Cara Ampuh Menghasilkan Uang Dari Blog
Cara Ampuh Menghasilkan Uang Dari Blog - Membuat sebuah blog mungkin masih bisa dikatakan mudah, jika hanya sebuah blog sederhana saja, tetapi untuk membuat blog yang bisa menghasilkan uang, hampir tidak akan terjadi dalam waktu singkat. Ada banyak faktor baik teknis maupun non teknis yang mempengaruhi.
Sama halnya dengan bisnis konvensional, ibarat
sebuah produk, blog kita juga harus berkualitas dan menyasar segmen yang tepat.
Juga ada peran persaingan dalam memperebutkan segmen pasar yang sama.
Jadi sebelum kita memulai bahasan kita pertama
kita buang dulu pemikiran mengenai cara cepat menghasilkan uang dari blog. Meskipun
artikel ini berjudul terbukti, cara ampuh menghasilkan uang dari blog. Bukan
berarti ini adalah cara yang mudah dan cepat. Melainkan tetap membutuhkan
proses untuk menempuhnya. Anda membutuhkan persiapan seperti menyiapkan domain
dan layanan hosting yang sesuai untuk kebutuhan Anda.
Juga, yang terpenting adalah penguasaan teknis
dan pengetahuan tentang peluang-peluang yang bisa dikonversi menjadi keunggulan
disertai dengan niat yang kuat beserta konsistensi dalam membangun blog.
Peluang memonetasi Blog
Blogging tentu saja merupakan cara yang sah
untuk menghasilkan uang secara online. Postingan ini akan membahas tentang cara
memonetisasi blog Anda. Kami akan menguraikan beberapa cara yang jelas untuk
menghasilkan uang secara online dari blog. Silakan disimak dan di ikuti point
mana yang Anda rasa sangat cocok dengan diri Anda.
1. Layanan Konsultasi dan Pembinaan
Jika Anda mahir dalam suatu bidang, anda bisa
mulai berbagi pengalaman dan pengetahuan Anda di blog yang Anda miliki. Misal,
anda adalah pakar di bidang manajemen bisnis. Nah, buatlah artikel-artikel dari
pengalaman Anda, bisa berupa panduan, strategi, tips yang berkenaan dengan hal
tersebut.
Dan Anda juga bisa memasang jasa layanan
konsultasi dan pembinaan di blog Anda sendiri. Dengan begitu blog Anda bisa
menjadi sumber penghasilan bagi diri Anda.
2. Jaringan periklanan
Jaringan periklanan melakukan semua tugas
berat untuk Anda. Mereka mengelola semua inventaris iklan dan menayangkan iklan
yang paling sesuai untuk setiap pengunjung. Jaringan iklan mendapatkan bagian
dari setiap iklan yang ditampilkan di situs Anda.
Semua orang - penerbit (Anda), jaringan iklan, dan pedagang - mendapatkan keuntungan dari layanan ini. Pedagang menyukai layanan ini karena banyaknya jumlah blog (mis., Tampilan halaman) yang mereka dapatkan akses instan, alih-alih mengerjakan kesepakatan dengan blog individu.
Beberapa jaringan iklan mengkhususkan diri
pada bidang tertentu, jadi tanyakan dulu kepada perwakilan periklanan untuk
memastikan blog Anda sesuai. Silahkan baca diartikel layanan Publisher CPM
terbaik yang bisa Anda coba.
Banyak dari jaringan iklan ini membutuhkan
minimal 100.000 pengunjung unik per bulan. Jika Anda baru memulai, ini biasanya
merupakan masalah besar.
Jaringan iklan termudah untuk memulai adalah
Google AdSense. Jika Anda sudah memiliki konten blog, Anda dapat langsung aktif
dan berjalan dalam beberapa menit. Sisi positifnya, AdSense tidak memerlukan
jumlah lalu lintas minimum.
Sayangnya, AdSense biasanya menghasilkan
pendapatan paling sedikit. Biasanya ada opsi yang lebih baik untuk menghasilkan
lebih banyak uang dengan iklan BPK (biaya per klik).
Masalah dengan jaringan iklan adalah mereka
mencoba memaksimalkan pendapatan iklan. Pada awalnya, ini tampak hebat! Namun,
pendapatan itu biasanya datang dengan mengorbankan peringkat pencarian Anda di
Google.
