Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Sikap Mental Wirausaha Yang Seharusnya Dimiliki Oleh Pemula

Daftar Isi [Tampil]

 

10 Contoh Sikap Mental Wirausaha Yang Seharusnya Dimiliki Oleh Pemula

Contoh sikap mental wirausaha yang paling umum adalah berani mengambil risiko. Ini pastinya sudah tidak asing ditelinga Anda, karena untuk merintis sebuah bisnis seseorang dituntut agar berani. Berani memulai sesuatu yang belum pasti hasilnya dan siap menghadapi risiko kerugian. Selain berani, masih ada beberapa sikap mental yang tidak kalah penting bagi seorang wirausaha.

Wirausaha adalah profesi yang menjadi pilihan bagi sebagian orang. Profesi ini tidak memberikan keamanan dan kenyamanan dari segi pendapatan, terlebih lagi di awal memulai. Ada risiko besar mengalami kerugian yang harus dihadapi.

Sehingga, dibutuhkan mental yang baik agar bisa menjadi wirausaha sukses. Ingin tahu contoh sikap mental wirausaha? Simak uraian selengkapnya di bawah ini.

Beberapa Contoh Sikap Mental Wirausaha Sukses

1. Tegar dan Ulet

Pondasi utama yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha pemula agar bisa sukses dengan bisnisnya adalah tegar dan ulet. Seperti yang Anda ketahui, dunia bisnis sangatlah kompleks dengan berbagai macam tantangannya.

Yang dimaksud sikap tegar adalah tidak mudah menyerah ketika menghadapi lika-liku dunia usaha dan tidak menghindari masalah. Sedangkan ulet adalah gigih untuk menemukan solusi.

Semisal, Anda sudah membuka bisnis selama beberapa bulan namun tetap sepi pembeli. Sikap mental wirausaha adalah tetap berjualan dan fokus mencari solusinya.

2. Optimis

Selain tegar dalam menghadapi tantangan, seorang wirausahawan juga harus memiliki sikap optimis. Optimis bahwa bisnis yang sedang dimulai bakal sukses suatu saat nanti. 

Sepi pembeli adalah tantangan awal bagi mereka yang baru merintis. Tanamkan pada diri Anda bahwa hal ini wajar, karena belum banyak yang mengenal produk Anda.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang mengenal produk dan berpotensi menjadi pembeli. Setiap wirausahawan harus memiliki sikap mental optimis, sehingga tidak cepat menyerah di awal-awal merintis usaha.

3. Kreatif dan Inovatif

Setelah memiliki pondasi dasar untuk tidak mudah menyerah di awal-awal, sekarang Anda harus memiliki sikap mental kreatif dan inovatif. Yaitu kreatif dalam menyelesaikan setiap masalah dan berinovasi agar bisnis mampu bertahan untuk jangka panjang.

Jika bisnis Anda sepi pembeli, maka harus kreatif mencari jalan keluarnya. Bisa dimulai dengan membuat promo beli satu gratis satu, memperbaharui materi iklan, membuat video TikTok agar viral, memberi diskon khusus dan lain sebagainya.

Sementara itu, sikap inovatif dibutuhkan untuk mempertahankan bisnis dalam jangka panjang. Dengan menghadirkan inovasi baru, ini mencegah konsumen merasa bosan.

Konsumen Anda pasti tidak ingin mendapatkan produk yang sama terus menerus.

Kita ambil contoh Anda adalah penjual nasi goreng. Inovasi yang dihadirkan bisa menawarkan pilihan nasi goreng ayam atau kambing, porsi nasi goreng kecil sampai besar, tingkat kepedasan dengan level tertentu dan sebagainya.

4. Tidak Anti Perubahan

Perubahan adalah sesuatu yang nyata dan pasti terjadi. Terlebih lagi didunia bisnis, perubahan berlangsung secara cepat dengan dukungan teknologi terkini. Sikap mental wirausaha adalah mampu beradaptasi dan menerapkannya untuk kepentingan bisnis yang sedang dikelola.

Perubahan yang nyata saat ini adalah media promosi semakin banyak. Ada Instagram, TikTok, Facebook, YouTube dan sebagainya.

Apa pun bisnis Anda, membuat konten yang menarik adalah cara paling jitu untuk mempromosikan bisnis. Jangan jadi orang yang ketinggalan zaman dan tidak mau menerima perubahan, karena bagaimanapun setiap perubahan pasti membawa dampak baik.

