Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MEMBUAT KONTEN BLOG ANDA BAIK UNTUK PEMBACA DAN MESIN PENCARI

Daftar Isi [Tampil]

 

CARA MEMBUAT KONTEN BLOG ANDA BAIK UNTUK PEMBACA DAN MESIN PENCARI

Membuat konten blog itu mudah, tetapi menjadikannya baik bagi pembaca dan mesin pencari memerlukan pendekatan yang tepat untuk diikuti.

Dan ingat, penting untuk membuat konten blog Anda bermanfaat bagi pembaca dan mesin pencari. Hal ini karena pembaca dan mesin pencari memiliki hubungan yang kuat di antara keduanya.

Mesin pencari hidup untuk melayani pembaca, itu sebabnya mereka hanya memberi peringkat konten bagus di hasil pencarian teratas. Sebaliknya, pembaca mengutamakan konten yang memiliki peringkat lebih tinggi. Jadi, jika konten blog Anda kehilangan sesuatu baik dari sudut pandang pembaca atau mesin pencari, Anda tidak akan bisa mendapatkan hasil yang diharapkan.

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan berbagai cara yang membantu Anda membuat konten blog baik untuk pembaca dan mesin pencari. Saya yakinkan Anda bahwa artikel ini layak dibaca.

Berbagai Cara Membuat Konten Blog Baik untuk Pembaca & Mesin Pencari

Agar blog bermanfaat bagi pembaca dan perayap mesin pencari, Anda dapat mempertimbangkan cara-cara berikut yang dibahas di bawah ini:

1.     Penggunaan Kata Kunci


Kata kunci adalah kata atau frasa khusus yang diketik orang secara online untuk menemukan informasi yang diperlukan. Sekarang izinkan saya menjelaskan bagaimana penggunaan kata kunci dapat membuat konten blog bermanfaat bagi pembaca dan mesin pencari.

Kata kunci memungkinkan pembaca memahami konten dan menentukan apakah sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Hal yang sama berlaku dengan mesin pencari, kata kunci memungkinkan perayap pencarian mengetahui tentang konten blog Anda dan kemudian memberi peringkat yang sesuai.

Jadi, ketika Anda menambahkan kata kunci yang paling relevan dan bervolume tinggi ke dalam konten blog Anda, kata kunci tersebut akan mulai muncul di hadapan pembaca di SE, setiap kali pengguna mencari kata kunci (yang berisi konten blog Anda).

Namun, saat menggunakan kata kunci, Anda perlu mengingat satu hal – jangan membebani konten dengan terlalu banyak kata kunci. Melakukan hal ini tidak hanya akan membuat pembaca merasa bosan tetapi juga mempengaruhi peringkat konten Anda secara keseluruhan.

2.     Jadikan Konten Mudah Dibaca


Cara lain agar konten blog bermanfaat bagi pembaca dan mesin pencari adalah dengan membuatnya lebih mudah dibaca. Ini penting karena, jika konten Anda sulit dipahami, pembaca akan berpindah dari blog Anda ke blog lain. Hal ini akan memberikan indikasi negatif pada mesin pencari sehingga berdampak pada turunnya peringkat.

Membuat konten lebih mudah dibaca melibatkan beberapa hal yang dibahas di bawah ini:

Intinya adalah penggunaan subpos (dari H2 hingga H6). Judul memungkinkan pembaca dan mesin pencari memahami apa yang telah Anda diskusikan dalam konten. Anda sebaiknya membuat judul konten blog Anda sedemikian rupa sehingga dengan cepat memberikan gambaran tentang apa yang telah Anda bahas dalam konten tersebut.

Hal lainnya adalah mengganti kata-kata kompleks dalam isinya dengan kata-kata sederhana. Namun, hal ini bisa jadi sulit, terutama jika blog Anda membahas topik yang kompleks. Dalam hal ini, Anda dapat mengambil bantuan dari parafrase tools. Alat-alat ini secara otomatis mengganti kata-kata kompleks dengan sinonim sederhananya yang mengubah arti aslinya.

