapatkan uang dengan menjadi penulis artikel sendiri ada beberapa cara. Mulai dari menjual jasa rersebut langsung kepada konsumen yang membutuhkan atau menjadi penulis lepas di website-webiste yang memberikan bayaran kepada penulis.

Selama tulisan Anda bagus dan berkualitas, maka kemungkinan mendapatkan banyak orderan pun semakin tinggi. Dari sinilah Anda bisa mendapatkan uang untuk modal usaha Anda.

38. Mendapatkan modal dari menjadi freelancer online

Cara mendapatkan modal usaha yang ke 38 adalah dengan menjadi freelancer online. Anda bisa bergabung dengan banyak situs freelancer seperti freelancer.co.id atau sribulancer.com atau situs freelancer lainnya.

Dalam situs freelancer tersebut tersedia ribuan job yang bisa Anda ambil untuk menghasilkan uang. Anda bisa menyesuaikan job tersebut dengan keahlian Anda tentu saja.

Selama Anda bisa mendapatkan banyak job dan menyelesaikannya dengan baik, pastinya Anda akan mendapatkan banyak bayaran. Hasil uang inilah yang kemudian bisa Anda gunakan untuk modal usaha Anda.

39. Mendapatkan modal dari amartha P2P

Selanjutnya Anda juga bisa mengajukan pada amartha peer to peer landing. Ini seperti halnya beberapa perusahaan finteck lainnya. Asalkan Anda memenuhi persyaratan dari segi data diri dan juga pekerjaan, saya yakin pengajuan pinjaman Anda bisa diterima di P2P yang satu ini.

Yang paling penting sesuaikan juga jenis pinjaman Anda dengan kebutuhan. Lalu perhatikan juga besaran bunga nya, karena untuk modal tentu Anda harus lebih efisien tentunya.

40. Mendapatkan modal dari Jenius Flexi Cash

Kemudian masih ada lagi cara mendapatkan modal lainnya, yakni dari Jenius Flexi Cash. Jenius Flexi Cash adalah salah satu jenis fasilitas pinjam uang dana tunai tanpa jaminan di aplikasi Jenius. 

Pengajuan pinjaman kredit Jenius dilakukan secara online lewat aplikasi dan langsung cair ke rekening dalam 24 jam jika disetujui. Nasabah terpilih bisa mengajukan fasilitas pinjaman di Flexi Cash melalui aplikasi Jenius. Begitu dijelaskan dalam situsnya.

41. Mendapatkan modal dari koinworks

Daftar dan dapatkan pinjaman modal secara mudah dan bunga tidak mencekik, begitulah dijelaskan dalam situs pinjaman koinworks.com. Anda juga bisa memanfaatkan fintech yang satu ini untuk melakukan pinjaman secara online tentunya. Anda lihat terlebih dahulu persyaratan apa saja yang diminta dari koinworks. 

42. Mendapatkan modal dari KTA Bisnis Commbank

Selanjutnya mendapatkan modal dari CommBank KTA. CommBank KTA adalah salah satu produk kredit tanpa agunan dari Commonwealth Bank yang ditujukan untuk para peminjam, baik itu untuk biaya pendidikan, kesehatan ataupun biaya kebutuhan lainnya.

Sebagai salah satu pinjaman tanpa anggunan tentu cukup menarik karena tidak harus menyerahkan jaminan. Namun biasanya kebanyakan pinjaman tanpa anggunan membutuhkan persyaratan khusus, seperti karyawan tetap, atau sudah memiliki tabungan tetap di bank tersebut, atau tabungan lainnya.

43. Mendapatkan modal dari investasi jangka pendek

Beberapa jenis investasi jangka pendek juga bisa menjadi solusi untuk permodalan usaha Anda. Caranya Anda membeli produk investasi yang dalam jangka dekat bisa memberikan banyak keuntungan.

Investasi jangka pendek menguntungkan sendiri banyak sekali macamnya, mulai dari investasi emas, saham, reksadana dan beberapa jenis investasi lainnya.

Atau Anda juga bisa membeli barang berharga yang Anda perkirakan dalam waktu dekat harganya akan naik. Disitu Anda juga termasuk melakukan investasi jangka pendek.

Ketika Anda sudah menghasilkan uang dari investasi jangka pendek tersebut barulah Anda bisa menggunakannya untuk modal usaha Anda.

44. Mendapatkan modal dari menjadi makelar 

Salah satu kesempatan mendapatkan uang ketika Anda membutuhkan modal adalah dengan menjadi seorang makelar. Yakni dengan menjualkan barang orang lain. Terutama untuk barang atau unit yang cukup modal seperti menjadi makelar rumah dan sejenisnya. Karena makelar barang-barang mahal seperti itu komisinya cukup besar sebagai modal untuk usaha Anda.

