Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Agar Pandai Berbicara Di Depan Umum Demi Kesuksesan Bisnis

Daftar Isi [Tampil]
cara-agar-pandai-berbicara-di-depan-umum

Cara agar pandai berbicara di depan umum. Seorang pebisnis pemula harus tahu kalau yang namanya pandai dalam berbicara bisa menjadi sebuah kunci kesuksesan. Sebenarnya tidak hanya dalam berbisnis, dalam bidang apapun juga bisa menjadi sebuah kunci kesuksesan. Misalkan saja kesuksesan karir di perusahaan, kesuksesan sebagai seorang tokoh atau selebritis. Semua hal tersebut membutuhkan keahlian berbicara di depan umum.

Lalu bagaimana jika kamu adalah seorang yang minder, selalu grogi jika di depan umum, pastinya akan terhambat kesuksesan Anda. Karena seorang yang minder akan sulit untuk dikenal publik. Lalu apakah Anda bisa berubah menjadi orang yang PD untuk bicara di depan umum? Jawabannya sangat bisa, selama Anda mau berlatih dengan tekun.

Dan pada kesempatan kali ini, bisnisan.id akan memberikan beberapa tips penting bagi Anda untuk menjadi seorang yang pandai berbicara di depan umum, tips tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Peluas wawasan di bidang yang Anda jalani

Ilustrasi memperluas wawasan

Langkah awal untuk menjadi seorang yang pandai berbicara di depan umum adalah memperluas wawasan di bidang yang Anda jalani. Dengan wawasan yang luas kamu bisa memberikan penjelasan yang detail. Selain itu jika kamu sudah memahami mengenai apa yang akan kamu sampaikan, kamu akan menjadi lebih percaya diri.

Manfaat lain adalah untuk audiens Anda, ketika kamu sudah paham apa yang kamu sampaikan, mereka juga akan lebih memahami materi tersebut. Berbeda dengan orang yang tidak ahli dalam apa yang mereka sampaikan, biasanya penjelasannya akan jauh lebih membingungkan. Jadi banyaklah belajar, entah itu membaca buku, atau browsing di internet mengenai bidang yang sedang Anda tekuni sekarang.

Untuk urusan bisnis, ketika hendak melakukan presentasi pastikan Anda menguasai materi tersebut. Dengan penguasaan yang kuat Anda akan lebih mudah menarik perhatian audiens. Ini penting sekali, apalagi presentasi tersebut untuk sebuah penawaran bisnis kepada para invetor, presentasi Anda ini akan sangat menentukan.

2. Meningkatkan rasa yakin dan berani untuk tampil di depan umum

Yakinlah pada diri Anda sendiri bahwa Anda mampu, Anda bisa. Ucapkan dan sugesti diri Anda bahwa Anda memang seorang yang berani di depan umum. Semakin Anda yakin, maka semakin baik cara berbicara Anda di depan umum.

Memang tidak mudah untuk meningkatkan rasa yakin dan berani tersebut. Namun selama kamu berusaha terus melakukan sugesti kepada fikiran dan hati Anda, maka lama kelamaan Anda akan benar-benar menjadi seorang yang berani dan pandai berbicara di depan umum.

3. Membuat point-point penting sebelum melakukan sebuah presentasi

Ilustrasi membuat point penting

Sebuah tips khusus yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan bicara di depan umum adalah membuat point-point penting. Anda boleh mencatatnya dalam kertas kecil point-point penting tesebut. Disini Anda tidak harus menghafal semua yang Anda ingin sampaikan. Anda cukup mengingat dan memahami point-point pentingnya saja.

Kesalahan besar seseorang yang hendak melakukan presentasi adalah mereka menghafal seluruh naskah. Menghafal naskah tidak menjadikan Anda pandai berbicara di depan umum. Yang benar adalah memahami naskah tersebut dan menjelaskan kembali dengan gaya bebas yang Anda miliki dalam berbicara.

Ketika seseorang berbicara di depan umum dengan hafalan, salah sedikit saja bisa lupa semua hafalan tersebut. Lagi pula menjelaskan sesuatu dengan hafalan tidak akan mudah untuk dipahami. Jadi yang benar adalah pahami dan buat point-point penting sebelum berbicara di depan umum.

4. Belajar menguasai audiens Anda

Langkah selanjutnya Anda harus belajar menguasai Audiens Anda. Anggap mereka semua menyukai Anda dan jangan menganggap mereka sebagai sosok yang menakutkan. 

Anggap audiens Anda adalah teman baik yang siap mendengarkan apa yang Anda sampaikan. Dengan begitu Anda akan lebih lepas dan bisa menguasai audiens dengan baik.

Cara menguasai audiens bisa dengan memberikan beberapa humor dan penyampaian yang interaktif. Degan begitu suasana presentasi yang Anda berikan akan lebih cair dan tidak tegang.

