Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Buat QRIS All Payment Yang Mudah dan Benar 2024

Daftar Isi [Tampil]

6 Cara Buat QRIS All Payment Yang Mudah dan Benar 2024

 QRIS adalah metode pembayaran yang semakin diminati oleh masyarakat di Indonesia untuk transaksi sehari-hari. Bukan hanya belanja online di marketplace favorit, membayar belanjaan di minimarket dan toko dekat rumah mulai ramai menggunakan QRIS. Sebagai pemilik bisnis, sudah seharusnya Anda tahu cara buat QRIS all payment.

Mengutip informasi dari laman Bank Indonesia, jumlah pengguna QRIS pada bulan Juni 2023 kemarin mencapai 37 juta. Jumlah ini terus melonjak seiring berjalannya waktu.

Oleh karena itu, sebagai calon pebisnis atau pemilik usaha tidak boleh sampai ketinggalan menghadirkan metode pembayaran QRIS kepada pelanggan.

Tidak perlu bingung, mari disimak bersama cara buat QRIS all payment untuk bisnis selengkapnya berikut.

Cara Buat QRIS All Payment Untuk Bisnis

QRIS memungkinkan pemilik bisnis menerima berbagai macam pembayaran dari satu alat saja, baik itu melalui kartu kredit, m-banking ataupun e-wallet.

Kehadiran QRIS pastinya sangat memudahkan dari segi konsumen, karena mereka hanya perlu scan barcode untuk membayar sejumlah biaya. Jauh lebih efektif dibandingkan mengetik nomor rekening atau e-wallet secara manual.

Ini dia langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk mendaftar QRIS All Payment.

1. Mempunyai Rekening Bisnis

Salah satu pertanyaan yang banyak dibingungkan oleh orang awam yaitu apakah membuat QRIS harus punya rekening? Jawabannya adalah YA.

Hal pertama yang wajib Anda siapkan ketika ingin membuat QRIS All Payment adalah Anda rekening bisnis aktif. Rekening ini digunakan sebagai penerima pembayaran dari semua transaksi pelanggan lewat QRIS.

Nah, kamu bisa mendaftarkan nomor rekening bisnis aktif tadi ketika pembuatan QRIS All Payment.

2. Menyiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Penting dipahami oleh setiap orang, bahwasannya QRIS bukanlah sesuatu yang bisa dibuat sembarangan. Melainkan hanya bisa dibuat oleh pemilik usaha atau bisnis.

Oleh karena itu, cara buat QRIS All Payment berikutnya adalah memastikan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Jangan sampai pendaftaran yang Anda lakukan terhambat karena dokumen tidak lengkap.

Adapun dokumen-dokumen yang perlu disiapkan antara lain sebagai berikut:

·       Fotokopi KTP atau Paspor.

·       Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

·       Fotokopi akta pendirian perusahaan.

·       Surat keterangan domisili usaha.

Pastikan semua dokumen diatas sudah siap Anda lampirkan ketika mendaftar QRIS All Payment.

3. Membuat Akun di Website QRIS.id

QRIS.id adalah salah satu penyedia layanan pembuatan QRIS yang sudah terpercaya dan aman digunakan. Ini akan membantu memfasilitasi Anda dalam pembuatan QRIS, sehingga lebih cepat selesai dan mudah.

Ketika pertama kali membuat akun di QRIS.id, Anda perlu mengisi data diri yang dibutuhkan dan menyelesaikan verifikasi.

Tidak berhenti sampai di situ saja, Anda juga harus menentukan jenis bisnis atau usaha yang sedang dijalankan. Kemudian lanjut ke tahap berikutnya.

4. Melengkapi Data Diri

Setelah Anda melakukan pendaftaran, pihak QRIS.id kemudian mengirim notifikasi yang berisi username dan password akun. Pemberitahuan tersebut dikirim ke email atau nomor WhatsApp yang Anda masukkan pada saat pendaftaran.

Klik link yang Anda terima atau login ke akun QRIS.id, karena di tahap berikutnya Anda diwajibkan mengunggah beberapa dokumen untuk melengkapi data diri.

Jangan tergesa-gesa ketika mengunggah dokumen, namun lakukan secara hati-hati dan teliti. Sebab, ini menentukan kelayakan Anda dalam memperoleh National Merchant ID atau NMID.

Jika Anda salah meng-upload dokumen, maka pihak QRIS.id mengirim notifikasi kesalahan tersebut melalui WhatsApp atau email dalam kurun waktu 1x24 jam.

Meskipun salah input, Anda masih diberi kesempatan untuk memperbaikinya.

5. Melakukan Pembayaran dengan E-Wallet

Setelah melakukan registrasi, mengisi informasi data diri dan mengunggah dokumen, cara buat QRIS All Payment berikutnya adalah menyelesaikan pembayaran atas layanan QRIS.id.

Yaitu mengirim uang ke e-wallet yang terhubung dengan QRIS.id. Anda bisa memilih sendiri ingin mengirim uang ke LinkAja, ShopeePay, OVO, DANA, GoPay dan lain sebagainya.

QRIS.id akan menunggu konfirmasi pembayaran Anda sampai dengan 14 hari sejak pendaftaran. Jika ada kendala payment, pastikan kamu segera menyelesaikannya.

Setelah 14 hari berselang sejak pendaftaran dan tidak ada payment yang masuk, maka sistem otomatis mereset pendaftaran akun Anda.

6. Tunggu Informasi Lebih Lanjut

Bagi Anda yang sudah berhasil mengkonfirmasi pembayaran dengan QRIS.id, maka langkah berikutnya adalah menunggu informasi lanjutan dari pihak mereka.

Informasi ini berisi tentang pengaktifan QRIS All Payment yang dikirim ke email atau kotak masuk akun Anda di QRIS.id. Oleh karena itu, Anda perlu mengecek secara rutin agar tidak ketinggalan informasi.

Jika sudah menerima notifikasi pengaktifan QRIS All Payment, Anda bisa lanjut dengan memasang perangkat keras atau perangkat lunak yang dibutuhkan.

Untuk memastikan semua lancar dan bebas dari kendala, pastikan Anda mengikuti instruksi yang diberikan oleh tim QRIS.id.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai cara buat QRIS all payment untuk bisnis Anda. Sekarang tidak perlu bingung lagi jika ingin memiliki alat pembayaran yang memudahkan pelanggan, sehingga transaksi lebih mudah, cepat dan aman.

Selain memberikan kemudahan pembayaran kepada konsumen, QRIS juga membantu pemilik bisnis untuk melakukan pencatatan dan pembuatan laporan.

Hasil penjualan bisa dilacak dengan mudah, sekaligus data yang ditampilkan lebih akurat dibandingkan pencatatan manual. Selamat mencoba (bisnisan.id)

Posting Komentar untuk "6 Cara Buat QRIS All Payment Yang Mudah dan Benar 2024"