45. Mendapatkan modal dari leasing atau leasback

Cara yang ke 45 adalah mendapatkan modal dari cara leasing dan leasback. Anda pasti sudah sering mendengar mengenai istilah yang satu ini. Yakni dengan cara mengajukan sebuah kredit motor melalui sebuah leasing.

46. Mendapatkan modal dari pinjaman BUMN

Program-program pinjaman dari pemerintah juga sangat sering diadakan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para UKM dan UMKM dalam menjalankan sebuah usaha. Anda bisa mendapatkan modal dari pogram yang satu ini selama status usaha Anda jelas. Ini akan lebih mudah jika Anda memiliki jenis badan usaha seperti CV. Minimal usaha Anda harus memiliki perizinan yang jelas dari pemerintah setempat. Kemudian pada tahapan surveynya juga harus meyakinkan untuk usaha tersebut, kemudian juga untuk prospek usaha ke depan.

47. Mendapatkan modal dari dana gabungan usaha

Menjalankan usaha sendiri memang terkadang cukup berat, apalagi jika mengalami kekurangan modal. Salah satu solusinya Anda bisa menggabungkan usaha Anda dengan usaha orang lain. Dari situ nanti Anda juga bisa terbantu dari segi modal karena manejemen usaha yang disatukan.

Namun menjalankan usaha gabungan harus memiliki kesepakatan yang jelas antara Anda dan rekan bisnis Anda agar tidak ada yang dirugikan di kemudian hari nanti.

Dalam hal ini ada cara lain lagi yakni dengan menjalankan usaha bersama orang lain. Anda bisa mengajak partner untuk menjalankan usaha bersama. Dari situlah Anda bisa melakukan patungan modal sehingga Anda bisa menambah modal untuk usaha yang Anda jalankan.

48. Mendapatkan modal Ventura

Menurut wikipedia Modal ventura adalah suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan usaha (investee company) untuk jangka waktu tertentu.

Jika Anda ingin mendapatkan modal, juga bisa menggunakan jenis modal ventura yang satu ini.

49. Mendapatkan modal dari teman

Mendapatkan modal memang ada banyak sekali cara asalkan Anda mau berusaha. Salah satunya adalah dengan meminjam kepada teman Anda sendiri. Namun di dalam meminjam kepada teman tentu Anda harus mempunyai teman yang mempunyai dana lebih.

Selain itu jika meminjam modal kepada teman, usahakan juga untuk memberikan teman Anda profit dari usaha yang dijalankan. Selain itu jangan sampai Anda telat membayar hutang, jangan sampai pertemanan Anda rusak karena pinja modal untuk usaha. Maka itu adalah hal yang sangat disayangkan.

50. Mendapatkan modal dari keluarga

Cara mendapatkan modal usaha yang ke 50 bisa juga dengan modal dari keluarga. Cara yang satu ini bisa Anda gunakan jika ada anggota keluarga Anda yang memiliki cukup banyak dana tentunya. Atau bisa juga sebenarnya dengan cara patungan dalam satu keluarga atau keluarga besar untuk mengumpulkan modal itu sendiri.

Namun Anda harus berhati-hati ketika meminjam modal terhadap keluarga. Harus konsiten dengan kesepakatan awal yang sudah dibuat. Karena bagaimanapun juga jangan sampai hubungan keluarga rusak karena masalah keuangan. Jadi usahakan untuk saling konsisten dan saling menjaga Antara peminjam dan yang meminjami meskipun itu masih keluarga sendiri.

Berikut yang saya rangkum lengkap untuk Anda sebanyak 50 cara mendapatkan modal usaha. Yang paling penting Anda harus pandai dalam memilih lembaga keuangan yang terpercaya agar tidak dirugikan. Dan jangan lupa untuk memperhatikan kebutuhan modal, resiko dan kemampuan untuk mengembalikan modal itu sendiri. Karena sejatinya mendapatkan modal memang bukan hal yang mudah, akan tetapi mengembalikan modal justru lebih sulit lagi. Semoga yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat, semoga sukses buat Anda dan terima kasih.

Sakti Prayoga
Sakti Prayoga " Ketika keyakinan itu kuat, maka keberhasilan makin dekat " by : Situs Belajar Bisnis I Aldanpost I ragam bisnis dan Pakar Cinta

Posting Komentar untuk "50 Cara Mendapatkan Modal Untuk Usaha Anda, Paling Lengkap"

Berlangganan via Email