Biasanya, semakin agresif spanduk iklannya,
semakin kecil kemungkinan Anda akan mendapatkan peringkat untuk kata kunci yang
sangat kompetitif di Google.
3. Iklan Pribadi
Cara lain untuk memonetisasi situs Anda dengan
iklan adalah melalui penempatan iklan pribadi. Dengan opsi ini, Anda melakukan
semua pekerjaan sendiri, tetapi Anda memiliki semua kendali. Biasanya, Anda
dapat melakukan ini ketika Anda memiliki audiens situs web yang cukup besar
atau bekerja dalam bidang bisnis yang spesifik.
Dengan iklan pribadi, Anda menemukan pedagang,
Anda menetapkan persyaratan dan harga, Anda membuat IO / insert order (masukkan
pesanan), dan Anda mencari cara untuk menampilkan iklan di blog Anda.
Bagian yang paling menantang dari ini adalah
mengelola inventaris iklan Anda. Anda membutuhkan cara untuk menayangkan iklan
kepada audiens Anda. Anda bisa menggunakan Plugin WordPress dan Server Iklan
yang dihosting Sendiri.
Memulai dengan plugin iklan WordPress adalah
pilihan terbaik Anda jika Anda baru memulai. Saya merekomendasikan AdSanity .
Namun, seiring pertumbuhan Anda, kemungkinan besar Anda tidak ingin blog Anda
menjadi host iklan. Ini memperlambat kinerja blog Anda.
Jika Anda mahir secara teknis , Anda dapat
menghosting server iklan Anda sendiri. anda bisa menggunakan Revive Adserver ,
yang gratis untuk digunakan. Ini memberi Anda semua jenis opsi, seperti
memisahkan iklan dari situs web, dan itu dapat membuat blog Anda berjalan lebih
cepat.
4. Konten bersponsor
Anda atau pedagang membuat artikel untuk
dipublikasikan di blog Anda. Pedagang membayar Anda untuk menerbitkan konten
itu. Pembayaran itu bisa dalam bentuk cold-hard cash, atau bisa juga produk
gratis. Dengan posting bersponsor, Anda mengatur persyaratan dengan pedagang.
Sebagai satu paket, Anda dapat memasukkan
produk pengiklan melalui media lain. Ini termasuk saluran media sosial Anda
seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll. Mereka juga dapat menyertakan milis
Anda.
Selain itu, jika Anda membuat posting
bersponsor, pastikan link ke merchant tersebut nofollow . Banyak pedagang
menggunakan pos bersponsor sebagai sarana untuk membantu meningkatkan jumlah
tautan ke situs web mereka.
Dengan SEO, backlink adalah sumber kehidupan.
Tetapi Google tidak menyukai tautan balik yang tidak organik - artinya tidak
dibayar. Jadi, pastikan tautan sponsor itu tidak dihitung. Gunakan rel =
"nofollow bersponsor" saat menautkan ke penjual di postingan
bersponsor.
Ketika posting bersponsor dilakukan dengan
baik, mereka asli dan membantu pembaca. Jika dilakukan dengan tidak benar,
mereka membuat merek Anda menjadi lebih murah dan membuat Anda terlihat seperti
orang yang laris.
Masalah lain dengan posting bersponsor adalah
mereka memerlukan sejumlah lalu lintas web sebelum vendor akan bekerja dengan
Anda. Jumlah trafik akan bervariasi berdasarkan perusahaan.
Beberapa perusahaan bahkan mungkin tidak
peduli, karena itu bagian dari anggaran belanja iklan mereka dan mereka melihat
posting bersponsor sebagai latihan branding.
5. Pemasaran Afiliasi / Afiliasi marketing
Dengan pemasaran afiliasi, Anda mempromosikan
dan memasarkan produk perusahaan lain. Anda menghasilkan uang ketika pengunjung
mengklik link dan kemudian melakukan konversi.
Konversi itu ditentukan oleh pedagang. Ini
bisa sesederhana mendaftar email, atau serumit tidak hanya membuka akun tetapi
juga menyetor uang. Kebanyakan pedagang dengan program pemasaran afiliasi akan
memberi Anda kredit saat terjadi penjualan.
Dua metode konversi yang paling umum adalah:
·
CPL - Atau "cost per
lead". Anda mendapat komisi ketika seseorang mendaftar ke milis afiliasi.
Pendaftaran ini mungkin atau mungkin tidak menjadi pelanggan berbayar.
