Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dua Tipe Anuitas Dalam Asuransi yang Perlu Anda Ketahui

Daftar Isi [Tampil]

 

Dua Tipe Anuitas Dalam Asuransi yang Perlu Anda Ketahui

Jika seseorang memiliki banyak uang dan memutuskan untuk tidak membelanjakannya, ada cara untuk membuatnya tumbuh dan berkembang. Salah satu pilihan adalah menyimpannya di bank dan membiarkannya tumbuh dengan bunga majemuk. Yang lainnya adalah investasi di pasar saham dengan bantuan seorang penasihat keuangan. Penasihat keuangan profesional akan tahu mana saham layak dibeli dan kapan waktu terbaik untuk menjual.

Cara lain untuk membuat uang berkembang terutama jika orang tersebut tidak memiliki asuransi medis adalah dalam bentuk anuitas. Anuitas adalah kesepakatan yang dibuat antara perusahaan asuransi dan orang tersebut. Susunan ini memungkinkan perusahaan asuransi untuk menginvestasikan uang dari seorang individu dalam usaha di berbagai bisnis dengan persentase pertumbuhan yang akan dikembalikan dalam beberapa tahun. Uang ini juga bisa mendapatkan bunga yang akan diberikan kembali selama periode waktu.

Pengertian dan Dua Tipe Anuitas

Anuitas adalah bentuk perjanjian atau kontrak dengan perusahaan asuransi. Anda memberikan uang kepada perusahaan asuransi untuk dikelola  dan sebagai imbalannya mereka memberikan suatu kebijakan yang merinci manfaat yang mereka sediakan kepada anda.

Ada dua jenis utama anuitas, segera dan berjangka. Anuitas segera berbentuk anuitas  semi variabel atau indeks inflasi.  Jika Anda membeli anuitas variabel, uang Anda dapat diinvestasikan dalam instrumen investasi dengan tingkat pengembalian tidak tetap, terutama pada reksadana. Nilai uang Anda dalam anuitas variabel dan jumlah uang yang akan dibayarkan kepada anda tergantung pada kinerja investasi setelah dikurangi biaya pengelolaan dana itu. Untuk memberikan kepastian, perusahaan asuransi dapat memberikan jaminan bahwa dana anuitas anda tidak akan pernah jatuh di bawah nilai tertentu.

Anuitas berjangka datang dalam bentuk anuitas tetap, variabel, indeks ekuitas  atau jangka panjang. Anuitas tetap memiliki tingkat bunga tertentu, mirip dengan bank Sertifikat Deposito (CD). Dalam anuitas tetap, perusahaan asuransi memberikan jaminan pokok dan tingkat bunga minimum. Dengan kata lain, asalkan perusahaan asuransi bagus secara finansial, uang yang anda investasikan dalam anuitas tetap akan tumbuh dan tidak mengalami penurunan nilai.

Pertumbuhan nilai anuitas atau pendapatan yang dibayarkan mungkin sudah ditetapkan dalam rupiah atau suku bunga tertentu. Pertumbuhan nilai anuitas tidak tergantung secara langsung pada kinerja investasi perusahaan asuransi yang mendukung anuitas tersebut. Beberapa anuitas tetap memberikan suku bunga yang lebih tinggi daripada minimum jika investasi aktual, beban dan pengalaman mortalitas perusahaan lebih baik dari yang diharapkan.

Setiap jenis anuitas memiliki fungsi berbeda dan mungkin atau tidak mungkin merupakan investasi yang sesuai untuk anda, tergantung pada keadaan pribadi Anda.

1. Anuitas Segera

Anuitas segera memberikan jaminan penghasilan untuk Anda. Anuitas segera mulai membayarkan pendapatan berkala satu periode setelah anuitas dibeli. Periode ini tergantung pada seberapa sering pendapatan akan dibayar.

2. Anuitas Berjangka atau Ditangguhkan

Dengan anuitas berjangka, anda menyimpan dana kepada perusahaan anuitas dan pajak atas laba investasi ditangguhkan sampai saat anda mengambil penarikan dana. Anuitas periode tetap membayar penghasilan untuk jangka waktu tertentu, misalnya sepuluh tahun.