5. Jangan terlalu peduli dengan penilaian dari audiens

Salah satu hal yang menjadikan seseorang berani dan pandai bicara depan umum adalah cuek. Jadi jangan memusingkan penilaian dari audiens Anda. Anda hanya perlu menyampaikan apa yang perlu Anda sampaikan.

Jadi banyak orang yang minder karena mereka takut mendapatkan komentar negatif. Banyak yang jadi minder karena mereka takut dibilang jelek saat berbicara di depan umum. Pemikiran seperti harus Anda buang jauh-jauh. Cuek saja dan tetap fokus pada hal yang harus Anda sampaikan. Enjoy saja dengan apa yang Anda sampaikan. Dengan begitu Anda akan sangat nyaman dalam berbicara di depan umum.

6. Berbicaralah lebih tulus dari hati di depan umum

Ilustrasi berbicara depan umum by www.in-learning.com

Jika Anda ingin merebut simpati dan perhatian dari audiens Anda. Berbicaralah lebih tulus dari hati. Ini seperti halnya menyampaikan sebuah hal penting yang harus mereka mengerti dan harus mereka pahami. Bicaralah lebih tulus dari hati tanpa rasa ragu. Sampaikan unek-unek Anda dengan tulus. 

Biasanya orang yang mampu berbicara dari hati di depan umum akan mudah sekali disukai banyak orang. Dan kalau Anda bisa melakukannya tentu akan menjadikan Anda lebih mudah untuk sukses.

7. Gunakan bahasa yang sederhana, komunikatif dan mudah dipahami

Langkah selanjutnya adalah perhatikan gaya bahasa yang Anda gunakan. Lihat terlebih dahulu keseluruhan audiens Anda. Jika sebagian dari mereka adalah masyarakat biasa, maka gunakanlah bahasa yang lebih umum, sederhana dan mudah dipahami.

Jangan terlalu banyak menggunakan istilah asing. Mungkin bagi sebagian orang akan terlihat intelektual. Tapi percuma kalau sebagian audiens Anda bahkan tidak paham dengan apa yang Anda sampaikan.

Jadi pergunakanlah bahasa sehari-hari yang cukup komunikatif dan mudah dipahami. Itu akan lebih efektif untuk mensukseskan presentasi atau bicara di depan umum yang Anda lakukan.

8. Memperbanyak interaksi dengan banyak orang

Ilustrasi interaksi sosial by pexels.com

Salah satu cara untuk melatih kepandaian dalam bicara depan umum adalah sering melakukan interaksi dengan banyak orang secara langsung. Kalau Anda orang yang minder cobalah untuk belajar banyak bergaul dan berinteraksi dengan orang sekitar.

Ini penting sekali untuk meningkatkan keberanian bicara depan umum dan juga sekaligus untuk melatih kepandaian Anda dalam mengolah kata. 

Coba lihat orang-orang yang pandai bergaul. Mereka bisa nyambung dalam segala hal karena memang mereka sering berinteraksi dengan banyak orang.

9. Rileks dan nikmati saja ketika sedang berbicara di depan umum

Cara selanjutnya cobalah untuk rileks setiap tampil di depan umum. Tidak usah tegang dan tidak perlu takut. Semakin rileks Anda dalam berbicara, maka semakin jelas penyampaian yang Anda berikan tersebut. Jadi jangan merasa terbebani dengan harus bicara di depan umum. Namun nikmati saja setiap proses yang Anda lakukan tersebut.

10. Jadilah pendengar yang baik

Seorang pembicara yang baik adalah seorang pendengar yang baik. Semakin pandai Anda menjadi seorang pendengar maka semakin pandai pula Anda untuk menjadi seorang pembicara.

Ini benar adanya, jadi ketika dalam sebuah forum interaktif, cobalah untuk mendengarkan yang sedang berbicara. Ini juga akan menjadikan orang lebih simpatik terhadap Anda karena Anda mau mendengarkan mereka dan mereka pun akan gantian mendengarkan Anda ketika Anda nanti berbicara.

11. Teruslah berlatih dan membiasakan diri

Yang terakhir adalah terus berlatih dan membiasakan diri. Sebuah keahlian akan semakin terasah apabila Anda sering melakukannya. Jadi jangan malas untuk berlatih dan terus berbicara depan umum. Jangan ragu untuk mengambil setiap kesempatan yang ada. 

Misalkan saja ada acara berkumpul bersama jangan ragu-ragu untuk memulai pembicaraan. Semakin sering Anda terbiasa memulai pembicaraan di depan umum, maka semakin pandai Anda dari waktu ke waktu.

Demikian panduan lengkap dari saya untuk anda mengenai cara agar pandai berbicara di depan umum. Selama Anda mau melatih beberapa hal yang saya sampaikan diatas, InsyaAllah Anda akan menjadi pembiacara yang handal di masa depan. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

1 komentar untuk "11 Cara Agar Pandai Berbicara Di Depan Umum Demi Kesuksesan Bisnis"

  1. Mantap bos artikelnya, tp yang paling susah ngilangin grogi saat mau maju ke depan audience..

    BalasHapus