Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menilik 10 Kelemahan dan Keuntungan Bisnis Percetakan

Daftar Isi [Tampil]

 

Menilik 10 Kelemahan dan Keuntungan Bisnis Percetakan

Perencanaan yang matang adalah fondasi penting ketika ingin memulai bisnis agar tidak kecewa di akhir. Jika hanya memperhitungkan keuntungan, semua bisnis tentu terlihat menggiurkan. Padahal kenyataannya tidak semudah dan semenjanjikan hitung-hitungan di atas kertas. Oleh karena itu, pada kesempatan ini admin ingin mengajak kamu membahas kelemahan dan keuntungan bisnis percetakan.

Bisnis percetakan masih menjadi bidang yang dipilih untuk memulai usaha. Apalagi dengan semakin banyaknya dukungan teknologi percetakan yang semakin beraneka ragam, membuat operasional semakin mudah.

Usaha percetakan sebenarnya tidak harus dimulai dengan modal ratusan juta, karena bisa mengawalinya dengan Rp. 10 juta. Selain modal uang, kamu juga harus paham kelemahan dan keuntungan bisnis percetakan.

Kelemahan dan Keuntungan Bisnis Percetakan yang Harus Dipahami

1. Target Pasar Luas

Keuntungan bisnis percetakan yang pertama adalah memiliki target pasar sangat luas. Ketika musim pemilu, ada partai politik yang membutuhkan jasa percetakan untuk kebutuhan kampanye.

Belum lagi ketika komunitas dan instansi pemerintah yang sedang menggelar acara. Keberadaan bisnis percetakan dibutuhkan. Orang yang hendak melangsungkan pernikahan atau hajatan lainnya juga butuh.

Selain orderan dalam jumlah besar, bisnis percetakan juga siap melayani orderan perorangan. Mulai dari mencetak foto atau dokumen.

2. Bukan Bisnis yang Sulit

Setiap orang yang masih awam terhadap bidang percetakan sekalipun bisa segera memahaminya dengan cukup mudah. Tidak membutuhkan skill khusus yang profesional.

3. Fleksibel

Bisnis percetakan tidak harus memiliki tempat, etalase dan segala sesuatu untuk mendukung operasional cetak, kalaupun masih modal minim bisa dimulai dari rumah dan memanfaatkan media online sebagai sarana promosi.

Kamu bisa memulai bisnis percetakan secara offline dan online, sesuai kesanggupan masing-masing.

4. Potensi Keuntungan Tinggi

Dengan target pasar yang luas, bisnis percetakan bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Apalagi pemasaran yang dilakukan berhasil menjangkau banyak orang dan membuat mereka tertarik buat order layanan.

5. Dukungan Teknologi Beragam

Teknologi di bidang percetakan sekarang ini sudah sangat canggih dan beragam. Kamu bisa membeli teknologi untuk mendukung operasional sesuai anggaran. Baik itu yang murah ataupun paling mahal sekalipun.

6. Bisa Dikerjakan Sendiri

Sebagai bisnis yang operasionalnya tergolong mudah, kamu tidak harus memiliki karyawan ketika berencana membuka bisnis percetakan. Semua bisa kamu tangani seorang diri, barulah jika sudah berkembang bisa merekrut karyawan untuk membantu. 

8. Mudah Menambah Layanan

Bisnis percetakan bukanlah usaha tunggal yang hanya terbatas pada percetakan dokumen dan undangan saja. Kamu bisa menghilangkan dengan produksi cetak lain dan layanan desain.

Contohnya adalah pembuatan kalender, ijazah dan map sebagai sumber penghasilan tambahan.

Kelemahan Bisnis Percetakan

1. Persaingan Tinggi

Tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis percetakan menjadi incaran banyak orang sekarang ini. Ini membuatnya memiliki tingkat persaingan tinggi dan harus dihadapi dengan bijak oleh para pebisnis.

Kamu harus melakukan riset dahulu sebelum memulainya, perhatikan di sekeliling apakah sudah banyak percetakan atau belum.

Persaingan ini menuntut pemilik bisnis agar memiliki identitas dan terus berinovasi yang membuatnya beda dari pesaing.

2. Ketergantungan Terhadap Teknologi

Selama operasional sehari-hari, bisnis percetakan lebih banyak mengandalkan bantuan teknologi demi kelancarannya. Hal ini menuntut bagi setiap pemilik bisnis untuk terus menyesuaikan dengan mesin cetak baru agar bisa bersaing di pasar.

Apa pun yang mengandalkan teknologi sudah seharusnya mampu beradaptasi dengan cepat. Tidak boleh kaku terhadap perkembangan teknologi yang ada.

Sehingga, pemilik bisnis harus mempersiapkan alokasi dana untuk upgrade mesin percetakan dengan teknologi terkini yang memang dibutuhkan dan sesuai permintaan pasar.

Demikianlah pembahasan mengenai kelemahan dan keuntungan bisnis percetakan yang perlu diperhatikan sebelum memulai. Semoga uraian di atas bisa bermanfaat buat kalian semua. Selamat mencoba dan salam sukses selalu (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Menilik 10 Kelemahan dan Keuntungan Bisnis Percetakan"