Jumlah penghasilan yang dibayarkan tidak tergantung pada umur atau keberlanjutan hidup dari orang yang membeli anuitas tersebut (disebut anuitan). Pada dasarnya anda membiarkan penghasilan ditunda sampai saat yang anda inginkan untuk mengubah investasi menjadi aliran jaminan pendapatan. Anuitas tangguhan dapat datang dengan segala macam fitur (dengan biaya tertentu ) yang menyediakan jenis tertentu dari manfaat kematian atau jaminan pendapatan di masa depan.

Jenis Anuitas Berdasarkan Waktu Pembayarannya

Dilihat dari waktu pembayarannya, anuitas dibedakan menjadi empat jenis, yaitu:

1. Anuitas Sederhana (Ordinary Annuity),

Anuitas sederhana adalah jenis anuitas dimana pembayaran atau penerimaannya dilakukan di akhir periode.

2. Anuitas Jatuh Tempo (Due Annuity),

Anuitas jatuh tempo adalah jenis anuitas dimana pembayaran atau penerimaannya dilakukan di awal periode.

3. Anuitas Tak Terduga (Deffered Annuity),

Anuitas tak terduga merupakan jenis anuitas dimana pembayaran atau penerimaannya terjadi atau dilakukan setelah beberapa periode berjalan, sehingga pembayaran atau penerimaannya ditangguhkan.

4. Anuitas Langsung (Immediate Annuity),

Anuitas Langsung merupakan jenis anuitas dimana pembayaran atau penerimaannya terjadi atau dilakukan secara langsung tanpa adanya penundaan periode.

Mengapa Memilih Anuitas

Kelemahan dari anuitas adalah membuat orang tersebut menunggu lebih lama dari yang diharapkan untuk bisa mendapatkan uangnya kembali karena adanya jangka waktu. Pun jika terjadi kematian mendadak, penerima manfaat juga tidak akan bisa mendapatkan seluruh pembayaran karena pengurangan pajak.

Dianjurkan bagi orang untuk memilih perusahaan asuransi yang kuat dan stabil. Jika uang ini diinvestasikan dalam sebuah perusahaan yang tiba-tiba bangkrut, individu tidak akan bisa mendapatkan apa-apa.

Jika kita masih ingin membeli anuitas, ada beberapa hal yang harus diputuskan untuk membuatnya bekerja. Nama orang, perusahaan asuransi dan penerima manfaat jika terjadi sesuatu.

Agen penjual mungkin akan menjadi orang yang akan mendekati anda dan menyajikan proposisi ini, individu harus berkonsultasi dan disertai oleh pengacara keluarga dan penasehat keuangan untuk memastikan kesepakatan benar-benar aman.

Anda harus sadar akan pro dan kontra dari suatu anuitas. Bila ini dilakukan, Anda harus hati-hati membaca isi dokumen sebelum menandatanganinya. Anda kemudian harus siap untuk membuat deposit pertama yang ditujukan kepada perusahaan asuransi.

Pada saat yang sama, dokumen ini harus disimpan di tempat yang aman bersama dengan surat penting lain bahwa Anda mungkin perlu untuk menggunakannya di masa depan. Perubahan dokumen dapat terjadi kapan saja yang membuatnya penting agar dokumen ini disimpan di tempat yang aman.

Anuitas adalah investasi yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Karena ini bekerja seperti program asuransi, individu dapat memilih untuk melakukan pembayaran sekaligus atau melakukannya secara bulanan.

Karena itu mungkin tidak bijaksana untuk menginvestasikan uang dalam satu tempat, kita harus menyimpan uang di beberapa tempat lain yang mudah diakses dalam kasus darurat.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai dua tipe anuitas dalam asuransi yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu. (bisnisan.id)

 

Posting Komentar untuk "Dua Tipe Anuitas Dalam Asuransi yang Perlu Anda Ketahui "