5. Tidak Takut Gagal

Masih relevan dengan poin nomor 2, sebagai seorang wirausaha Anda tidak boleh takut gagal. Contohnya adalah Anda ingin membuat menu nasi goreng baru untuk konsumen. Jika Anda sudah mempelajari cara membuatnya, maka percaya diri saja untuk menjual kepada konsumen.

Contoh lain adalah ingin membuat konten promosi di TikTok. Jangan takut memulai karena merasa jelek dan putus asa ketika benar-benar gagal, penontonnya sepi.

Yang penting Anda selalu berani memulai, kemudian selalu berpikir kreatif dan inovatif. Tidak takut gagal adalah contoh sikap mental wirausaha yang harus dimiliki agar bisa sukses. 

6. Hemat dan Cermat

Hemat adalah sikap mental wirausaha berikutnya yang harus dimiliki oleh setiap pemula. Hemat berarti mengetahui batasan dalam menggunakan uang dan tidak menghambur-hamburkannya untuk keperluan pribadi.

Fokus utama seorang wirausaha pemula adalah memutar uang agar bisa berkembang, sehingga menggunakannya untuk operasional bisnis secara bijak.

Cermat bisa diwujudkan dengan mencatat setiap pengeluaran uang yang dilakukan di buku atau aplikasi digital. Setiap bulannya, Anda bisa mengevaluasi buku catatan tersebut untuk memantau perputaran modal.

7. Pekerja Keras

Siapa bilang menjadi wirausahawan bisa santai-santai? Anggapan seperti ini jelas salah, karena untuk mencapai kesuksesan tetap membutuhkan kerja keras. Yang membedakan wirausaha dengan karyawan adalah jam kerja fleksibel, Anda sendiri yang menentukan kapan harus bekerja dan berhenti.

Meskipun demikian, wirausaha tetap mengharuskan seseorang bekerja keras. Mulai dari membangun strategi, melakukan perencanaan, sampai menemukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

8. Jujur dan Bertanggung Jawab

Penting untuk Anda pahami bahwa kepercayaan adalah satu hal penting di dalam bisnis. Klien dan konsumen memilih sebuah produk karena percaya bahwa produk tersebut bisa memenuhi kebutuhannya.

Oleh karena itu, contoh sikap wirausaha yang penting dimiliki adalah jujur dan bertanggungjawab. Jangan pernah berbohong kepada konsumen, khususnya pada saat promosi.

Promosi jangan dibuat dilebih-lebihkan namun tidak ada bukti, namun cukup memperkenalkan apa yang ditawarkan oleh produk Anda secara jujur.

Jangan lupakan tanggung jawab produk yang dibeli oleh konsumen, pastikan mereka mendapatkan apa yang layak didapatkan.

9. Terus Belajar Ilmu Baru

Contoh sikap wirausaha ini mungkin masih jarang Anda dengarkan. Bisa Anda buktikan sendiri bagaimana giatnya seorang pebisnis sukses dalam mencari ilmu. Mereka memanfaatkan keuntungan yang diperoleh dari bisnis untuk memperkaya pengetahuan, bukan sekedar foya-foya.

Sebab, para pengusaha sukses ini menyadari bahwa semakin banyak ilmu yang didapatkan maka semakin bagus untuk bisnis.

Semisal Anda memiliki usaha sablon kaos. Ketika Anda ingin menjangkau lebih banyak konsumen, maka bisa belajar digital marketing yang sedang naik daun.

Mula-mula bisa belajar Facebook Ads, kemudian lanjut ke materi Google Ada, TikTok Shop dan masih banyak lagi. Selain membaca buku, boleh juga mengikuti seminar-seminar bisnis yang sering diadakan.

10. Tidak Antri Kritik

Kritik adalah satu hal yang penting untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan Anda. Dari sini kita bisa mengetahui dimana kekurangan dan apa saja yang harus diperbaiki. Wirausahawan yang baik selalu menerima kritik dengan terbuka, bukan marah-marah.

Selalu perhatikan kritik yang disampaikan oleh konsumen. Jangan ditelan mentah-mentah, namun Anda harus memverifikasinya. Apakah kritik tersebut memang benar adanya atau tidak.

Jika ada beberapa kritik yang menyampaikan keluhan sama, berarti benar-benar harus ditindaklanjuti. Inilah yang akan membawa bisnis Anda ke ranah lebih baik.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai 10 contoh sikap mental wirausaha yang seharusnya dimiliki oleh pemula. Inilah yang akan menghantarkan Anda lebih dekat dengan kesuksesan. (bisnisan.id)

Posting Komentar untuk "10 Contoh Sikap Mental Wirausaha Yang Seharusnya Dimiliki Oleh Pemula"