·
CPA - Singkatan dari "cost
per action". Anda mendapat komisi saat tindakan tertentu terjadi.
Biasanya, itu adalah penjualan, tetapi bisa juga apa pun yang didefinisikan
pedagang sebagai konversi yang berhasil.
Pemasaran afiliasi, tidak seperti iklan
online, biasanya lebih cocok untuk blogger pemula. Itu karena Anda dibayar
berdasarkan kualitas konversi, bukan kuantitas. Dengan pemasaran afiliasi, Anda
menghasilkan uang hanya ketika pengunjung berkonversi.
Di sisi lain, dengan banner iklan, Anda
menghasilkan lebih banyak uang dengan lebih banyak lalu lintas web.
Jadi seorang blogger pemula dapat menghasilkan
lebih banyak uang secara signifikan dari pemasaran afiliasi daripada dari
spanduk iklan. Yang penting dengan pemasaran afiliasi adalah keterlibatan
audiens Anda dan relevansi produk pedagang.
Afiliasi pemasaran adalah cara favorit banyak
orang untuk menghasilkan uang secara online. Kelebihan dari pemasaran afiliasi
adalah:
·
Tidak ada inventaris
·
Tidak ada layanan pelanggan
·
Tidak ada penelitian dan
pengembangan
Anda dapat menghasilkan uang bahkan saat Anda
sedang tidur. Jika Anda menyukai suatu produk, Anda mulai menjualnya di situs
web Anda dalam beberapa menit.
Sisi negatif dari pemasaran afiliasi adalah
Anda tidak memiliki produk yang Anda tawarkan. Program pemasaran afiliasi
datang dan pergi, dan Anda mengikuti keinginan pedagang. Jika perusahaan
memutuskan untuk menutup program afiliasinya, Anda kehilangan sumber
pendapatan.
Sayangnya, ini lebih sering terjadi daripada
yang Anda pikirkan. Jadi, Anda harus melakukan diversifikasi menggunakan
beberapa afiliasi dan tidak bergantung pada pendapatan hanya dari satu
pedagang.
6. Produk Digital
Level selanjutnya adalah membangun produk
digital Anda sendiri daripada menjual produk orang lain melalui pemasaran
afiliasi.
Produk digital dapat dibagi menjadi empat
jenis:
·
E-book
·
Kursus online
·
KTT Virtual
·
Perangkat lunak / Software
Hal yang menyenangkan tentang produk digital
adalah Anda membuatnya sekali. Anda tidak memiliki inventaris, tetapi Anda
memiliki potensi naik yang tidak terbatas. Satu-satunya batasan adalah
kemampuan Anda untuk memasarkan ke audiens.
Beberapa produk digital membutuhkan lebih
banyak waktu daripada yang lain. Misalnya, e-book singkat dapat memakan waktu
beberapa minggu untuk ditulis, sementara kursus dapat memakan waktu tiga hingga
empat bulan atau lebih, tergantung pada panjang dan kerumitannya.
Saat ini, untuk sebagian besar pasar (dengan
mungkin pengecualian dari 65 lebih audiens), semuanya harus dijual secara
online tanpa produk fisik.
7. Produk Fisik
Anda bisa menjual produk fisik di blog anda,
Seperti menjual sayuran, makanan ringan, Aksesoris, pakaian dan produk fisik
lainnya baik itu anda sebagai suplier, reseller
ataupun dropshipper. Cara ini cukup jelas dan nyata seperti halnya anda
berjualan di dunia nyata, hanya saja proses berjualannya saja yang dilakukan
secara online.
Anda juga bisa mengolaborasikan dengan
marketplace besar lainnya semisal anda membuat tutorial penggunaan atau review
produk yang anda jual di blog yang anda miliki, dan mengarahkannya ke toko anda
milik anda di marketplace yang anda ikuti.
Hal ini tentu bisa menjadi daya tarik
tersendiri bagi para calon pembeli, selain mererka lebih faham dengan apa yang
akan mereka beli mereka juga bisa merasa lebih yakin dengan toko anda.
Itulah beberapa cara menghasilkan uang dari
blog, silakan ikuti yang sekiranya sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. jika
ada pertanyaan, kritik ataupun saran, silahkan tinggalkan dikomentar dan
terimakasih sudah berkunjung (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Cara Ampuh Menghasilkan Uang Dari Blog "