Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Akuntansi Keuangan dalam Mengelola Bisnis

Daftar Isi [Tampil]

 

Pentingnya Akuntansi Keuangan dalam Mengelola Bisnis

Pentingnya Akuntansi Keuangan - Akuntansi adalah sebuah ilmu ekonomi yang menitik beratkan pada cara menyimpan dan mencatat data transaksi dalam keuangan. Data transaksi itu bisa merupakan transaksi pendapatan ataupun pengeluaran. Dalam kehidupan sehari-hari dan di perusahaan, ilmu akuntansi memegang peranan yang sangat penting. Karena perhitungan apa pun mengenai kegiatan ekonomi berakhir di proses perhitungan dengan cara yang ada di ilmu akuntansi.

Perlu kita ketahui juga bahwa ilmu ekonomi sangat luas untuk dipelajari. Dan hampir semua ilmu yang ada di ilmu ini bisa dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk ilmu akuntansi yang akan kita bicarakan ini. Bila ingin mengetahui sedikit tentang akuntansi keuangan, simak dulu ulasan berikut.

Jenis Jenis Akuntansi Keuangan

Di dalam dunia akuntansi, ada beberapa jenis akuntansi yang bisa dipelajari. Yang pertama, akuntansi manajemen, akuntansi perpajakan, dan akuntansi keuangan. Akuntansi dalam keuangan dibagi lagi menjadi 2 bagian yaitu, komersial dan nirlaba. Bila akuntansi komersial dikhususkan untuk diterapkan di perusahaan, akuntansi nirlaba akan digunakan di lingkungan pemerintahan, lembaga pendidikan partai politik, rumah sakit dan masih banyak lagi.

Akuntansi komersial dalam perusahaan adalah suatu hal yang penting. Mengapa? Karena akuntansi komersial akan memberitahu perusahaan mengenai berapa besar sumber daya yang diberikan oleh pemilik perusahaan dan pihak kreditor ke dalam perusahaan yang nantinya akan memberikan laba atau keuntungan yang diinginkan. Selain itu, akuntansi komersial dalam perusahaan juga akan memberikan informasi seberapa besar efisiensi biaya yang telah dilakukan perusahaan untuk menekan beban-beban biaya perusahaan, contohnya hutang.

Bahasa lebih sederhananya adalah, penerapan akuntansi komersial untuk mengetahui hak dan kewajiban di suatu perusahaan. Sedangkan untuk akuntansi keuangan bagian yang kedua adalah akuntansi nirkabel. Akuntansi nirkabel difungsikan untuk mengatur aset yang dimiliki oleh organisasi supaya dapat bermanfaat sebagai peningkatan layanan dalam masyarakat. Karena sifat organisasi nirlaba tidak terlalu bersifat profit seperti perusahaan pada umumnya, istilah profit di organisasi nirlaba biasanya dikenal dengan istilah selisih. Selisih inilah yang nantinya akan digunakan untuk kepentingan publik.

Proses Dalam Akuntansi

Setelah mengetahui jenis akuntansi dalam bidang keuangan, akuntansi komersial dan akuntansi nirlaba, penting bagi kita untuk mengetahui pula proses-proses dalam akuntansi bidang keuangan. Adapun proses akuntansi yang ada dimulai dari pengidentifikasian dan pengukuran data yang nantinya digunakan untuk mengambil keputusan. Proses kedua adalah pemrosesan data dan pelaporan data.

Proses ketiga adalah pengkomunikasian laporan data kepada yang berwenang. Pengidentifikasian data yang dimaksud adalah catatan-catatan transaksi yang terjadi di dalam perusahaan atau organisasi. Lalu maksud dari pemrosesan dan pelaporan data adalah mengumpulkan data transaksi secara runtut lalu digolongkan ke kategori yang disediakan.

Selanjutnya adalah melaporkan data-data yang sudah diproses tadi. Sangat runtut dan saling berhubungan agar perusahaan ataupun organisasi bisa mengetahui secara gamblang mengenai keuangannya. Bila dilihat memang cukup rumit, namun itulah seninya dunia akuntansi. Kerumitan hanya ada diawal, namun jika data keuangan sudah jadi dan siap dilaporkan, perusahaan atau organisasi akan dimudahkan dengan adanya laporan tersebut.

Perusahaan dan organisasi hanya cukup melihat data keuangan yang telah dibuat oleh akuntan dan mengecek lagi kepada pihak-pihak yang bersangkutan. Data keuangan yang clear secara tidak langsung dapat membantu perusahaan atau organisasi untuk bisa lebih maju. Dan selain itu, data keuangan yang benar akan membantu perusahaan atau organisasi untuk mengkoreksi diri, bila laba yang diharapkan belum sesuai dengan target yang dibuat. Maka tak berlebihan jika kita sebut salah satu nadi perusahaan atau organisasi adalah akuntansi keuangan.

