Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Resiko Usaha Angkringan Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memulai

Daftar Isi [Tampil]

 

6 Resiko Usaha Angkringan Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memulai

Resiko usaha angkringan adalah sisi lain dari bisnis makanan sederhana di atas gerobak yang harus dipertimbangkan secara matang. Mungkin saat ini kamu tertarik dengan peluang bisnis angkringan yang konon katanya bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dan bahkan lebih. Sebagai calon pebisnis yang bijak, kamu harus mempertimbangkan kedua sisi sekaligus.

Usaha angkringan adalah bisnis sederhana yang memiliki potensi besar. Modal yang dibutuhkan tergolong kecil, operasional mudah dan target pasar luas untuk semua kalangan.

Jualan angkringan dari sore sampai malam hari mampu memberikan pundi-pundi penghasilan yang menggiurkan. Tidak heran apabila semakin banyak orang mulai membuka angkringan.

Namun, banyak dari mereka yang lupa dengan resiko usaha angkringan. Lantas, apa sajakah itu? Kamu bisa menyimaknya seperti berikut ini.

Resiko Usaha Angkringan Yang Wajib Dipertimbangkan

Ketika hendak memulai usaha angkringan, kamu harus berpikir lebih inovatif dan siap dengan segala risikonya. Sehingga, memiliki solusi-solusi yang efektif terhadap setiap tantangan.

1. Persaingan Ketat

Resiko usaha angkringan yang pertama adalah persaingan ketat. Kamu harus mengetahui bahwa diluar sana ada banyak orang yang juga tertarik dengan bisnis angkringan.

Model bisnis yang mudah buat dioperasikan dan biaya kecil, membuat siapa pun bisa membuka angkringan. Coba lihat di sekelilingmu dahulu, apakah sudah banyak angkringan atau belum.

2. Masalah Perizinan Mendirikan Angkringan

Angkringan tidak boleh didirikan di tempat yang kurang ramai orang. Nah, kamu harus menemukan tempat strategis dan biasanya harus menyewa. Jangan lupakan perizinan untuk mendirikan angkringan agar operasional bisnismu berjalan dengan aman dan nyaman.

3. Kondisi Cuaca Tidak Menentu

Kalau ini memang diluar kendali kamu, dimana kondisi cuaca di Indonesia memang sering berubah-ubah. Yang tadinya cerah bisa saja turun hujan.

Hal ini membuat minat beli masyarakat ikut menurun. Mereka malas jika harus pergi ke angkringan. Untuk menyiasatinya bisa menyediakan layanan pesan antar.

4. Dagangan Cepat Basi

Tahu bacem, gorengan, aneka tusukan dan nasi bungkus adalah tipe makanan yang harus laku di hari itu juga. Tidak bisa dijual lagi keesokan harinya, karena sudah pasti basi. Inilah resiko usaha angkringan yang tidak kalah penting buat diperhatikan.

Solusinya adalah memperbanyak media promosi dan melayani delivery. Sehingga, potensi laku semakin terbuka lebar. Kamu juga bisa memberikan diskon khusus pada makanan yang masih tersisa padahal sudah ingin tutup.

Minimal kamu tidak membuang sisa makanan begitu saja. Kalau sampai hal ini terjadi, sudah pasti menimbulkan kerugian.

5. Banyak Pengamen, Pengemis dan Preman

Angkringan adalah tempat nongkrong bagi orang-orang setelah beraktivitas. Lokasinya juga berada di titik strategis, sehingga menjadi sasaran pengamen, pengemis dan preman.

Kamu harus memiliki strategi khusus untuk menghadapinya. Mereka biasanya tidak datang satu atau dua orang, melainkan datang silih berganti.

Apalagi angkringanmu banyak pembeli yang nongkrong di sana. Bersiaplah dengan kehadiran pengamen, pengemis dan preman.

6. Menu Kurang Menarik Pembeli

Pembeli tentu merasa senang dengan pilihan menu yang beragam. Sebab, yang namanya makanan bisa cepat membuat orang bosan. Apalagi kalau menu yang kamu jual tidak sesuai dengan selera masyarakat.

Solusinya adalah kamu bisa memperbanyak referensi menu angkringan dari TikTok, YouTube dan lain sebagainya. Selain menu utama seperti tusukan dan Sego kucing, kamu juga bisa menghadirkan menu pendamping yang beragam.

Demikian pembahasan mengenai enam resiko usaha angkringan yang wajib dipahami oleh setiap orang atau calon pebisnis. Kamu harus mempertimbangkan semua poin di atas dalam menyusun rencana bisnis angkringan ke depannya.

Mulai dari strategi menghadapi persaingan yang ketat, menyiasati agar dagangan laku dan tidak basi, sampai inovasi menu yang menarik. (bisnisan.id)

 

Posting Komentar untuk "6 Resiko Usaha Angkringan Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memulai"