Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Mengapa Berwirausaha Harus Fokus Satu Saja Untuk Pemula

Daftar Isi [Tampil]
mengapa-harus-fokus-berwirausaha

Mengapa berwirausaha harus fokus. Mungkin diantara sahabat bisnisan.id sekarang ini masih ada yang belum fokus berwirausaha, padahal fokus itu sangat penting. Seperti halnya ketekunan dalam menjalankan sesuatu sudah pasti akan membuahkan hasil di kemudian hari, kemudian terus menerus berganti tujuan bisnis atau terlalu banyak menjalankan bisnis.

Fokus dalam berwirausaha adalah sebuah tindakan untuk mencurahkan waktu, tenaga, fikiran dan juga kemampuan kita dalam satu bidang saja dalam usaha yang dijalankan. Dengan fokus kita bisa memberikan apa kelebihan dalam diri kita semaksimal mungkin dalam berwirausaha. Berbeda jika kita tidak fokus, semuanya akan terbagi-bagi. 

Dan kalau kita tidak fokus biasanya akan ada satu atau dua hal yang terlupakan, tidak maksimal dan bahkan bisa jadi salah satu usaha tersebut tidak terurus sampai akhirnya mengalami kegagalan dalam berwirausaha. Beberapa alasan dan manfaat fokus dalam berwirausaha akan coba saya jelaskan lebih dalam pada kesempatan kali ini.


Alasan Mengapa Berwirausaha Harus Fokus


1. Dengan fokus waktu mengurus usaha menjadi lebih maksimal

Yang pertama adalah dari segi waktu. Waktu kita dalam 1 hari 1 malam adalah sebanyak 24 jam. Berapa jam kita menjalankan sebuah usaha? Sedangkan kita masih harus menjalankan banyak rutinitas lainnya.

Mari coba kita hitung, ini contoh yang saya alami sendiri. 24 Jam sudah pasti terpotong waktu tidur. Rata-rata orang tidur maksimal 7 jam dalam semalam. Artinya waktu sudah terpotong (24 jam - 7 jam ) sisa 17 jam. 

Lalu terpotong kembali untuk urusan MCK dalam sehari 1-2 jam (17 jam - 2 jam) sekarang tinggal tersisa 15 jam. Terpotong lagi waktu untuk keluarga, waktu makan, waktu ada acara lain-lain. Anggap saja sisa 10 jam untuk menjalankan wirausaha. 

Lalu apakah pernah Anda menjalankan wirausaha penuh selama 10 jam dalam sehari, kan masih terpotong lagi untuk waktu lain-lain. Bisa jadi tinggal 8 jam. Kalau 8 jam ini kita buat menjalankan 4 bisnis dan 1 bisnis. Kita sudah tahu jawaban hasilnya, pasti lebih maksimal menggunakan waktu untuk 1 bisnis saja.

2. Bisa maksimal merancang strategi dalam berwirausaha

Di dalam menjalankan wirausaha kita diharuskan melakukan strategi-strategi khusus. Hal ini bertujuan agar usaha kita bisa cepat berkembang. Mulai dari merancang, melakukan promosi, melakukan produksi, dan lain-lain. Beberapa banyak strategi yang kita bisa munculkan dan seberapa maksimal kita menjalankannya? Pasti akan lebih maksimal jika menjalankan 1 usaha saja. Ketimbang memikirkan strategi untuk 2, 3 atau bahkan 4 usaha sekaligus.

Sampai disini, Anda sudah mulai mengerti kan pentingnya fokus dalam berwirausaha. Seperti halnya fikiran kita juga memiliki ambang batas. Kalau untuk memikirkan banyak hal sekaligus secara terus menerus saya yakin tidak akan kuat. Bisa saja, akan tetapi di satu waktu di khawatirkan kita memikirkan usaha kita tidak maksimal dan justru malah salah langkah dalam menjalankan usaha tersebut.

