Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Membuat Playground Indoor Yang Baik dan Benar

Daftar Isi [Tampil]

 

5 Cara Membuat Playground Indoor Yang Baik dan Benar

Salah satu bisnis yang selalu ramai peminat sejak dahulu sampai sekarang adalah bisnis di bidang hiburan anak-anak. Seperti membuat playground indoor sebagai taman bermain yang nyaman dan menyenangkan. Agar bisnismu berjalan dengan lancar, pastikan memperhatikan betul bagaimana cara membuat playground indoor sebagai langkah awalnya.

Playground indoor adalah bisnis yang memberikan pelayanan kepada anak-anak, sehingga sudah seharusnya dirancang dengan baik. Mulai dari mempertimbangkan kreativitas dalam menghadirkan jenis wahana, sampai dengan penataan lokasi dan kenyamanan bagi konsumen.

Bagi kamu yang melihat adanya peluang membuka bisnis area bermain anak, mari dibahas lebih lanjut bagaimana cara membuat playground indoor yang baik dan benar seperti berikut.

Cara Membuat Playground Indoor yang Baik dan Benar

Agar bisnis playground indoor yang ingin kamu tekuni berjalan dengan lancar, maka harus melalui beberapa tahap dalam pembuatan atau perancangannya. Dibawah ini adalah beberapa poin yang penting buat diperhatikan.

1. Menyesuaikan Tipe Playground dengan Lokasi

Hal pertama yang harus diperhatikan jika ingin memulai bisnis playground indoor adalah lokasi. Yaitu lokasi tempat pembangunan playground, seberapa luas lokasinya.

Semisal kamu ingin membuat playground di ruko berukuran sedang, maka playground indoor mini sudah cukup. Berbeda dengan playground di mall besar pastinya harus memilih paket large dengan wahana permainan lengkap.

2. Menentukan Konsep Playground

Setelah memahami kategori playground yang ingin dibuat, sekarang kamu perlu memahami konsepnya. Apakah ingin dibuat konsep alam yang penuh tantangan atau playground keluarga yang wahananya lebih santai.

Contoh konsep playground yang ada di mall seperti Jurassic Park, Hello Kitty dan lain sebagainya.

Dengan memahami konsep playground, ini membantu kamu dalam memilih wahanan mainan anak.

3. Mengetahui Wahana Permainan yang Diminati Anak

Sama seperti bisnis yang lain, playground juga ada franchise atau merancang semua sendiri. Kelebihan franchise adalah kamu bisa langsung memulai, karena sistem bisnis sudah disediakan pemilik brand. Termasuk wahana permainan yang sebaiknya dipilih.

Lain cerita ketika kamu ingin membuat playground indoor sendiri, maka harus mempersiapkan segala sesuatunya seorang diri.

Berhubungan dengan playground, ada beberapa wahana permainan yang sangat diminati oleh anak-anak. Yaitu seperti berikut:

·        Trampoline Park

·        Area Mandi Bola

·        Wahana Pontang-Pontang

·        Indoor Coaster

·        Hello Kitty Playground

Kelima wahana tersebut bisa kamu jadikan sebagai pilihan utama ketika membuka playground indoor nanti. Namun, tetap perhatikan luas bangunan dan konsep taman bermain yang ingin dibuat.

4. Konsep Ide Kreatif

Playground indoor membutuhkan ide kreatif dari owner agar lebih memikat anak-anak untuk bermain. Contoh yang paling sederhana adalah menambahkan banyak gambar superhero di ruangan atau memberikan sentuhan ornamen lego.

Tidak berhenti sampai disitu saja, konsep ide kreatif juga meliputi penambahan aksesoris yang membuat wahana semakin menarik. Seperti menghadirkan tangga, jembatan dan seluncuran.

Ide kreatif dibutuhkan dalam proses merancang dan membuat playground indoor agar tidak monoton. Kamu bisa memikirkan sendiri ornamen apa yang sekiranya perlu ditambahkan.

5. Keamanan Wahana Permainan

Tips terakhir yang tidak kalah penting buat diperhatikan adalah keamanan wahana permainan. Playground indoor yang dirancang sudah seharusnya memberi keamanan dan kenyamanan kepada pengunjung selama bermain di sana.

Caranya adalah memilih material yang kuat dan awet. Kamu bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan produsen wahana permainan anak.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat playground indoor yang baik dan benar. Selalu perhatikan kelima poin penting di atas agar kamu bisa menghadirkan area bermain anak yang seru, aman dan nyaman. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "5 Cara Membuat Playground Indoor Yang Baik dan Benar"