Fungsi Penting Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan bukan sebuah ilmu sembarangan. Ilmu ini sangat penting sekali fungsinya jika dilihat penerapannya di dalam sebuah perusahaan. Bahkan dapat dikatakan bahwa sebuah perusahaan tidak akan bisa berkembang jika tidak memiliki beberapa staf ahli dalam bidang ini. Dan perlu Anda ketahui juga bahwa perusahaan berani membayar mahal bagi para karyawan yang memiliki ilmu ini. Dilihat dari begitu besarnya dana yang perusahaan keluarkan, sudah barang tentu jika ilmu ini sangat penting dalam menunjang berkembangnya sebuah perusahaan.

Bagi Anda yang mungkin sedang bingung ingin mempelajari ilmu apa dan juga bagi  mereka yang ingin mengembangkan usaha anda untuk lebih maju lagi ke depannya, maka anda bisa membaca artikel ini. karena pada artikel kali ini kita akan membahas lebih banyak mengenai apa saja kegunaan dari ilmu akuntansi keuangan ini di dalam sebuah perusahaan khususnya. Dengan memahami fungsinya, maka bagi Anda yang ingin mempelajari ilmu ini pun akan semakin mudah karena mulai sedikit mengetahui gambaran dari ilmu akuntansi.

Dan selain itu, bagi Anda yang ingin mengembangkan usaha, tentu saja bisa memahami perlunya mempekerjakan orang-orang yang mahir dalam urusan keuangan.

Fungsi Vital Akuntansi Keuangan Dalam Sebuah Perusahaan

Di dalam sebuah perusahaan besar, tentu saja akan begitu banyak divisi yang diberikan tanggung jawab yang berbeda-beda untuk membuat agar perusahaan tersebut bisa berjalan sesuai dengan sistem yang sudah dibuat. Namun demikian, terkadang ada saja beberapa karyawan yang kurang begitu dapat bekerja sesuai dengan tanggung jawab mereka.

Nah jika perusahaan masih hanya memiliki beberapa orang pekerja saja tentunya akan sangat mudah untuk memantau satu per satu kinerja mereka. Namun jika karyawan sebuah perusahaan sudah sangat banyak dan tidak dapat dihitung lagi, maka akan dibutuhkan cara khusus untuk mencari divisi mana yang mengalami penurunan dalam kinerjanya jika terjadi penurunan dalam segi penjualan maupun produksi dalam sebuah perusahaan.

Tidak ada cara yang lebih mudah untuk mengetahui divisi mana yang sedang mengalami penurunan kinerja yang dapat membahayakan keadaan perusahaan jika dibiarkan terlalu lama. Semua masalah tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan akuntansi keuangan. Dengan melihat hasil laporan seluruh divisi perusahaan, maka seorang akuntan profesional atau akuntan publik bisa mengetahui dimana divisi yang mengalami penurunan kinerja. Oleh sebab itu, alasan utama mengapa perusahaan berani membayar mahal seorang akuntan adalah karena tugasnya yang begitu penting untuk menjaga agar perusahaan tetap berjalan dengan baik.

Selain berfungsi untuk mengetahui divisi mana yang mengalami penurunan kinerja, dengan menggunakan ilmu akuntansi keuangan, kita juga bisa membuat pengajuan pinjaman kepada pihak investor maupun pihak bank. Hal ini dikarenakan para investor dan juga bank akan sangat membutuhkan laporan keuangan dari perusahaan tersebut terlebih dahulu sebelum dana cair dan bisa digunakan oleh perusahaan tersebut untuk mendukung pertumbuhan perusahaannya.

Dan tidak kalah pentingnya, perusahaan juga membutuhkan orang-orang yang mahir dalam bidang akuntansi untuk membantu mengurus setiap pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan. Dengan tidak memiliki beberapa staff keuangan, maka akan sangat sulit sekali mengkoordinasi kinerja dari seluruh staff yang ada di dalam sebuah perusahaan. Oleh sebab itu, jika memang Anda ingin sekali mengembangkan usaha, Anda wajib mulai memikirkan untuk melakukan investasi dalam mencari beberapa staff yang bisa membantu dalam urusan akuntansi keuangan.

Demikianlah apa yang bisa kami sajikan mengenai pentingnya akuntansi keuangan dalam mengelola bisnis. Semoga bermanfaat (bisnisan.id)

Posting Komentar untuk "Pentingnya Akuntansi Keuangan dalam Mengelola Bisnis"