3. Bisa melakukan evaluasi dalam berwirausaha

Selanjutnya adalah dalam evaluasi usaha. Setiap usaha pasti melakukan sebuah kesalahan. Apalagi jika masih pemula. Dan tentu membutuhkan waktu untuk melakukan evaluasi dan memperbaiki usaha tersebut. Apa yang akan terjadi jika kita menjalankan banyak usaha sekaligus? Pasti salah satu usaha nanti akan tidak terurus untuk satu waktu, dan bisa juga mengalami kerugian. Dan yang namanya kerugian akan berimbas pada keuangan yang akhirnya mengganggu seluruh usaha yang kita jalankan.

Berbeda jika kita fokus menjalankan 1 usaha saja. Kita akan melakukan evaluasi secara menyeluruh apabila terjadi sebuah kesalahan dalam menjalankan sebuah usaha tersebut. Dan tentu saja akan lebih maksimal untuk membenahi kesalahan dalam berwirausaha tersebut.

4. Potensi kita menjadi maksimal untuk usaha tersebut

Masih ada alasan lain lagi, yakni dalam hal potensi, kemampuan atau keahlian yang kita miliki. Setiap orang memiliki tingkat keahlian khusus untuk bidang tertentu. Kalau kita menjalankan usaha dalam beberapa bidang sekaligus, bisa jadi salah satu usaha tersebut justru bukan usaha yang cocok untuk kita. Alias menjalankan usaha tanpa kita yang maksimal. Dan tentu saja hasilnya pun tidak akan baik.

Kalau kita menjalankan fokus pada satu usaha saja, otomatis kita akan mengerahkan seluruh potensi kita pada usaha tersebut. Dengan begitu kita bisa maksimal dalam menjalankan usaha tersebut.

5. Kesuksesan besar dalam jangka panjang

Kalau kita fokus dalam berwirausaha, kesuksesan besar akan kita raih dalam jangka panjang. Bahkan dalam jangka dekat pun bisa. Karena kalau kita fokus kita akan lebih cepat menaikkan nama brand bisnis kita. Baik itu brand usaha maupun personal branding kita sendiri sebagai pelaku usaha. 

Saya berikan sebuah contoh bahwa fokus lebih cepat menaikkan personal branding. Ketika Anda menjalankan bisnis satu saja misalkan "jualan mie ayam bakso", maka orang akan lebih cepat mengenal Anda sebagai penjual bakso, tukang bakso, juragan bakso atau bos mie ayam. Beda cerita kalau Anda menjalankan 5 jenis bisnis sekaligus. Jalanin jualan mie ayam bakso, jual baju, bukak tambal ban, jual ternak, dan usaha lainnya sekaligus. Orang akan lebih sulit mengenal brand Anda sebenarnya.

Lalu, Apakah tidak boleh menjalankan banyak usaha sekaligus?

Boleh saja, asalkan sudah tahu cara menjalankan banyak usaha. Dan itu ada tingkatannya. Untuk seorang pemula, sangat tidak disarankan menjalankan langsung beberapa usaha sekaligus, alias tidak fokus. Beberapa pengusaha besar bisa mempunyai banyak usaha bukan berarti mereka menangani semua usaha tersebut secara langsung. Justru mereka bisa jadi hanya pemilik dan mengontrol saja. Didalamnya ada orang kepercayaan khusus yang fokus untuk menjalankan usaha tersebut. Kalau Anda sudah sampai pada tingkatan tersebut saya rasa syah saja untuk menjalankan banyak usaha sekaligus. 

Kesimpulan

Sudah jelas saya kira penjelasan mengenai mengapa berwirausaha harus fokus. Karena dengan fokus, seseorang bisa mengalokasikan seluruh, waktu, fikiran, tenaga dan potensinya secara penuh untuk 1 buah usaha. Yang akhirnya usaha tersebut bisa terurus dengan baik, dan tentu usaha tersebut menjadi berkembang lebih cepat dan maksimal.

Posting Komentar untuk "5 Alasan Mengapa Berwirausaha Harus Fokus Satu Saja Untuk Pemula"