Terakhir, Anda juga perlu menggunakan poin dan angka. Melakukan hal ini akan meningkatkan keterbacaan secara keseluruhan, memungkinkan pembaca untuk mengonsumsi informasi dengan cepat. Di sisi lain, memanfaatkan poin dapat membantu peringkat konten Anda untuk cuplikan fitur.

3.     Lakukan Seo Pada Halaman


Anda juga perlu melakukan SEO on-page yang tepat agar konten blog Anda bermanfaat bagi pembaca dan mesin pencari. Ketika Anda melakukan SEO pada halaman, itu akan mendorong pembaca untuk menghabiskan lebih banyak waktu di blog Anda, yang bagus untuk peringkat yang lebih tinggi. Dalam perspektif mesin pencari, SEO pada halaman memungkinkan perayap memahami konten blog secara efisien dan menentukan apakah konten tersebut relevan dengan permintaan pencarian pengguna atau tidak.

Untuk melakukan SEO on-page pada konten blog Anda, Anda perlu melakukan hal-hal berikut:

Anda harus memasukkan kata kunci utama dalam tag judul, ini akan memungkinkan pembaca dan perayap pencarian melihat bahwa blog Anda paling relevan dengan permintaan pencarian. Misalnya, jika postingan blog Anda tentang berbagai cara menurunkan berat badan, maka tag judul Anda haruslah “Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan”.

Selain itu, Anda juga perlu memasukkan kata kunci utama pada URL blog. Ini akan membantu perayap pencarian dengan cepat merayapi blog Anda dan memberi peringkat pada blog Anda. Mari kita jelaskan ini dengan sebuah contoh. Jika topik blog Anda adalah “Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan” maka URL-nya harus “HTTPS//: www.xyz.com/best-ways-to-lose-weight”

Terakhir, Anda perlu mengoptimalkan gambar yang telah Anda tambahkan ke blog. Hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi ukurannya dan menambahkan teks alternatif ke setiap gambar. Memperkecil ukuran gambar akan membantu halaman blog Anda dimuat lebih cepat sehingga pembaca tidak perlu menunggu terlalu lama. Di sisi lain, menambahkan teks alternatif ke gambar akan memungkinkan crawler memahami isi gambar tersebut karena hingga saat ini, crawler belum memiliki kemampuan untuk memahami gambar.

4.     Tambahkan Tautan Internal dan Eksternal


Menambahkan link internal dan eksternal juga baik untuk membuat konten blog bermanfaat bagi pembaca dan mesin pencari. Tautan internal memungkinkan pengguna untuk tetap mengunjungi situs web yang sama untuk jangka waktu lama dan tautan eksternal memungkinkan mereka memverifikasi informasi yang diberikan dari sumber eksternal.

Saat menambahkan tautan internal ke konten blog, Anda sebaiknya hanya menambahkan tautan yang relevan dengannya , ini akan memungkinkan pembaca untuk terus berpindah dari satu halaman ke halaman lain di situs Anda. Satu hal yang perlu Anda ingat adalah jangan membuat pencocokan persis antara teks tautan dan tautan target. Ini dianggap sebagai strategi SEO topi hitam.

Terkait tautan eksternal, Anda sebaiknya hanya menambahkan tautan ke sumber yang memiliki reputasi baik dan tepercaya. Melakukan hal ini akan membantu membangun kepercayaan pembaca dan mesin pencari. Namun, Anda harus menghindari tautan ke sumber yang sama beberapa kali di blog Anda (tidak peduli apakah tautannya benar-benar berbeda).

Hal ini karena menambahkan tautan ke sumber yang sama beberapa kali dapat memberikan indikasi kepada pembaca dan perayap bahwa Anda mempromosikannya.

Sederhananya, menambahkan tautan internal dan eksternal adalah cara terbaik untuk membuat konten blog Anda bermanfaat bagi mesin pencari dan pembaca.

5.     Tambahkan Statistik


Menambahkan statistik ke konten blog Anda akan membantu Anda mendukung klaim Anda, mengilustrasikan poin secara efisien, dan memberi tahu pembaca dan perayap pencarian bahwa Anda telah melakukan penelitian yang benar.

Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan grafik, bagan, tabel, dll. untuk memberikan informasi yang lebih baik bagi pembaca. Saat Anda memberikan statistik di blog, pembaca cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk itu. Hal ini akan memberikan indikasi positif pada mesin pencari sehingga berdampak pada peningkatan peringkat.

Namun, menambahkan statistik mempunyai beberapa tantangan. Misalnya, Anda harus terlebih dahulu mencari sumber yang kredibel, menafsirkannya dengan benar, lalu menyajikannya dengan jelas. Gagal mengikuti hal-hal ini dengan benar akan mengakibatkan konsekuensi yang harus dihadapi.

Misalnya, statistik yang salah tidak bisa menyesatkan pembaca, tetapi juga menimbulkan narasi yang salah sehingga menimbulkan perselisihan antar masyarakat. Di sisi lain, statistik palsu akan mengakibatkan peringkat pencarian lebih rendah.

6.     Sisipkan Multimedia (Gambar Atau Video)


Seperti yang sudah saya sebutkan di bagian pendahuluan, mesin pencari hidup untuk melayani pembaca. Jadi, semakin banyak pembaca yang Anda tarik ke blog Anda dan melibatkan mereka lebih lama dari biasanya, semakin besar pula imbalan Anda dengan peringkat tinggi.

Memasukkan media yang kaya, khususnya video tidak hanya akan mendorong pembaca untuk menghabiskan lebih banyak waktu di blog tetapi juga memberi mereka pemahaman yang lebih baik tentang topik tersebut.

Namun, jangan hanya membebani blog Anda dengan terlalu banyak gambar atau video, Anda harus menambahkannya jika diperlukan.

Menambahkan terlalu banyak media kaya akan memperlambat kecepatan pemuatan halaman web, menyebabkan pembaca berpindah ke halaman web lain. Selanjutnya, menambahkan lebih banyak media kaya akan membuat blog Anda terlihat aneh, dan pembaca akan berpikir Anda tidak punya banyak hal untuk ditulis tentang topik tersebut. Inilah sebabnya Anda menambahkan terlalu banyak gambar dan video.

7.     Tambahkan Bagian FAQ


FAQ adalah singkatan dari Pertanyaan yang Sering Diajukan. Mereka berisi pertanyaan paling umum tentang topik tertentu yang Anda liput di blog. Mereka memberikan jawaban cepat atas pertanyaan tentang blog, menghilangkan kebutuhan pengunjung untuk membaca keseluruhan konten.

Selain itu, FAQ cenderung mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. Ini karena lebih mudah untuk dirayapi mesin pencari dibandingkan dengan merayapi seluruh blog.

Jadi, menambahkan bagian FAQ juga bisa menjadi cara yang berguna untuk membuat konten postingan Anda bermanfaat bagi pembaca dan mesin pencari.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat saat menambahkan FAQ.

  • Relevan dengan topik utama.
  • Berikan jawaban yang ringkas.
  • Tambahkan beberapa pertanyaan.

Membungkus

Menulis postingan blog itu mudah, tetapi membuatnya bermanfaat bagi pembaca dan mesin itu sulit. Ini karena Anda harus mengikuti pendekatan yang tepat. Artikel ini telah menjelaskan berbagai cara yang Anda terapkan untuk membuat postingan tertulis Anda bermanfaat bagi pembaca dan perayap pencarian, semoga Anda menyukai informasinya. (bisnisan.id)

Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT KONTEN BLOG ANDA BAIK UNTUK PEMBACA DAN MESIN PENCARI"